in

Bersiaplah, Karena 6 Hal Gila ini Bakal Tercipta Sebentar Lagi di tahun 2016

Dalam hitungan hari saja kita sudah akan memasuki tahun baru. Artinya, bersiaplah dengan segala hal menakjubkan yang akan terjadi nanti. Bukan tentang hal-hal yang buruk, namun justru prestasi dan capaian keren di bidang teknologi yang digembar-gemborkan akan segera terealisasi di tahun depan.

Ya, di tahun depan diprediksi bakal banyak pencapaian hebat di bidang teknologi yang sudah dinanti-nantikan sejak lama. Salah satunya misalkan ‘teknologi pakai’ alias wearable technology. Menurut para ahli, di tahun depan diprediksi kita bakal ramai-ramai memensiunkan smartphone dan berganti ke gelang hologram yang berfungsi seperti ponsel pintar. Wih, asik banget, kan?

Nah, berikut adalah hal-hal gila lain soal teknologi yang diprediksi akan terwujud di tahun 2016.

1. Nikmati Menginap di Hotel ISS

Apa maksudnya hotel ISS? Mungkin terdengar seperti hotel yang didesain mirip dengan kabin-kabin stasiun luar angkasa. Namun yang satu ini bukanlah seperti itu. Hotel ISS benar-benar sebuah hotel yang letaknya di luar angkasa. Mirip dengan ISS tapi yang ini punya fasilitas ala hotel mewah.

Tahun depan kita bisa coba menginap di luar angkasa [Image Source]
Tahun depan kita bisa coba menginap di luar angkasa [Image Source]
Proyek ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dan akhirnya di tahun 2016 akan segera diresmikan. Kira-kira berapa biaya menginap di sini semalam? Tak mahal kok, hanya sekitar $ 250 ribu saja, atau bisa juga pilih paket menginap lima hari dengan biaya sebesar $ 1 juta saja. Sayangnya, pasti tidak semua orang bisa merasakan nikmatnya tidur malam dengan pemandangan luar angkasa di luar angkasanya langsung seperti itu.

2. Pil Anti Sinar Ultra Violet

Radiasi sinar ultraviolet sangat membahayakan. Kena kulit dengan intesitas tertentu bakal menyebabkan kanker. Makanya, kita dianjurkan untuk memakai kacamata, payung, atau lotion, agar tidak kena paparan matahari langsung. Beberapa orang menganggap tindakan proteksi yang seperti ini ribet, hingga akhirnya diciptakanlah sebuah metode praktis untuk proteksi secara keseluruhan.

Bebas dari radiasi hanya dengan minum sebutir pil anti UV [Image Source]
Bebas dari radiasi hanya dengan minum sebutir pil anti UV [Image Source]
Bukan dengan pakaian anti UV yang norak dan nggak banget, peneliti menciptakan Pil anti UV. Hanya tinggal telan, secara otomatis pil ini akan melindungi seluruh tubuh dari ujung ke ujung. 2016 akan jadi tahun di mana pil ini mulai dipasarkan.

3. Kelahiran Gajah Mammoth

Lho, gajah mamoth bukannya sudah punah? Memang benar, dan rencananya peneliti akan membangkitkannya kembali. Dengan teknologi DNA dan juga kemajuan di bidang bioteknologi, peneliti yakin bisa melahirkan lagi gajah yang sudah punah ini.

Peneliti akan membangkitkan kembali Mammoth [Image Source]
Peneliti akan membangkitkan kembali Mammoth [Image Source]
Tujuannya adalah untuk meneliti hewan tersebut. Lebih jauh lagi, jika ini berhasil, mungkin peneliti akan membangkitkan banyak lagi hewan-hewan punah. Kita tunggu saja apakah akan benar-benar lahir si gajah purba yang katanya bakal terjadi di tahun 2016 ini.

4. Semua Anjing Peliharaaan Ditanami Microchip

Kasus penculikan dan penjualan anjing cukup tinggi di beberapa negara. Hal ini pun membuat banyak orang resah dan akhirnya melakukan proteksi maksimal yang tak lazim. Entah mengurung si anjing di rumah terus atau rutin menitipkan si anjing di rumah penitipan yang biayanya cukup besar. Agar menghindari perlakuan kurang patut dan menguntungkan ini, maka peneliti merancang sebuah microchip untuk ditanamkan di tubuh si anjing.

Anjing akan diberi microchip agar bisa dilacak ke mana pun ia pergi [Image Source]
Anjing akan diberi microchip agar bisa dilacak ke mana pun ia pergi [Image Source]
Tujuan penanaman microchip ini agar si anjing bisa mudah dilacak di mana pun mereka berada. Sehingga mengurangi risiko penculikan yang ditakutkan. Prosedurnya sendiri tidak menyakitkan kok. Microchip sebesar bulir nasi ini ditanamkan di salah satu bagian tubuh anjing yang aman tanpa efek samping. Tahun 2016 program ini akan diberlakukan kepada seluruh anjing peliharaan. Inggris akan memulainya di bulan April.

5. China Menyelesaikan Teleskop Luar Angkasa Terbesar di Dunia

Sepertinya kita harus berhenti mengejek China dengan julukan negara super copy, karena tahun depan mereka akan merealisasikan teleskop luar angkasa terbesar yang takkan mudah ditiru negara lain. Proyek ini bernama The-Five-hundred-metre Aperture Spherical radio Telescope atau yang disingkat dengan FAST. Seperti yang sudah jelas terdeskripsi di namanya, teleskop ini punya ukuran jumbo yakni hampir setengah kilometer.

China akan selesaikan teleskop luar angkasa terbesar di dunia [Image Source]
China akan selesaikan teleskop luar angkasa terbesar di dunia [Image Source]
Tak hanya punya penampang yang besar, teleskop ini juga dibekali dengan banyak kemampuan mutakhir. Mereka memiliki resolusi gambar terbaik yang akan mampu melihat galaksi dengan lebih jelas. Ini adalah capaian bidang astronomi yang membanggakan. Siapa tahu berawal dari teleskop ini kita bisa menemukan Bumi lain atau mungkin kehidupan alien.

6. Selamat Tinggal Pak Tani, Robot-Robot akan Menggantikanmu

2016 akan jadi masa di mana para petani akan gantung cangkul. Ya, karena teknologi robotika akan menggantikan pekerjaan mereka. Nah, robot-robot ini akan menyelesaikan tugas-tugas petani seperti biasa. Namun seperti gunanya robot, mereka lebih cepat, akurat, efisien juga berbiaya rendah.

Robot pak tani akan membuat pertanian makin menggila [Image Source]
Robot pak tani akan membuat pertanian makin menggila [Image Source]
Robot-robot pertanian ini dijejalkan dengan algoritma super rumit sehingga mereka juga bisa belajar dan improvisasi seiring berjalannya waktu. Hal-hal spesifik yang biasanya hanya bisa dilakukan petani, nantinya juga akan di-handle oleh robot-robot. Harapannya, dengan adanya robot-robot magang di pertanian ini adalah produktivitas yang naik. Sayangnya, teknologi ini takkan dijumpai di Indonesia. Lha gimana, sawahnya sudah jadi ruko dan perumahan semua.

Inilah deretan hal-hal gila yang akan segera kita temui di tahun 2016. Namun, seperti ciri khas teknologi, ia akan berkembang dengan sangat cepat. Boleh jadi, apa yang akan muncul nanti jauh lebih keren dari pada ini. Apa pun itu, yang penting tahun depan jangan ada hal-hal buruk entah perang saudara atau bencana alam.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Berita Paling Aneh yang Terjadi Selama Tahun 2015

8 Hukuman Sekolah Paling Ekstrim yang Membuatmu Bersyukur Sekolah di Indonesia