Sosok Gibran Rakabuming Raka mendadak jadi sorotan setelah dirinya bakal terjun ke dunia politik. Ya, suami dari Selvi Ananda ini dikabarkan akan ikut bertarung dalam pemilihan Wali Kota (pilwalkot) Solo 2020. Ia maju melalui DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), seperti yang dikutip dari Finance.detik.com.

Sebelumnya, Gibran lebih familiar di depan publik sebagai Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), sekaligus seorang pengusaha. Salah satunya yang paling awal adalah Chili Pari, usaha katering yang dimulai pada Desember 2010. Tak hanya itu, sederet bisnis di bawah ini juga membuat dirinya semakin dikenal sebagai pengusaha sukses.

Bisnis kuliner Markobar

Dimulai pada tahun 2015 silam, Gibran membuka bisnis kuliner yang diberi nama Martabak Kota Barat atau biasa disingkat dengan nama Markobar. Dengan berbagai topping yang beraneka rasa, citarasa premium yang ditawarkan Markobar membuatnya semakin dikenal hingga akhirnya menjamur di kota-kota besar di tanah air.

Menggandeng Chef Arnold Mangkok Ku

Masih di ranah kuliner, Gibran kembali membuka bisnis yang bernama Mangkok Ku. Tak sendiri, pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu juga menggandeng chef Arnold Poernomo, juri di acara Masterchef serta Randy Julius. Uniknya, Mangkok Ku memadukan citarasa kuliner kombinasi antara Indonesia dan Jepang.

Servis produk elektronik eksklusif ala Icolor

Perjalanan bisnis Gibran kian semarak dengan adanya Icolor. Jauh dari dunia kuliner, usahanya kali ini berfokus pada reparasi produk elektronik keluaran Apple. Konsep pelayanan yang diberikan pun cukup unik karena menggunakan cara jemput bola kepada konsumennya.

Bisnis jas hujan Tugas Negara Bos

Peruntungan Gibran di ranah bisnis non-kuliner kembali diwujudkan dalam sebuah usaha jas hujan yang bernama Tugas Negara Bos. Bisnis baru ini pertama dikenal Saat dipakai Najwa Shihab dan dipamerkan di akun Instagram-nya di @matanajwa. “Halo teman2, mungkin udah pada penasaran dengan jas hujan yg diposting mbak nana @matanajwa. Ini adalah salah satu side-project saya bersama kawan2 saya. Jas hujan ini diproduksi di kota solo. Mohon doanya ya,” tulis Gibran melalui akun Instagram-nya di @chillipari.

Bisnis Katering Chili Pari

Chili Pari menjadi bisnis pertama bagi Gibran yang membuat dirinya terjun sebagai pengusaha. Berdiri sejak 2010, siapa sangka ia harus mengawalinya dengan penuh tantangan. Mulai dari ditolak saat mencari pinjaman modal usaha dari bank, hingga mendapat tentangan dari orangtua. Kini, usahanya tersebut berhasil dan memberikan kesuksesan pada Gibran.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Gibran Rakabuming Raka Adalah Anak Presiden Paling Keren

Meski nantinya terjun ke dunia politik, figur Gibran tetaplah lekat sebagai sosok pengusaha yang telah dilakukannya terlebih dahulu. Tak hanya dirinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga merupakan seorang pebisnis sebelum terjun ke politik dan terpilih sebagai Kepala Negara.