Kini Indonesia dirundung duka kembali. Pasalnya, di beberapa daerah telah diterjang Banjir yang ketinggiannya tak main-main. Peristiwa ini membuat seluruh warga Indonesia juga lebih waspada terhadap hujan deras akhir-akhir ini yang bisa saja menimbulkan banjir lantaran hilangnya daerah peresapan.

Namun, sebenarnya bukan itu saja yang dikhawatirkan oleh orang-orang. Para warga takut jika ada hewan-hewan liar yang tiba-tiba muncul ketika banjir. Seperti binatang-binatang ini yang ditemukan tengah berenang di terbawa arus banjir.

Ular buas yang panjangnya super wow

Binatang pertama yang sangat mungkin muncul saat bencana banjir adalah ular. Yup, hewan ini tidak hanya berasal dari sungai, hutan atau semacamnya lho Sahabat Boombastis. Tapi, bisa juga merupakan hewan peliharaan warga yang tidak sengaja terlepas karena terbawa arus air.

Seperti yang diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di akun twitter pribadinya. Ia menyuruh warga Parungdendek Wanaherang dan Citeureup untuk waspada lantaran ada ular sanca sepanjang 4 meter milik warga lepas akibat luapan Sungai Cikeas. Enam ekor sudah ditemukan, sedangkan ular sanca lainnya masih dalam pencarian.

Biawak yang bisa melukai jika ia sedang dalam kondisi panik

Selain ular, ada juga hewan yang tak kalah mengerikan. Adalah biawak yang biasanya berdiam diri di sekitaran sungai. Binatang ini ternyata sering sekali ditemukan warga ketika banjir atau setelah air surut. Dilansir dari detik.com, biawak sudah ditemukan di dua tempat di Jakarta lho.

Biawak ditemukan di sarinah [Sumber Gambar]
Pertama adalah di Jl. MH Thamrin Sarinah. Pada saat itu, tak sengaja orang-orang menemukan biawak. Sontak, hal ini memicu dua orang untuk langsung mengamankannya. Pasalnya, hewan ini bisa bertindak nekat jika ia sedang dalam kondisi panik. Kemudian, biawak juga pernah ditemukan di Jl. Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat. Salah seorang pengguna twitter @bonitawisnuw menemukan binatang ini sedang bersantai di pinggir jalan.

Si penguasa sungai yang paling ditakuti manusia

Terakhir, ada hewan yang paling tidak disukai manusia. Siapa lagi kalau bukan penguasa sungai yaitu buaya. Binatang ini bisa terbawa banjir jika arus yang dihasilkan terlalu deras gengs. Seperti di Bulan Februari lalu tepatnya di Jember, Jawa Timur. Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember Jawa Timur, mengamankan dua ekor buaya muara yang muncul di dekat pemukiman penduduk.

Buaya Muara ditemukan di Jember [Sumber Gambar]
Ada yang berukuran kecil dan juga besar nih. Untuk yang berukuran kecil, kemungkinan buaya tersebut masih berusia tiga sampai empat bulan. Sedangkan yang besar diperkirakan berumur tiga atau empat tahun lantaran panjangnya telah mencapai 1,5 meter. Ihh.. ngeri enggak tuh.

BACA JUGA : Waspada, Inilah Kawasan Rawan Banjir dan Longsor di Indonesia Saat Musim Hujan Datang

Itulah hewan-hewan liar yang bisa muncul ketika terjadi banjir. Oleh karena itu, untuk kalian yang rumahnya dekat dengan sungai atau rawan banjir, tetaplah waspada. Pasalnya kita tak pernah tahu, kapan hewan tersebut bisa nyasar ke pemukiman warga.