Ucapan Menteri Agama (Menag) Fachrul Rozi soal pola agen radikalisme ‘good looking’ dan hafiz beberapa waktu lalu ternyata menuai kontroversi. Salah satunya yang jadi sorotan adalah soal hafiz, sosok penghafal Alqur’an itu dianggap memiliki peluang untuk disusupi paham radikal.

Sebagai negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam terbesar di wilayah Asia Tenggara, Indonesia justru melahirkan banyak hafidz Alqur’an yang prestasinya diakui dunia. Beberapa dari mereka bahkan sukses menjadi role model dan inspirasi bagi anak-anak muda di media sosial.

Sosok Taqy Malik yang merupakan seorang hafiz sekaligus pengusaha sukses

Sosok Taqy Malik yang juga sangat dikenal di sosial media [sumber gambar]
Sempat menjadi sorotan setelah pernikahannya dengan Salmafina Sunan kandas, Taqiyuddin Malik atau Taqy Malik dikenal sebagai seorang hafidz yang hafal 30 juz pada usia 13 tahun. Prestasinya tersebut membuat dirinya banyak dikenal dan menjadi seorang influencer dengan jutaan pengikut di Instagram. Selain itu, pemuda asal Banjarmasin ini juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses.

Hafiz Muhammad Azro’i asal Kepulauan Riau yang Mendunia

Muhammad Azroi Tahfizh 30 juz bersama rekan-rekannya [sumber gambar]
Sosok Muhammad Azro’i membuat masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) berbangga atas prestasi yang ditorehkannya. Sebagai seorang hafiz Al-Qur’an, ia berhasil menjuarai musabaqah hifzul quran 15 juz tingkat Asia Pasific yang pesertanya berasal dari 26 Negara, termasuk Indonesia. Sebelumnya, Azro’i juga keluar sebagai juara lomba hafiz nasional di Medan.

Musa sang hafiz cilik yang meraih prestasi di Mesir

Musa yang berhasil menjadi juara 3 di Mesir [sumber gambar]
Prestasi Musa di ajang hafiz internasional memang sangat fenomenal. Di usianya yang masih belia, bocah asal Bangka Belitung (Babel) itu berhasil meraih juara 3 dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke 23 yang diselenggarakan di Mesir. Atas prestasinya tersebut, Musa juga diberi beasiswa oleh mantan Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman Djohan untuk kuliah di luar negeri.

Dua hafiz yatim asal Indonesia yang diundang ke acara lomba tilawah Al-Qur’an di Rusia

Ahmad dan Kamil saat berada di Rusia [sumber gambar]
Lantunan merdu dua hafiz cilik asal Indonesia, Muhammad Ghozali Akbar dan Kamil Ramadhan, terdengar di acara Festival Alquran di Crocus City Hall, Moskow, Rusia. Sebagai seorang penghafal Al-Qur’an, keduanya diundang secara khusus oleh Dewan Mufti Rusia untuk memeriahkan acara puncak Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional Moskow ke-19.

Sosok Abdul Aziz Hidayat yang berhasil meraih beasiswa hingga S-3 ke Sudan

Abdul Aziz Hidayat yang berhasil menerima beasiswa ke Sudan [sumber gambar]
Kemampuan hafalan 30 juz membuat alumni Madrasah Aliyah (MA) Ar Risalah, Abdul Aziz Hidayat, berhasil meraih beasiswa pendidikan hingga jenjang S3 di kampus khusus Al Qur’an, Taajul Hafizin, Sudan. Penghargaan tersebut diberikan melalui Quantum Akhyar Institut, sebuah lembaga yang dipimpin oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH). Abdul Aziz berhasil menyisihkan 800 orang yang mengikuti seleksi untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

BACA JUGA: Dari Jenderal Hingga Menag, Inilah Sosok Fachrul Razi yang Akan Lawan Radikalisme di NKRI

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin yang dikutip dari Republika (05/09/2020), mengklarifikasi soal ‘good looking’ yang mencakup bahasa Arab dan hafal Alqur’an atau hafidz. Menurut dirinya, ucapan tersebut hanya sebatas ilustrasi. Di mana substansi aslinya adalah perlunya kehati-hatian bagi para pengelola rumah ibadah di lingkungan aparatur sipil negara (ASN). Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?