Harga Bahan Bakar Minyak Kembali Turun

oleh Alfry
10:23 AM on Jan 16, 2015

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemerintah akan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar dalam waktu dekat. Bahkan, pria yang biasa disapa Jokowi ini mengatakan jika harga BBM kemungkinan bisa saja menyentuh Rp 6.400 hingga Rp 6.500 per liter.

“Saya pastikan turun, mungkin bisa hari ini, bisa besok. Sebentar lagi akan kita umumkan, kurang lebih akan turun lagi. Namun masih belum kita putuskan, mungkin bisa turun lagi Rp 6.400 hingga Rp 6.500,” ungkapnya di acara Indonesia Outlook 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/1).

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Harga Bahan Bakan Minyak Kembali Turun
Harga Bahan Bakan Minyak Kembali Turun

Presiden Joko Widodo juga menjelaskan penurunan harga minyak di dalam negeri murni disebabkan oleh pelemahan harga minyak dunia saat ini. Dia membantah tudingan adanya muatan politik dibalik kebijakan ini. “Turun kok faktor politik. Ini urusan ekonomi,” ucapnya.

Seperti diketahui, harga minyak dunia terus merosot hingga di bawah USD 45 per barel. Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil memaparkan jika harga BBM untuk jenis premium dan solar akan kembali diturunkan. Penurunan ini mengingat terus merosotnya harga minyak dunia.

Pihaknya juga sedang mengkaji harga premium dan solar yang baru dan akan mengumumkannya. Perubahan harga bahan bakar akan dilakukan setiap dua pekan sekali hingga harga minyak dunia kembali normal.

“Kalau harga (minyak dunia) stabil, (harga BBM bersubsidi) enggak perlu diganti-ganti dong. Kalau naik-turun, baru dua minggu sekali ada perubahan. Tapi kalau enggak ada perubahan enggak apa-apa,” ujar Sofyan di kantornya, Rabu (14/1).

Sebelumnya, pemerintah telah menurunkan harga premium dan solar pada 1 Januari 2015 lalu dipatok sebesar Rp 7.600 per liter dan solar sebesar Rp 7.250 per liter. Harga kedua BBM tersebut ditetapkan pada Desember 2014 dengan patokan harga minyak dunia USD 60 per barel. Namun kini harga minyak dunia sudah mencapai USD 45 per barel.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA