Halimah Yacob, Orang Paling Berkuasa di Singapura yang Dulunya Hanya Penjual Nasi Padang

Bahkan dulu Halimah sering nunggak uang sekolah karena kekurangan biaya

oleh Arief Dian
13:00 PM on Sep 13, 2017

Beberapa waktu yang lalu dunia sempat heboh mengenai sebuah kabar mencengangkan dari Singapura. Ya, terpilihnya Halimah Yacob sebagai pemimpin negara membuat gempar media dunia. Wajar kalau banyak yang terkejut mengingat dirinya telah mengukir sejarah jadi wanita pertama yang menjabat presiden di negeri Singapura.

Bicara soal Halimah Yacob, memang wanita yang satu ini dikenal sangat tegas dan pintar selama menjabat di DPR. Namun di balik semua itu, tidak ada yang menyangka kalau masa lalu wanita ini sulitnya luar biasa. Bayangkan saja, dulunya bahkan untuk sekolah pun tak tahu harus cari uang dari mana untuk bayar SPP. Namun akibat perjuangannya melewati masa sulit itu, kini dia jadi orang paling berkuasa. Yuk, menengok perjuangan wanita tangguh ini hingga jadi seperti sekarang.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Wanita paling berkuasa di Singapura dulunya penjual nasi Padang

Memang namanya masa depan, tidak ada yang tahu. Begitu pula yang terjadi pada Halimah Yacob ini. Ya, kini perempuan muslimah ini telah menjadi orang nomor satu di Singapura, sebuah sejarah baru di negara kecil tersebut. Namun di balik semua itu, ternyata dulunya bukanlah seorang yang kaya dan terpandang. Justru sebaliknya, Halimah merupakan anak dari seorang penjual nasi Padang.

mantan penjual nasi padang [image source]
Ya, berasal dari keluarga yang tidak terlalu berkecukupan menempa diri Halimah menjadi wanita tangguh yang pantang menyerah. Tak segan dulunya wanita ini ikut menjual dagangan ibunya hanya demi mencukupi kehidupan sehari-hari. Namun lihatlah dirinya sekarang, ibarat roda, nasibnya telah berubah, kini dia jadi wanita nomor satu di Singapura.

Ternyata Halimah Yacob sering sekali bolos sekolah

Pada saat masa sekolah, Halimah Yacob dikenal sebagai pribadi yang sangat cerdas luar biasa. Oleh sebab itu tak khayal kalau banyak beasiswa datang menghampirinya. Namun di sisi lain, dia juga dikenal sangat suka bolos sekolah loh. Apa dia sudah merasa pintar? Ternyata dugaan tersebut salah, justru Halimah melakukannya karena terpaksa.

mendapatkan beasiswa [image source]
Bolos sekolah yang dilakukan wanita ini rupanya demi membantu ibunya untuk berjualan. Bagaimana lagi, Halimah sering sekali nunggak uang sekolah, sehingga takutnya dia tidak bisa ikut ujian. Ya, bisa lihat sendirikan dari masa mudanya, jiwa tanggung jawab dan kepeduliannya sudah tumbuh meskipun masih berusia belia. Wajar kalau dirinya terpilih jadi seorang presiden.

Karir politik yang tak perlu lagi dipertanyakan

Setelah terlepas dari masa sulit saat sekolah, Halimah mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkannya ke jenjang kuliah. Setelah menyelesaikan perguruan tinggi pun masa depan Halimah juga terlihat makin cerah. Hingga akhirnya pada 2001, dia memutuskan untuk terjun di dunia politik dengan masuk partai.

Halimah Yacob di DPR [image source]
Tak sampai di sana, tahun 2013 dia membuat sebuah rekor baru dengan menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai wakil ketua DPR. Sejak saat itu pula sosok Halimah jadi dipandang oleh beberapa kaum elit politik. Dan kini lagi-lagi wanita ini mengukir sejarah baru sebagai wanita pertama yang akan menentukan masa depan Singapura.

Lalu apa yang bisa diambil dari kisah presiden pertama Singapura ini?

Ya, kisah mengenai Halima ini sudah ibarat cerita-cerita motivasi yang dikisahkan oleh para motivator. Dari keadaan terpuruk, dia bisa mengubah nasibnya hingga seratus delapan puluh derajat. Namun yang tidak kalah menarik dia adalah seorang wanita. Seolah melunturkan stigma bahwa wanita selalu ada dalam posisi rendah, Halimah membungkam semua dan membuat sejarah baru di Singapura.

sosok pantang menyerah [image source]
Istilah “Usaha tidak akan mengkhianati hasil” rupanya bukan lagi sebuah kiasan, namun terbukti secara nyata. Jika Halima bisa, maka pastinya ada pula kesempatan buat orang lain juga untuk meraih keberhasilannya asal mau mencoba.

Ya, dia telah mengukir sebuah sejarah baru bagi negara Singapura. Kini rakyat Singapura telah menyerahkan masa depan mereka di tangan wanita tangguh yang satu ini. Pilihan mereka sepertinya tidaklah salah, mengingat Halimah sendiri adalah sosok yang pantang menyerah dan berkepedulian tinggi.

 

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA