Begitu mendengar harta karun pikiran kita langsung tertuju pada benda seperti emas, berlian atau barang mewah yang tidak ternilai harganya. Benda-benda harta karun ini biasanya terkubur di suatu tempat atau tersembunyi dengan sangat rapi, sehingga tidak banyak orang yang bisa mengetahuinya.

Dari sekian banyaknya harta karun, mungkin pusaka milik Ahmad Shah yang bisa dibilang paling berharga. Bentuknya adalah sebongkah berlian yang menurut kabar bentuknya sangat cantik. Melebihi berlian paling indah mana pun. Tak hanya indah, berlian Ahmad Shah ini juga sangat berharga. Konon bagi siapa pun yang memilikinya, maka ia seolah menggenggam dunia. Hal ini tak lain karena ditaksir harga berlian tersebut sangat mahal. Harganya mungkin takkan bisa kita bayangkan.

Lalu seperti apa sebenarnya si berlian Ahmad Shah ini? Kenapa ia dihargai begitu mahal? Jawabannya akan bisa kamu temukan lewat ulasan berikut ini.

Fakta harta karun milik Ahmad Shah

Tak seperti berlian kebanyakan, versi milik Ahmad Shah ini menurut rumor sangat luar biasa. Berlian itu bernama Koh-I-Noor (Koh-I-Nur). Beberapa orang menyebutkan bahwa berlian ini adalah raja berlian di antara berlian lainnya. Mountain of Light adalah julukan yang paling layak untuk berlian ini, karena berlian ini memiliki 105,6 metrik karat, atau setara dengan 21,6 gram jumlah yang luar biasa untuk sebuah berlian pada saat ini.

Ahmad Shah [Image Source]
Dipercaya berlian ini sendiri bukan satu-satunya harta karun Ahmad Shah. Banyak yang yakin jika selain Koh-I-Noor, Ahmad juga menyimpan banyak berlian lain yang kemudian ditaruh dalam satu tempat. Diperkirakan jumlah keseluruhannya sangat banyak. Mungkin lebih banyak dari yang bisa dibayangkan banyak orang.

Harga berlian Koh-I-Noor

Jika kita lihat dari fakta di atas mungkin harga berlian ini memang sangat mahal. Sebenarnya kita tidak bisa mengatakan bahwa suatu benda mahal atau tidak mahal sebelum mengetahui jumlahnya bukan?

Berlian Koh-I-Noor [Image Source]
Suatu ketika selir dari raja Nadir shah pernah mengatakan tentang kehebatan berlian ini. “Jika ada seorang yang bisa melemparkan batu dari sudut mata angin yang berbeda, kemudian hasil lemparan mereka itu akan membentuk sebuah ruangan. Ruangan dari seluruh mata angin tersebut di isi oleh emas, berlian dan barang mewah lainnya maka itulah harga yang pantas untuk berlian Koh-I-Noor” Dari sini kita bisa dapatkan gambaran kalau si Koh-I-Noor ini memang luar biasa mahal. Mungkin bisa jadi benda paling mahal di dunia.

Sejarah harta karun Ahmad Shah

Shah jahan yang kita kenal sebagai pendiri Taj mahal dan merupakan pemilik berlian Koh-I-Noor yang paling berharga tersebut. Shah jahan meletakan berlian itu sebagai penghias kursi merak miliknya.

Sejarah harta karun Ahmad Shah [Image Source]
Kemudian anak dari Shah jahan yang bernama Aurangazeb memiliki niat untuk menggulingkan Shah jahan yang saat itu menjadi seorang raja. Sejak saat itu Shah jahan meletakan berlian Koh-I-Noor diantara sel penjara yang dia tempati, tujuannya agar dia bisa selalu melihat Taj mahal dari pantulan berlian tersebut. Sejak saat itu berlian Koh-I-Noor dipindahkan oleh Aurangzeb menuju Lahore. Kemudian Aurangzeb meletakan berlian berikut kursi merak miliknya tersebut di mesjid pribadi miliknya yaitu mesjid Badshahi.

Hingga akhirnya penyerangan dilakukan oleh Nadir shah yang berasal dari Iran. Nadir shah berhasil merebut mesjid Badshahi beserta kursi merak, berlian Koh-I-Noor terletak bersamaan dengan kursi merak tersebut. Tidak berlangsung lama berlian ini jatuh ke tangan Nadir shah. Pasalnya semenjak berlian itu berada di kerajaan Iran banyak pencuri yang ingin menguasai berlian tersebut. Pada suatu ketika Nadir shah sedang tertidur di dalam tenda-nya. Tanpa disadari Ahmad shah, seorang perajurit perang Iran membunuh Nadir shah ketika sedang tertidur dan mengambil seluruh harta milik Nadir shah, berikut berlian Koh-I-Noor. Sampai akhirnya Ahmad shah juga ikut terbunuh yang di akibatkan oleh kutukan dari berlian tersebut.

Kutukan berlian Koh-I-Noor (Koh-I-Nur)

Berlian Koh-I-Noor ini tidak hanya mewah, tapi memiliki kutukan yang dapat membuat pemiliknya meninggal dunia tanpa sebab. Di kisahkan bahwa kutukan berlian ini hanya berlaku untuk lelaki. Siapa saja lelaki yang menggunakan batu ini, maka dia akan mengalami kesialan seumur hidupnya bahkan sampai lelaki itu meninggal.

Kutukan Koh-I-Noor [Image Source]
Berlian Koh-I-Noor ini pernah dipakai oleh ratu Inggris. Tapi karena kutukan dari batu ini hanya berlaku untuk lelaki, maka dari itu kutukan dari berlian Koh-I-Noor tidak berlaku sama sekali ketika digunakan oleh ratu Inggris. Berbeda bila lelaki yang memiliki berlian ini, maka mereka akan mengalami kesialan semasa hidupnya.

Itulah sejarah singkat dari berlian Koh-I-Noor yang menjadi legenda banyak orang. Sangking fenomenal-nya harta karun ini ada orang yang berniat membuat film dokumenter tentang sejarah belian Koh-I-Noor ini.