Perubahan teknologi yang sangat drastis saat ini menyebabkan penggunaan alat listrik dan elektronik juga semakin banyak. Hal itulah yang menyebabkan tagihan listrik semakin bertambah sewaktu-waktu. Ingin menghemat, tapi bingung cara apa yang harus diambil agar tagihan tidak membengkak setiap bulan.

Terkadang beberapa orang sudah melakukan penghematan, tapi nyatanya itu tidak berpengaruh sama sekali dengan tagihannya. Malah yang ada biaya listrik per bulan semakin bertambah banyak. Namun, ternyata ada beberapa cara lho untuk menangkis biaya tagihan listrik agar tak membengkak lagi.

1. Jangan lupa matikan alat eletronik ketika sedang tidur

Biasanya seseorang suka lupa dengan barang eletroniknya yang masih menyala ketika mereka pergi tidur. Misalnya saja membiarkan televisi yang tetap menyala, meskipun kita sudah tidak ingin menontonnya lagi. Nah, kalau sudah seperti ini, untuk apa televisi menyala? Lebih baik kan dimatikan agar televisi juga beristirahat dan listrik tidak terbuang dengan sia-sia.

Membiarkan barang elektronik menyala ketika tidur [Sumber Gambar]
Bukan hanya itu aja, kebiasaan lainnya adalah mengisi baterai gadget pada malam hari dan dibiarkan sampai pemiliknya terbangun dari tidur. Mereka menganggap kalau hal ini tidak masalah karena gadget pasti akan lebih awet dipakai pada keesokan harinya. Wah, sebenarnya ini adalah anggapan yang sangat salah besar Sahabat Boom, karena mengisi baterai semalaman juga akan membuang-buang energi dan bisa membuat tagihan listrik semakin bertambah. Kemudian, baterai juga bisa rusak kalau diisi melebihi waktu yang seharusnya. Jadi, apa masih mau melakukan kebiasaan tersebut?

2. Irit dalam menggunakan lampu

Untuk yang satu ini biasanya banyak orang yang meremehkan yaitu penggunaan lampu. Dalam penggunaan lampu bisa disiasati kok agar tidak menambah biaya bulanan. Caranya adalah dengan tidak menyalakan lampu pada pagi dan siang hari. Ini karena pada waktu-waktu itu masih ada cahaya matahari yang bisa kita gunakan sebagai penerangan penglihatan kita. Kecuali jika hari dalam keadaan mendung, maka kita baru bisa menyalakan lampu.

Menggunakan lampu yang dayanya kecil [Sumber Gambar]
Selain itu, ada hal lain yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan lampu. Hanya dengan membeli lampu yang dayanya cukup kecil. Sehingga kita bisa menghemat beberapa kWh untuk penggunaan listrik ini. Tapi yang perlu diingat adalah walaupun lampu menggunakan daya yang kecil, kita tetap harus menghemat pemakaiannya.

3. Bisa juga dengan menggunakan listrik prabayar

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa atau prabayar juga dapat menghemat lho. Karena dengan cara yang satu ini, kita bisa merencanakan pemakaian listrik di awal bulan. Hal semacam ini bisa membantu kalian untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga kita tidak akan sembarangan lagi untuk menggunakan barang elektronik di rumah.

Menggunakan llistrik prabayar [Sumber Gambar]
Sistem listrik ini untuk beberapa orang memang tidak cocok karena jika sudah habis, maka kita harus membelinya lagi. Namun, cara ini cukup ampuh kok untuk menghemat pengeluaran listrik karena kita sudah tidak bisa memakai barang elektronik seenaknya saja. Jadi, dengan cara ini tidak perlu bingung lagi deh bagaimana cara menghemat lisrik di rumah kalian.

4. Harus mencabut steker kalau sudah tidak digunakan

Kebiasaan tidak melepas steker ketika sudah selesai digunakan itu berpengaruh sekali dengan tambahan biaya listrik. Sebab, walaupun kalian sudah tidak menggunakannnya lagi, steker akan tetap dialiri oleh yang namanya listrik. Mungkin beberapa di antara kalian menganggap kalau sudah ditekan tombol off maka listrik sudah benar-benar mati. Namun, itu adalah anggapan yang salah besar.

Harus mencabut steker jika sudah selesai digunakan [Sumber Gambar]
Maka dari itu, mulai sekarang cabut steker ketika sudah tidak digunakan lagi. Selain itu jangan biarkan juga memasang kabel steker yang menumpuk. Hal tersebut selain bisa menambah biaya listrik, juga dapat menimbulkan yang namanya konsleting.

5. Menggunakan kipas angin seperlunya saja

Kipas angin biasanya digunakan tidak hanya waktu ada pemilik rumahnya saja, tapi benda tersebut terkadang juga dipakai ketika tempat tinggal dalam keadaan kosong. Itu dilakukan oleh pemilik rumah agar tempat tinggalnya bisa tetap dingin. Selain itu hal ini dilakukan juga bertujuan supaya rumahnya tidak lembab.

Kipas angin dinyalakan ketika diperlukan [Sumber Gambar]
Tapi, taukah kalian kalau membiarkan kipas angin menyala bisa membuat listrik semakin boros? Walaupun kapasitas daya yang ia miliki hanya sedikit, tapi kalau itu dilakukan setiap hari bisa membuat kantong jebol. Sehingga, biasakan yuk dari sekarang gunakan kipas angin seperlunya saja.

Jadi, biasakan mulai sekarang untuk melakukan salah satu cara di atas untuk menerapkan penghematan listrik di rumah kalian. Cara di atas terbukti ampuh kok untuk mengurangi pengeluaran listrik. Selamat mencoba Sahabat Boom..