in

Viral Selebgram Diserbu Netizen Setelah Unggah Video Protes Pelayanan Barista Kedai Kopi

Jika mendengar kata selebgram, pasti yang terlintas di pikiranmu adalah mereka yang punya jumlah pengikut ribuan sampai ratusan ribu di media sosial. Banyak dari selebgram yang punya kemampuan keren, seperti makeup, bisnis, dan lain sebagainya.

Tapi tak sedikit selebgram yang terkenal karena kontroversi yang kerap dibuatnya. Seperti yang baru-baru ini terjadi nih.  Seorang selebgram lagi-lagi membuat heboh dunia maya lantaran aksinya yang dinilai tidak pantas. Apa sih yang dia lakukan sampai membuat heboh? Simak ulasan selengkapnya.

Kecewa atas pelayanan barista

Seorang selebgram bernama Herlin Kenza diserang netizen setelah membagikan sebuah video di akun TikTok-nya. Dalam video tersebut, terlihat seorang barista sebuah kedai kopi terkenal yang tengah berbicara. Herlin diketahui kecewa atas pelayanan yang diberikan oleh sang barista.

Tangkapan layar video Herlin [sumber gambar]
Selain wajah barista, Herlin juga mengunggah hasil tangkapan layar percakapannya dengan pihak kedai kopi yang menanggapi protesnya. Ia berterima kasih karena mereka menanggapi kritikannya itu dengan tanggap.

Herlin justru dikecam netizen

Bukannya didukung pengikutnya, Herlin justru dikecam netizen karena mengunggah video tersebut. Banyak dari netizen memberikan komentar tentang sikap Herlin yang dinilai sombong. Menurut seorang netizen yang juga teman dari sang barista, ia bukan memperlakukan Herlin dengan buruk, seperti mengacuhkannya.

Ternyata hanya meminta geser [sumber gambar]

Namun, ia hanya bertanya apakah ada lagi yang bisa dibantu sang barista untuk Herlin. Karena jika tidak ada lagi, sang barista kemudian meminta Herlin untuk menunggu dengan bergeser ke tempat pengambilan pesanan. Ada pula netizen yang mengatakan bahwa Herlin tidak mengunggah kronologi yang lengkap dan persoalan yang sebenarnya terjadi. Hal ini bisa menggiring opini publik untuk merisak online sang barista.

Membagikan video wajah orang lain tanpa izin bisa dikenai sanksi pidana

Tak hanya diserbu netizen lantaran melayangkan protes yang seharusnya tak perlu dan menyebarkan video tanpa ada kronologi yang jelas, Herlin juga dikecam karena merekam dan membagikan video yang memperlihatkan wajah barista tanpa izin. Terdapat undang-undang yang sudah mengatur tentang privasi setiap orang.

Jika mengunggah tanpa izin seperti yang dilakukan Herlin, bisa-bisa terjerat UU ITE pasal 48 dengan ancaman hukuman paling sedikit 8 tahun penjara dengan denda minimal Rp3 miliar.

Sebelumnya pernah ditetapkan sebagai tersangka

Ternyata, ini bukanlah kali pertama Herlin melakukan hal kontroversial. Sebelumnya, ia bahkan sampai ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini berawal dari Herlin yang diundang pemilik Toko Wulan Kokula untuk menjadi model endorsement.

Pernah dijadikan tersangka [sumber gambar]
Namun saat datang ke toko tersebut, ternyata banyak orang berdesakan karena ingin melihat sang selebgram yang datang. Ia pun ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pelanggaran protokol kesehatan di daerah Pasar Inpres, Kota Lhokseumawe, Aceh.

BACA JUGA: 4 Selebgram yang Langganan Dihujat tapi Kekayaannya Makin Berlipat

Banyak netizen yang tak habis pikir akan kelakuan Herlin Kenza, beberapa di antara mereka mengatakan bahwa meski bergelimang harta nyatanya tak bisa mengubah attitude menjadi lebih baik. Sebaiknya lebih bijak lagi dalam bermedia sosial ya!

Written by Galih Hayu

Viral Video Seorang Satpam Tersambar Petir, Selamat Meski Ada Percikan Api dan Terkapar

Kadang Cemburu tapi Banyak Sayangnya, Ini 10 Potret Gemas Rafathar dan Rayyanza Malik Ahmad