Gas elpiji dari dulu menjadi momok bagi semua orang. Alasannya karena gas tersebut bisa meledak kapan saja tanpa kita sadari penyebabnya. Biasanya gas bocor dikarenakan selang penghubung yang berlubang. Ini biasanya terjadi lantaran terkena gigitan tikus ataupun selang sudah waktunya harus diganti.

Artikel Lainnya
Cerita Robot Gedek, Psikopat yang Sempat Bikin Bocah Enggak Pingin Lahir ke Dunia
Kalah Sengketa dan Jadi Milik Malaysia, Begini Keadaan Pulau Sipadan dan Ligitan Sekarang

Gas yang Bocor memiliki beberapa ciri tertentu Sahabat Boombastis. Gejala yang bisa kita temukan pertama kali adalah adanya aroma yang mirip dengan belerang atau telur busuk. Kemudian, terdapat suara berdesis di dekat tabung gas. Terakhir, warna api pada kompor adalah jingga atau kuning, bukan biru.

Salah satu cirinya adalah api berwarna kuning atau jingga [Sumber Gambar]
Kalau gas kalian menunjukkan tanda-tanda seperti itu, maka bisa dipastikan elpiji sudah mengalami kebocoran. Eits, tapi jangan panik dulu Sahabat Boombastis. Ada hal yang bisa kalian lakukan ketika gas elpiji sedang mengalami kebocoran. Pertama, kalian bisa langsung cabut selang yang ada di tabung gas. Dengan begitu, kemungkinan risiko terjadinya ledakan sudah tidak ada lagi.

Lalu, hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah buka pintu, jendela dan ventilasi. Ini dilakukan agar gas bisa keluar dari rumah. Selain itu, hal ini juga dilakukan bertujuan untuk menghilangkan bau gas yang menyengat pada rumah kita. Biarkan pintu, jendela dan ventilasi terbuka selama satu jam lamanya. Supaya tidak ada gas yang tersisa di dalam rumah.

Buka jendela supaya gas keluar dari rumah [Sumber Gambar]
Akan tetapi, kalian juga harus segera ke luar rumah ya agar tidak keracunan gas elpiji tersebut. Jika gas elpiji terhirup, akan menimbulkan bahaya bagi diri kita. Contohnya saja tidak sadarkan diri, mengalami gangguan pernapasan, kejang-kejang dan bisa juga menyebabkan muntah-muntah.

Kemudian, hal yang perlu diingat adalah jangan mengoperasikan alat-alat listrik. Lalu, jangan juga menyalakan rokok ataupun korek. Alasannya karena itu bisa menyulut munculnya percikan api. Akibatnya, rumah kalian bisa habis termakan oleh ganasnya api. Tahan dulu sampai aroma gas sudah tidak tercium lagi. Atau lebih amannya, kalian bisa mengoperasikan alat listrik dua jam setelah gas mengalami kebocoran.

Nah, itu dia yang harus dilakukan ketika gas mengalami kebocoran. Jangan buru-buru panik dan meninggalkan rumah. Bisa-bisa gas memenuhi rumah dan akhirnya meledakkan tempat tinggal kita. Jadi, supaya gas elpiji kita tidak bocor,ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya kok. Pertama adalah harus memastikan pemasangan regulator gas sudah pas. Lalu, wajib untuk memeriksa keadaan selang, regulator dan tabung gas secara berkala. Ini dilakukan supaya jika terjadi kerusakan, kita bisa langsung menggantinya. Selanjutnya, belilah gas, regulator, selang dan kompor dari tempat yang jelas dan telah berlabelkan SNI.