Rusia sedang sibuk-sibuknya menjadi tuan rumah dalam piala dunia 2018. Negara yang terkenal punya kehidupan hedon yang gemerlap serta lekat dengan segala kenikmatan dunia ini termasuk yang sangat mendikte bagaimana seharusnya seseorang bersikap.

Sebagai salah satu negara multicultural dan masih memuja budaya ortodoks, ditambah dengan semarak piala dunia, Rusia menjadi destinasi banyak turis. Seperti peribahasa, lain lubuk lain airnya, lain ladang lain belalang, ada beberapa hal yang harus kamu catat sebelum berkunjung ke Negeri Beruang Merah ini.

Jangan tersenyum kepada sembarang orang

Jangan tersenyum ke sembarang orang [Sumber gambar]
Di Indonesia, senyum kepada orang yang tak dikenal dianggap sebagai sebuah keramahan, tetapi berbeda halnya dengan Rusia. Dibanding dengan negara di Barat, Rusia termasuk masyarakat yang jarang sekali tersenyum. Senyuman bagi mereka hanya diperuntukkan bagi keluarga, kolega, teman kantor yang sudah lama mereka kenal. Mendapat senyuman dari orang asing malah membuat mereka merasa tak nyaman, kamu pun yang tersenyum akan dianggap sebagai orang bodoh.

Larangan merokok di tempat umum

Larangan merokok di Rusia [Sumber gambar]
Merokok tak hanya akan membahayakan yang mengisap saja, tetapi juga mereka yang terkena asapnya. Peraturan merokok ini sangat ketat diterapkan di Rusia. Menyalakan rokok di tempat umum adalah sebuah pelanggaran, kamu bisa terkena denda 500 sampai 1.500 rubel. Pada November tahun 2017 lalu, pemerintah bahkan menambah aturan agar tidak merokok di balkon rumah, bagi yang masih melakukannya ia harus membayar ganti rugi kepada tetangganya.

Gaji dan usia adalah hal yang privacy

Gaji dan usia adaah dua hal yang privacy [Sumber gambar]
Di daerah Barat dan Eropa, menanyakan hal yang sifatnya pribadi memang dianggap tidak sopan, hal ini juga berlaku di Rusia. Jika tidak terlalu dekat dengan seseorang maka kamu tak perlu menanyakan berapa usia dan pendapatan per bulan mereka. Untuk sesama perempuan yang lebih luwes, mungkin masih termasuk sopan jika hanya menanyakan usia. Sebaliknya, hal itu sedikit aneh jika lelaki yang bertanya kepada perempuan.

Bersiul di dalam ruangan

Larangan bersiul dalam ruangan [Sumber gambar]
Ketika sedang berkumpul bersama teman-teman, mungkin kamu terbiasa sambil bersenandung, main alat music, hingga bersiul-siul. Tetapi jangan pernah lakukan siulan kalau kamu sedang berada di Negeri Beruang Merah ini. Karena penduduknya masih percaya dengan takhayul kuno, siulan dipercaya sebagai pembawa kesialan dan menyebabkan seseorang kehilangan uang.

Aturan saat meminum minuman keras

Aturan saat minum alkohol [Sumber gambar]
Salah satu minuman keras yang sangat tersohor di Rusia adalah Vodka. Jika dalam tontonan seperti film atau video seseorang kerap berada di jalan dan ruang terbuka, sekarang undang-undang memberlakukan aturan baru. Mereka yang meminum minuman keras di ruangan terbuka atau pinggir jalan akan dikenakan sanksi. Selain itu, saat membeli minuman di food court atau bar, jangan biarkan botol kosong berada di atas meja, karena lagi-lagi kamu akan ketiban sial.

Rusia memang penuh kejutan, ada banyak hal-hal unik yang dilakukan orang-orangnya dan akan membuatmu kaget jika belum memahami budaya mereka. Tapi, walaupun hidup di lingkungan yang keras, mereka tetap mencintai dan melestarikan segala budaya yang ada.