Percayalah Jika 5 Hal Menakjubkan ini Sama Sekali Bukan Hasil Photoshop

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 9, 2015

Kita sering terkesima dengan suatu gambar, namun kecewa pada saat yang sama gara-gara tahu jika gambar tersebut ternyata hanya hasil editing foto saja. Ya, teknologi manipulasi grafis sekarang sudah makin berkembang dan sukses menciptakan banyak sekali karya-karya unik. Termasuk foto-foto hoax yang diedit sedemikian rupa untuk mengesankan seperti kejadian asli.

Kita sendiri sering dihadapkan dengan problema yang berkaitan dengan hal-hal seperti ini. Misalnya menentukan apakah gambar ini asli atau palsu dan sebagainya. Nah, kali ini mari kita melakukan hal yang sama. Yup, siapkan mata baik-baik dan tentukan apakah deretan gambar di bawah ini asli atau palsu.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Tak usah susah, karena ternyata gambar di bawah ini semuanya asli. Meskipun sekilas terlihat seperti hasil editing. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Deretan Rumah di Jiangyin, China

Kesenjangan sosial adalah masalah yang sudah biasa terjadi di China. Negara ini memang sangat timpang penduduknya. Ada yang benar-benar kaya, namun ada pula yang sangat miskin bahkan sampai ada yang tinggal di kandang babi. Namun, tidak semua tempat di China kental dengan kesan seperti itu. Misalnya saja di Jiangyin ini.

Pasti bingung nih cari rumah sendiri kalau tinggal di tempat seperti ini [Image Source]
Pasti bingung nih cari rumah sendiri kalau tinggal di tempat seperti ini [Image Source]
Jangan salah kira ya. Gambar di atas 100 persen asli tanpa diedit sedemikian rupa. Nah, tempat ini memang sangat unik karena hampir semua rumah bentuknya sama. Mulai letak jendela sampai kerapatan masing-masing rumah. Tinggal di sini pun tentu takkan pernah mengalami masalah sosial ekonomi karena kesamaan. Tapi, susah juga nih kalau benar-benar menetap di sini. Jika tidak terbiasa mungkin kamu butuh waktu seharian untuk menemukan rumah sendiri.

2. Perpustakaan Bertingkat di Berlin University

Pergi ke perpustakaan mungkin jadi salah satu hal yang paling tidak menyenangkan selama sekolah atau ngampus. Apalagi bagi kita yang malas baca. Perpus memang identik dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Mulai penjaga ketus, koleksi buku tak lengkap, sampai bangku berderet yang bikin kita diusir gara-gara berisik. Namun, hal tersebut takkan pernah kamu rasakan jika mampir ke perpusnya Berlin University. Bentuknya seperti ini nih.

Berkunjung ke perpustakaan model begini pasti betah nih [Image Source]
Berkunjung ke perpustakaan model begini pasti betah nih [Image Source]
Alih-alih membaca buku dengan tenang, berada di tempat ini akan membuat kita terbengong-bengong karena arsitekturnya yang gila. Bagaimana tidak, perpustakaan ini seperti berada di set film-film fiksi, di mana bangku tertata sangat rapi dan lantainya sendiri bertingkat-tingkat sangat tinggi. Belum lagi desain kotak-kotak yang berada di kanan kirinya sangat menakjubkan. Perpustakaan ini dibangun oleh arsitek bernama Max Dudler dan foto tersebut diambil ketika pembukaan.

3. Gudang Lego di Billund, Denmark

Lego jadi mainan edukatif paling menyenangkan. Bukan hanya karena bisa dibentuk menjadi bentuk yang tak terhingga jumlahnya, tapi juga koleksi set yang keluar setiap waktu. Nah, sejak berdiri di tahun 1949, sebanyak apa sih Lego yang sudah diproduksi. Lalu dimana mereka menaruh Lego-Lego yang akan dijual. Jawabannya ada di gambar berikut.

Kira-kira ada triliunan Lego yang ada di tempat ini [Image Source]
Kira-kira ada triliunan Lego yang ada di tempat ini [Image Source]
Terlihat seperti hasil editing ya. Padahal ini benar-benar asli. Gudang Lego ini ada di Billund, Denmark. Nah, tinggi masing-masing rak ini sekitar 23 meter dan mungkin ada triliunan Lego yang tersimpan di dalam kotak-kotaknya. Uniknya lagi, masing-masing box ternyata ditandai sedemikian rupa sehingga memudahkan pencarian.

Pertanyaannya, bagaimana jika si petugas butuh Lego yang berada di kotak paling atas? Ya, tentu saja mereka tidak akan memanjatnya. Namun, sudah menggunakan teknologi robotik untuk melakukan pekerjaan yang sudah di luar batas.

4. National Museum Bagian Burung di Washington DC

Tentu saja ada begitu banyak kebun binatang menarik di dunia ini. Namun jika kamu ingin melihat koleksi burung paling banyak maka tidak ada tempat lain selain National Museum yang ada di Washington DC, Amerika Serikat. Di bagian Division of Birds House kamu akan menjumpai banyak sekali jenis burung dari seluruh dunia. Tak hanya merawat burung dengan jumlah gila, di sana juga ada kuburan tempat menyimpan burung-burung yang mati.

Ada setidaknya 600 ribu burung yang disimpan di tempat ini [Image Source]
Ada setidaknya 600 ribu burung yang disimpan di tempat ini [Image Source]
Alih-alih di kubur di tanah, koleksi burung yang mati justru di simpan di kotak-kotak kayu yang ada di salah satu gudang di Division of Birds House. Berapa banyak burung yang Sudah mati? Sebanyak yang ada di gambar. Burung-burung tersebut tidak berbau dan hancur jasadnya karena sudah diawetkan dengan cairan nitrogen sebelum disimpan rapi seperti itu. Unik atau bikin merinding ya?

5. Sampah Roda di Socorro, Amerika Serikat

Setiap 5 tahun sekali kita disarankan untuk ganti roda motor dan jangka waktu yang lebih lama lagi untuk mobil. Pertanyaannya, kemana sih roda-roda yang sudah tidak dipakai itu? Ya, sebagian memilih dipermak lagi alias divulkanisir, namun sebagian lagi sudah benar-benar membuangnya. Nah, jika dibuang sudah berapa banyak roda yang tidak dipakai lagi? Mungkin gambar berikut akan menjawab pertanyaan tersebut.

Bahkan 11 tahun dibakar tidak mampu menghabiskan sedikit bagian dari sampah roda ini [Image Source]
Bahkan 11 tahun dibakar tidak mampu menghabiskan sedikit bagian dari sampah roda ini [Image Source]
Foto ini diambil dari tempat sampah roda yang ada di Socorro, Amerika Serikat. Dilihat sekilas, nampaklah berapa banyak roda yang ada di sana. Tentunya jumlahnya berkali-kali lipat dari mobil yang ada sekarang. Fakta unik tentang tempat ini adalah para petugasnya sering melakukan pembakaran roda-rodanya. Mengingat jumlahnya yang seperti tidak ada habisnya ini, konon kabarnya api pembakarannya tidak padam hingga 11 tahun lamanya. Hingga pada tahun 2000 lalu proses pembakaran tersebut dihentikan karena menghasilkan polusi luar biasa dan juga penyakit.

Takjub sekali ya dengan deretan gambar di atas. Makin kagum lagi ternyata sama sekali bukan hasil editing. Semua lokasi yang ada di atas juga masih ada saat ini dan bisa dikunjungi kapan pun. Mungkin terkecuali untuk gudang Lego atau gudang burung mati di National Museum.

Ilusi mata yang nyata keren lainnya juga bisa kamu lihat ketika berkunjung ke Festival Full Moon Tabotwal di Thailand. Di sini kamu akan melihat para biksu bersujud membentuk barisan melengkung panjang yang super unik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA