Harga Pertamax Turun Di Bulan Desember

oleh didi
08:16 AM on Nov 21, 2014

Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina, Hanung Budya, menyampaikan bahwa pada Desember mendatang, harga bahan bakar Pertamax berada di bawah Rp 10.000 per liter seiring harga minyak dunia merosot.

Penentuan harga Pertamax tersebut mengacu pada harga Mean of Platts Singapore (MOPS) untuk pembelian November 2014. MOPS merupakan harga minyak transaksi internasional berlaku di Singapura yang menjadi acuan transaksi jual beli produk minyak.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Harga Pertamax Turun Di Bulan Desember
Harga Pertamax Turun Di Bulan Desember

“Itu karena Mean of Platts Singapore (MOPS) pada November 2014,” kata Hanung di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (18/11).

Menurut Hanung, harga Pertamax saat ini masih merujuk pada MOPS Oktober 2014. Karena itu, harga Pertamax masih Rp 10.200 per liter. Dengan penurunan harga Pertamax yang membuat perbedaan harga Premium-Pertamax menjadi Rp 1.500-1.700 per liter, konsumsi Pertamax diprediksi naik empat kali lipat dalam dua-tiga bulan ke depan.

“Kami juga akan menambah nozzle nonsubsidi sebanyak 40 persen. Saat ini konsumsi harian Pertamax nasional tercatat 2.500 kiloliter per hari. Dalam tiga bulan, konsumsinya bisa meningkat jadi 10 ribu kiloliter,” ucap Hanung.

Namun untuk bulan Desember mendatang, harga jual Pertamax akan berada di bawah Rp 10.000 per liter. Dengan penurunan harga Pertamax tersebut, berarti perbedaan harga antara Premium dan Pertamax tidak begitu jauh yaitu, menjadi sekitar Rp 1.500 hingga Rp1.700 per liter.

“Saya sedang pikir-pikir menurunkan lagi untuk mendorong perpindahan non pso (public service obligations). Stoknya banyak, lebih dari 40 harian. Dengan asumsi konsumsi 2500 (kiloliter) per hari. Tambah 2 sampai 3 kargo untuk Desember,” ujar Hanung.

Hanung juga mengatakan bahwa harga minyak mentah turun pada November 2014 akan mempengaruhi harga¬† Pertamax Desember. Dengan kondisi itu, harga Pertamax dipastikan mengalami penurunan bulan depan. “Harga keekonomian bulan depan akan terpengaruh tergantung kurs,” kata Hanung.

Menurut Hanung, jika ada peningkatan konsumsi pertamax maka beban negara juga akan berkurang. Uang negara untuk BBM subsidi juga akan berkurang. Selain itu, peningkatan penjualan Pertamax membuat keuangan Pertamina semakin baik.

“Meringankan negara. Kalau volume naik secara total bagus kalau retail marketing market sales penting suistanabilitynya,” tutup Hanung.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA