in

Hananya Naftali, Pemuda Israel yang Ucapkan HUT RI ke-75 tapi Malah Panen Hujatan

Indonesia banyak mendapat ucapan dari negara-negara dunia saat merayakan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun pada Senin, 17 Agustus 2020 lalu. Uniknya, salah seorang influencer terkenal asal Israel bernama Hananya Naftali, juga memberikan ucapan serupa kepada Indonesia.

Hal tersebut cukup menarik lantaran negaranya tak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia pada saat ini. Namun siapa sangka ucapan selamat HUT RI ke-75 yang diunggahnya via Twitter tersebut, justru mendapat hujatan dari netizen. Kenapa begitu ya? Lalu siapa sebenarnya Hananya Naftali?

Dihujat netizen setelah mengunggah ucapan HUT RI ke-75

Sosok Hananya Naftali mendadak bikin heboh netizen Indonesia setelah mengunggah ucapan selamat atas kemerdekaan Indonesia ke-75 pada Senin, 17 Agustus 2020. Postingan tersebut kemudian mendapat beragam komentar dari netizen Indonesia. Ada pro dan kontra di sana. Netizen yang kontra rata-rata menyebut perihal konflik Israel-Palestina. Ada juga yang menyinggung jika Indonesia mendukung Palestina sejak dulu.

Sempat memposting kritikan soal Indonesia dan pandangannya soal Israel

Tak hanya mengunggah ucapan selamat atas kemerdekaan Indonesia, Naftali sempat membuat postingan yang mengkritik soal pandangan umat Islam di Indonesia pada Israel. Unggahan yang disertai gambar bendera Indonesia dan Israel itu pun mendapat dua ribuan retweet dan komentar serta disukai hingga 1200an kali. Dirinya bahkan mengajak masyarakat di Indonesia untuk melihat perdamaian yang ada antara orang Muslim dan Yahudi di Israel.

Siapa sosok Hananya Naftali?

Hananya Naftali dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]
Hananya Naftali mengawali kariernya di dunia digital dengan meluncurkan saluran YouTube-nya pada tahun 2012. Ia kemudian menjelma menjadi salah satu influencer pro-Israel yang cukup produktif dan paling banyak dilihat di media sosial. Videonya mendapatkan ribuan, terkadang puluhan ribu penayangan dan secara konsisten mendukung Israel. Konten-kontennya beberapa diambil dari kegiatannya sebagai anggota pasukan IDF.

Sempat bertugas sebagai tentara Israel

Hananya Naftali saat bertugas sebagai kru tank pasukan IDF [sumber gambar]
Masa lalu Hananya ternyata tak lepas dari kemiliteran Israel. Dilansir dari First Fruits of Zion dalam artikel berjudul ‘Who Is Hananya Naftali’ (08/06/2018), ia pernah bertugas sebagai kru tank di Israeli Defense Force (IDF) pada sebuah misi bersandi Operation Protective Edge di Gaza, Palestina.

Rajin menyuarakan hal-hal positif soal Israel hingga ke dunia internasional

Sebagai seorang influencer yang memiliki pengaruh besar di media sosial, Hananya kerap mempromosikan Israel dalam bentuk perdamaian ke seluruh dunia. Terlepas dari aksi kekerasan yang selama ini terjadi di sana, pemuda 22 tahun itu ingin menjadi ‘jembatan’ untuk memulai hubungan baik secara internasional. Khususnya dunia Arab, lewat wajah Israel yang dicitrakan lebih ramah dan haus akan perdamaian. Naftali juga dekat dengan sosok Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu.

BACA JUGA: Ahed Tamimi, Aktivis Muda Palestina yang Bernyali Besar Melawan Kesombongan Israel

Hingga hari ini, Indonesia memang tidak memiliki hubungan resmi dalam bentuk apapun dengan Israel. Selain karena dilatarbelakangi oleh banyak hal, pemerintah memilih untuk tetap mendukung Palestina dan menolak penjajah dan kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah Israel. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Bar Hingga Toilet, Begini Cerita Miris Rumah-rumah Ibadah yang Diubah oleh Penguasa

Sosok Veronica Koman yang jadi Sorotan, Bela Papua Merdeka hingga Kritik Slogan ‘NKRI Harga Mati’