Hiruk pikuk pilkada serentak yang dilaksanakan kemarin (27/06/2018) memang menyita perhatian banyak publik dan media. Selama beberapa hari ke depan sepertinya topik tentang walikota, gubernur, serta pemimpin terpilih akan menghiasi berbagai portal berita.

Di balik kesibukan pilkada yang telah usai, ada beberapa hal unik yang terjadi. Mulai dari kreativitas desain TPS yang beragam, hingga bencana yang sempat menggemparkan salah satu daerah ketika pencoblosan sedang berlangsung. Agar lebih tau keseruan lain, simak dalam uraian berikut.

Dikira kopi, petugas TPS minum tinta celup karena ngantuk

Mustafa yang tak sengaja meminum tinta [Sumber gambar]
Tinta celup digunakan oleh para pencoblos sebagai bukti bahwa mereka telah ikut berpartisipasi dalam pemilu. Kejadian tentang tinta ini menjadi pengalaman lucu untuk seorang petugas TPS di Pontianak, Kalimantan Barat. Mustafa (61) mengaku kalau dirinya mengantuk berat hingga merasa butuh kopi untuk diminum. Malangnya, tinta celup yang ditaruh di dalam wadah air mineral tak sengaja ia minum. Setelah sadar bahwa ia meminum tinta, ia memuntahkannnya karena merasa tubuhnya gemetaran. Untungnya, setelah itu ia ditolong dan diberi makanan oleh petugas lain.

Pria salah TPS tapi ngotot mau nyoblos sampai diamankan pihak berwajib

Ilustrasi orang memilih [Sumber gambar]
Masih di Pontianak Selatan, seorang pria bernama Irfan ngotot mau mencoblos, padahal ia salah TPS. Ketika masuk ke TPS, petugas memang mendapati ia bergelagat aneh. Pria ini tampak membawa ransel (yang akhirnya diperiksa oleh pihak berwajib) ngomong kurang jelas, saat ditanya bilangnya dari masjid dan diantar teman untuk mencoblos. Setelah berunding dengan pihak kepolisian, pria ini memang murni salah TPS.

Gempa guncang NTB di tengah sibuknya pilkada serentak

Gempa ketika Pilkada [Sumber gambar]
Di tengah pesta pemilihan dan euphoria masyarakat memilih, NTB diguncang oleh gempa berkekuatan 5 skala Richter (SR), daerah yang terkena adalah Bima dan Sumbawa. Kejadian terjadi sekitar pukul  13.37. Walaupun begitu, Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa ini tak berpotensi tsunami. Bahkan hingga berita ini ditulis tidak ada kerusakan yang dialami oleh masyarakat setempat. Alhamdulillah ya!

TPS cosplay demi semarakkan pilkada

Cosplay superhero Marvel [Sumber gambar]
Ide yang dilakukan ini sungguh kreatif, yaitu cosplay dengan berbagai macam tema. Beberapa daerah seperti Bali, Bandung, dan beberapa daerah lain. Maraknya piala dunia 2018 sepertinya menjadi inspirasi bagi salah satu TPS di Bali dan samping rumah Ridwan Kamil. Selain itu, ada sekumpulan superhero Marvel (Captain America, Iron Man, dkk) di Cigadung, Bandung. Tak hanya itu saja, lebih kreatif beberapa tempat pencoblosan menjadikan tema horror agarpara pencoblos lebih semangat memilih.

Buka lapak baca selama pilkada, biar pemilih tambah cerdas

Lapak buku di TPS Banten [Sumber gambar]
Kalau TPS lain bercosplay ria, salah satu lokasi di Tangerang Selatan, Banten malah membuka lapak buku bacaan saat pilkada berlangsung. Mulia sekali niat petugas yang menyediakan buku berbagai macam genre ini, untuk dibaca oleh para pemilih termasuk buku anak-anak. Di dinding bagian atas juga diberi tulisan instruksi untuk membaca sementara menunggu giliran nyoblos. Ide tersebut ternyata datang dari ketua penyelenggara KPPS, Yulianto. Dengan konsep tersebut, keinginannya sederhana, ia ingin setiap orang jatuh cinta pada buku.

Ide-ide di atas layak diapresiasi, hitung-hitung agar pilkada tak berjalan gitu-gitu aja. Selain itu, TPS yang bertema unik akan menambah antusias para pemilih. Melihat orang dalam balutan cosplay, buku-buku yang dilapak baca, serta tenda yang dihias layaknya pernikahan, pengalaman pilkada juga akan terasa berbeda.