in

Beginilah 5 Jurus Ampuh Supaya Gas Elpiji Tidak Cepat Habis dan Bisa Hemat Uangmu

Gas elpiji yang jadi sumber hidup manusia saat ini jadi bahan perbincangan lagi nih. Bukan hanya karena harganya yang melonjak naik, tapi juga sering kali habis padahal cuma beberapa kali dipakai. Kehabisan elpiji inilah yang memang membuat ibu rumah tangga dan wanita menjelang dewasa geregetan sendiri. Ya, bagaimana tidak Sahabat Boom (Saboom) ketika kita lagi asyik masak, tiba-tiba harus terhenti gara-gara elpiji habis.

Nah, sebenarnya elpiji yang cepat habis itu bisa disiasati dengan beberapa cara. Tapi bukan dengan sedot gas seperti perbuatan kriminal di televisi ya. Ini caranya dijamin halal dan mudah sekali untuk diterapkan. Oke, kita bahas yuk bagaimana cara supaya elpiji tidak cepat habis.

Kebersihan kompor berpengaruh pada hematnya gas elpiji

Membersihkan kompor gas [Sumber Gambar]
Pasti kebanyakan di antara kalian mengira kalau elpiji habis hanya berhubungan dengan gasnya saja. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar Saboom lantaran ada hal lain yang mempengaruhi si gas ini. Salah satunya adalah masalah kebersihan kompor terutama pada bagian keluarnya api. Kalau kebersihannya baik, maka api yang dikeluarkan akan berwarna biru. Api biru diartikan kalau kadar panasnya lebih tinggi daripada yang berwarna merah. Sehingga bisa disimpulkan gas tidak akan boros seperti biasanya. Untuk jadwal pembersihan lebih baik dilakukan maksimal 4 bulan sekali.

Kalau memasak harus menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel

Pakai peralatan stainless steel [Sumber Gambar]
Beberapa orang biasanya memasak menggunakan peralatan yang berbahan alumunium. Ya, tidak dapat dipungkiri karena harganya yang cukup murah dan modelnya pun sangat cantik. Namun, tahukah kalian kalau peralatan masak berbahan alumunium itu bisa membuat gas cepat habis? Hal tersebut bisa terjadi karena alumunium bukanlah penghantar panas yang baik. Oleh karena itu, alangkah lebih baik lagi jika kalian memakai perlengkapan masak berbahan stainless steel. Dengan begitu, makanan jadi cepat matang dan gas yang digunakan lebih hemat. Walaupun harganya agak mahal, tapi yang terpenting adalah gas elpiji tidak akan cepat habis. Pilih mana, gas habis atau beli peralatan masak yang harganya sedikit lebih mahal?

Harus sesuaikan besar perangkat masak dengan porsi makanan yang akan diolah

Sesuaikan besar alat masak dan porsi makanan [Sumber Gambar]
Mulai sekarang, kalian harus cermat dalam memilih besarnya perangkat masak yang akan digunakan. Sebab, hal ini juga bisa mempengaruhi hemat atau tidaknya dari gas elpiji ini Saboom. Coba bayangkan, jika kalian memasak makanan dalam porsi kecil dan menggunakan wajan yang ukurannya besar, pasti matangnya akan jadi lebih lama. Nah, dari situlah gas akan bekerja ekstra keras sehingga ia lebih cepat habis dari waktu yang seharusnya. Oleh karena itu, ketika memasak harus lebih memperhatikan besar atau kecilnya perangkat masak dengan banyaknya makanan ya. Supaya, gas tidak terbuang dengan sia-sia.

Perhatikan juga selang gas dan regulator

Perhatikan juga selang dan regulator [Sumber Gambar]
Selang gas dan regulator ini tidak boleh untuk dilupakan Saboom. Mereka adalah sumber kekuatan dari gas lho. Jika keduanya tidak memiliki kualitas yang bagus, bisa-bisa gas terbuang dengan sia-sia. Biasanya untuk selang yang kualitasnya kurang oke dapat mengakibatkan kendor dan akhirnya gas bisa keluar melalui sela-selanya. Sedangkan untuk regulator, ia bisa membocorkan gas sehingga membuat tabung elpiji meledak seketika. Kalau sudah begitu, gas bukan cuma boros, tapi bisa bawa petaka juga. Jadi, kalau membeli kedua benda tersebut harus perhatikan kualitasnya ya.

Harus mengakali cara memasak makanan

Mengakali cara memasak [Sumber Gambar]
Waktu dari memasak adalah hal utama yang paling mempengaruhi hemat atau tidaknya gas. Rata-rata orang memasak lama ketika bahan makanan yang diolah butuh waktu banyak untuk matang. Misalnya saja daging yang dilengkapi dengan iga dan tulang lunak, kalian harus mengolahnya kurang lebih selama dua jam. Nah, untuk mengakalinya gunakan saja pressure cooker. Dengan alat tersebut, banyak sekali manfaat yang bakal kita dapat. Yakni hasilnya lebih empuk, waktu yang dibutuhkan tidak lama dan gas tidak akan terbuang Saboom.

Itulah cara-cara supaya gas elpiji kita tidak cepat habis Saboom. Caranya mudah dan yang pasti kalian tidak akan mengeluarkan kocek dalam demi membeli gas elpiji baru. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencobanya ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah Rahasia Bali Lebih Dikenal Oleh Turis Mancanegara Dibanding Tempat Wisata Lainnya

Mengungkap Fakta Cabe-cabean yang Katanya Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial