Kesehatan memang selalu jadi dambaan setiap orang. Tak ada yang ingin sakit karena itu menyiksa tubuh. Ya meski sakit dianggap sebagai penghapus dosa, tapi biaya yang dikeluarkan untuk menyembuhkannya sangat banyak. Maka dari itu, banyak yang mengatakan kalau sehat itu mahal.

Sebagai seorang muslim, kita sangat mengetahui jika Rasulullah selalu senantiasa sehat. Dari cerita yang pernah ada, Rasulullah hanya sakit sebanyak dua kali. Adalah ketika diracuni oleh perempuan Yahudi dan kedua saat menjelang ajalnya. Selebihnya Rasulullah selalu sehat ketika menjalani hidupnya. Lalu, bagaimana cara hidup sehat ala Rasulullah? Berikut ini Boombastis.com akan mengulasnya lebih jauh lagi.

Selalu berjalan kaki ke manapun perginya

Salah satu cara hidup sehat ala Rasulullah adalah dengan berjalan kaki ke manapun perginya. Entah siang atau malam, Beliau tetap berjalan kaki meski melelahkan. Dilansir dari laman voa-islam.com, Rasulullah pernah melakukan perjalanan dengan jarak 3 km jauhnya dari pusat Kota Madinah hingga ke Baqi.

Berjalan kaki [Sumber Gambar]
Nah, ini Rasulullah lakukan karena ada sebabnya Sahabat Boombastis. Adalah ketika berjalan kaki keringat mengalir di sekujur tubuh, pori-pori kulit menjadi terbuka serta peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari segala penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung.

Makan secukupnya alias tidak berlebihan

Kemudian, kita bisa mencontoh Rasulullah dari cara makannya Sahabat Boombastis. Aisyah RA berkata “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

Makan secukupnya [Sumber Gambar]
Sehingga, bisa dikatakan kalau Rasulullah selalu makan secukupnya saja, yang berarti tidak kurang ataupun lebih. Jika porsi kurang, maka tubuh menjadi lebih cepat lemas. Sedangkan kalau kelebihan, akan terjadi penumpukan makanan yang mengakibatkan sumber penyakit setelahnya.

Tidak iri hati kepada siapapun orangnya

Setiap orang mempunyai kelebihan tersendiri di dalam hidupnya. Entah dari kekayaan, kepintaran atau apapun itu. Jadi, dari hal ini bisa menimbulkan iri bagi beberapa orang. Biasanya orang yang mudah iri, akan timbul stres dan mengakibatkan tubuh gampang terserang penyakit. Oleh sebab itu, Rasulullah tidak pernah iri kepada orang lain kecuali dengan dua hal.

Tidak mudah iri [Sumber Gambar]
Dari HR. Bukhari, Rasulullah bersabda “Tak boleh bersikap iri kecuali dalam dua hal. Pertama terhadap orang yang memiliki kekayaan dan mempergunakannya untuk menegakkan yang haq. Kedua terhadap orang yang memiliki pengetahuan dan rajin menyebarkannya pengetahuannya itu kepada orang banyak”.

Melakukan puasa secara rutin

Pada HR Bukhari, Rasulullah bersabda “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu”. Nah, Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk berpuasa karena banyak manfaat yang akan kita terima. Mulai dari pahala melimpah hingga kesehatan yang terjamin Sahabat Boombastis.

Berpuasa [Sumber Gambar]
Sebab, puasa disebut-sebut sebagai proses untuk mengeluarkan detoks yang ada pada tubuh kita. Alhasil, racun-racun yang ada di dalam organ tertentu, timbunan lemak atau zat-zat tidak sehat akan keluar dari tubuh kita. Jadi, bagi kalian yang ingin sehat seperti Rasulullah, bisa mulai sekarang menerapkan puasa senin dan kamis.

Hidup sehat ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini. Tak perlu diet atau terlalu memilah makanan, cukup terapkan apa yang dilakukan Rasulullah di atas. Mungkin ada beberapa hal yang sulit dilakukan seperti iri atau puasa rutin. Tapi, jika kita melakukannya untuk kesehatan dan juga menambah pahala, niscaya semua akan berjalan lancar kok Sahabat Boombastis. Jadi, sudah siapkah kalian menjalani hidup sehat ala Rasulullah?