in

4 Hal Kecil yang Kerap Terlupa di Sepak Bola Ini Memiliki Bahaya Fatal untuk Pemain

Menjadi seorang pesepakbola bisa dibilang bukanlah sebuah perkara yang gampang. Selain harus berjuang keras, mereka juga diwajibkan untuk senantiasa selalu menjaga diri. Hal ini lantaran performa baik pamain bola di lapangan salah satunya adalah dengan menaati hal tersebut. Berbicara mengenai disiplin banyak lho sahabat boombastis hal kecil yang memiliki manfaat besar kerap dilupakan pemain.

Apalagi jika kita berbicara mengenai sepak bola Indonesia, banyak sekali pemain yang lalai akan penunjang kecil dalam karier di olahraga ini. Seperti salah satu contohnya adalah mengenai asupan seimbang untuk tubuh, mereka kerap lalai akan makanan yang disantapnya. Padahal hal tersebut adalah salah satu penunjang performa di lapangan. Dan berikut hal kecil yang kerap terlupa oleh pemain bola.

Melakukan pemanasan secara mandiri atau individu sebelum merumput

Pemanasan pemain Real Madrid [Sumber Gambar]
Layaknya kendaraan bermotor tubuh pesepakbola juga membutuhkan pemanasan. Pasalnya, ketika kegiatan tersebut dilakukan kita sama halnya mempersiapkan otot, jaringan lunak, meningkat suhu, dan mempersiapkan jantung. Kebayang enggak sih jika hal tersebut ditinggalkan? Pastinya banyak yang alami cedera. Dari jenis warming up yang diperlukan pemain, pemanasan individu bisa dibilang kerap dilupakan. Padahal jika melihat fungsinya hal tersebut sangatlah penting. Melansir laman PanditFootball, dengan hal tersebut kita sedikit bisa menghindari cedera ketika latihan, hal ini lantaran kita mempersiapkan diri sesuai kebutuhan badan.

Makan sebelum pertandingan sepak bola berlangsung

Pemain sepak bola melakukan kegiatan makan [Sumber Gambar]

Seperti yang telah disinggung di awal tadi, asupan makanan memang memiliki peran penting dalam performa seorang atlet. Kendati besar pengaruhnya, namun sebenarnya makan juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan oleh seorang pesepakbola. Mereka harus mengetahui betul kebutuhan tubuh sebelum berlaga. Jangan sampai mereka terlalu banyak atau juga kekurangan. Dilansir laman PanditFotball, kombinasi karbohidrat dan sedikit protein, semuanya di bawah 200 kalori, adalah apa yang kita butuhkan. Namun dalam praktiknya hal semacam ini banyak diremehkan sehingga banyak pemain cepat kelelahan atau gagal moncer di atas lapangan.

Pendinginan juga menjadi hal penting kerap terlupa

Bambang Pamungkas pendinginan [Sumber Gambar]

Bukan rahasia lagi jika kegiatan ini berangsur-ansur ditinggalkan atau acap kali tidak dilakukan. Padahal jika melihat manfaatnya, pendinginan memiliki peran yang sama dengan pemanasan untuk tubuh pemain sepak bola. Melansir laman Kaskus dikutip dari Rebutbola.com, menurut para ahli setidaknya kita wajib menyisihkan waktu setidaknya tiga menit untuk melakukan pendinginan agar detak jantung kita kembali normal dan juga otot-otot kembali merenggang. Lewat hal tersebut diharapkan tubuh tidak kaget jika tiba-tiba tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Kondisi semacam ini juga kerap dilupakan dan membuat terjadinya kematian sepak bola.

Merokok hal kecil yang dipandang remeh pemain

Mario Balloteli merokok [Sumber Gambar]
Rokok bisa dibilang bukan hal yang tabu dikalangan pesepakbola. Mulai pemain lokal tanah air hingga manca banyak yang kedepatan menggunakan barang tersebut. Sebagai seorang pemain bola ternyata rokok memiliki efek yang tidak baik untuk pemain. Mengkutip American Heart Association, mengatakan bahwa merokok akan memperburuk system kardiovaskular tubuh. Jika hal tersebut terjadi akan membuat pemain bola akan terganggu system produksi energinya. Hal ini terjadi lantaran organ-organ dan otot pengirim oksigen terhambat, kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi aktivitas fisik.

Melihat dampak-dampak yang disimpulkan oleh hal-hal kecil tersebut. Sudah sewajarnya pesepakbola juga lebih memperhatikan dirinya untuk menunjang kariernya. Ya, meski dampaknya tidak langsung, namun lewat kedisiplinan performa pemain akan jauh lebih hebat lagi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Tren Mukbang di Mana-mana, Amankah Bagi Kesehatan?

Ambil Pasir dan Kerang di Pantai, Siap-siap Terima Risiko yang Sangat Merugikan