in

Ikan sampai Bulus, Fakta Penemuan Hewan Raksasa di Dekat Terowongan Bekas Belanda di Klaten

Indonesia adalah negara besar dan kaya akan flora dan fauna. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh kalau banyak berbagai jenis binatang dan tanaman yang ditemukan berbeda dengan di negara lainnya. Kita ambil contoh bunga bangkai yang jadi yang paling besar di dunia.

Beberapa waktu yang lalu ternyata ditemukan juga ikan toman berukuran raksasa. Meskipun gak sebesar si bunga bangkai, tapi ukurannya beda dengan ikan sejenisnya. Uniknya lagi, ikan itu ditemukan di areal yang berhubungan dengan peninggalan sejarah. Lalu seperti apa berita lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Ikan toman raksasa yang gegerkan warga

Tepatnya di desa Sabranglor, Klaten, beberapa waktu yang lalu ditemukan sesuatu yang menggegerkan warga. Hal itu adalah seekor ikan toman raksasa yang punya ukuran dan berat yang tak biasa. Ikan ini sendiri ditemukan di daerah terowongan yang diperkirakan bekas buatan Belanda saat zaman kemerdekaan.

Ikan toman raksasa [sumber gambar]
Penemu ikan yang bernama Aris, awalnya ikan tersebut dikira mati karena tidak bergerak. Namun saat dipindahkan, ternyata ikan toman itu masih hidup dan akhirnya dipelihara oleh Aris. Ukurannya besar, hampir seukuran dengan paha orang dewasa. Dengan panjang 80 cm dan berat 7 kg, wajar banyak orang menyebutnya sebagai ikan raksasa karena ukurannya yang tak lazim.

Malam sebelumnya mimpi mengenai rezeki

Usut punya usut, adanya ikan toman raksasa ini dianggap akan mendatangkan rezeki bagi Aris. Hal itu tidak terlepas dari mimpinya sebelum menemukan ikan, ketika dia merawatnya akan dapat rezeki yang luar biasa. Dan benarlah, ketika ramai di media sosial banyak orang yang menawarnya lumayan mahal.

Pembawa rezeki [sumber gambar]

Bahkan ada yang sampai siap membeli Rp17 juta setelah diunggah di medsos. Namun Aris mengaku mungkin hal itu candaan saja karena harganya terlalu mengada-ada kalau sampai Rp17 juta. Namun kalau ada yang mau benar-benar membelinya, Rp5 juta saja ikan itu akan segera ia lepas pada pembelinya.

Bukan hanya ikan raksasa, tapi juga bulus

Ternyata bukan hanya ikan saja yang ditemukan di daerah itu. Setelah penemuan itu, juga ditemukan bulus yang berukuran raksasa. Hal ini tentunya menjadi sebuah keanehan, pasalnya bulus saja tak pernah dijumpai di sana, apalagi ini berukuran raksasa.

Bulus raksasa [sumber gambar]
Namun bulus yang ditemukan ini ternyata keadaannya sudah mati bahkan banyak lalat yang menghinggapinya. Bulus ini sendiri punya ukuran lumayan besar, dengan panjang 80 cm dan berat 20 kg menarik warga sekitar untuk menontonya. Nantinya, bangkai dari bulus ini akan diawetkan dan disimpan dan akan dipajang di desa.

Terowongan Belanda yang baru ditemukan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semua penemuan hewan raksasa ini berhubungan dengan terowongan Belanda yang baru ditemukan. Awalnya tidak ada yang tahu mengenai tempat ini, waktu ditemukan pun dikira hanya saluran air biasa. Namun setelah terus ditelusuri, saluran itu tadi punya rute yang sangat panjang, bahkan kemungkinan menghubungkannya dengan desa yang lain.

Terowongan Belanda [sumber gambar]
Akhirnya, pengerjaan saluran air dihentikan dan lebih fokus untuk meneruskan penelusuran kemungkinan bangunan bersejarah ini. Pihak desa juga sudah melaporkan ke Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan dan menunggu respon dari pemkab terkait. Kemungkinan masih banyak yang belum ditemui, entah itu benda bersejarah atau binatang lainnya dari dalam terowongan.

BACA JUGA: 6 Orang Penggali Tanah Menemukan 27 Kg Emas di Klaten, Terbesar dalam Sejarah Indonesia

Itu mungkin satu dari banyak aset bersejarah yang ada di Indonesia yang baru-baru ini ditemukan. Pasalnya negeri ini punya sejarah yang amat panjang dan tentunya banyak peninggalan lain yang mungkin masih belum ditemukan.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Menyebabkan 44 Napi Meninggal Dunia, Lapas Kelas 1 Tangerang Kebakaran saat Dini Hari

Masih 10 Tahun, Amora Lemos Tunjukkan Bakat Suara yang Merdu Banget Turunan dari KD