4 Gubernur Indonesia ini Tak Disangka Adalah Hafiz Al-Qur’an

Siapa sangka empat orang ini selain memiliki karir politik cemerlang juga ilmu agama sangat baik

oleh Faradina
10:15 AM on Mar 3, 2017

Beberapa waktu yang lalu masyarakat Indonesia sempat terbuai dengan kedatangan penghafal Al-Qur’an ganteng dari Amerika, Fatih Seferagic. Seketika itu pula muncul beberapa nama hafiz lain yang berasal dari negara-negara di sekitar kita. Tapi tahukah kalian bahwa Indonesia juga memiliki sosok penghafal Al-Qur’an yang selama ini memegang jabatan politik tinggi di beberapa daerah?

Umumnya masyarakat Indonesia mengamati pejabat-pejabat negeri karena karir politiknya ataupun kehidupan pribadinya yang menarik. Agama yang dianut sang politisi mungkin masih menjadi hal yang terkadang dibicarakan. Namun nampaknya jarang sekali kita mencolek sejauh mana pengetahuan agama mereka yang padahal juga sangat penting untuk diketahui. Negara kita ini ternyata memiliki empat gubernur yang sudah mendapat gelar hafiz Qur’an lho, dan berikut nama-namanya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ahmad Heryawan

Pria berumur 50 tahun ini merupakan gubernur Jawa Barat untuk periode 2013 sampai 2018 nanti. Ahmad Heryawan atau yang biasa dikenal dengan nama Aher ini masuk jajaran gubernur hafiz Qur’an Indonesia yang ternyata juga mewajibkan enam anaknya menghafal kitab suci umat islam tersebut. Aher memang dikenal sebagai sosok yang religius untuk ukuran seorang politisi.

Jawa Barat [image source]
Sebelum berada di puncak karir seperti sekarang, pria kelahiran Sukabumi ini harus berjuang menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA sambil berjualan gorengan. Barulah kemudian dia berhasil mendapatkan beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi untuk melanjutkan kuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Sampai saat ini Aher cukup berhasil memimpik Jawa Barat karena telah menorehkan kurang lebih 132 penghargaan bagi provinsi tersebut.

Muhammad Zainul Majdi

Zainul Majdi adalah gubernur provinsi Nusa Tenggara Barat yang sudah menjabat selama dua periode sejak 2008. Ketika pertama kali memegang posisi gubernur pada 2008, pria yang dijuluki Tuan Guru Bajang ini juga dinobatkan sebagai gubernur termuda Indonesia. Bagi lelaki yang sekarang berumur 44 tahun ini menghafal Al-Qur’an adalah hal yang sangat penting sebagai bentuk pemahaman ajaran islam. Riwayat pendidikannya di madrasah lah yang sepertinya telah membuat lelaki kelahiran Pancor Selong ini fasih menghafal Qur’an.

Zainul NTB [image source]
Nusa Tenggara Barat patut berbangga memiliki sosok gubernur seperti Zainul Majdi karena pria ini memiliki banyak prestasi. Salah satunya adalah Lencana Ksatria Bhakti Husada Arutala yang merupakan penghargaan di bidang kesehatan. Selain itu hafiz NTB ini ternyata berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Al-Azhar Kairo sampai akhirnya meraih gelar Master of Art.

Abdul Ghani Kasuba

Abdul Ghani Kasuba dipercaya memimpin Maluku Utara setelah sebelumnya memulai karir sebagai wakil gubernur di periode 2008 sampai 2013. Keahliannya sebagai seorang penghafal Al-Qur’an tampaknya sudah tak ada yang meragukan karena pria kelahiran Halmahera Selatan ini sudah dikenal sebagai salah satu tokoh organisasi islam Al Khairat sebelumnya.

Abdul Ghani Maluku Utara [image source]
Lelaki berusia 64 tahun ini juga memiliki riwayat pendidikan yang cukup religius terutama saat melanjutkan kuliah di Universitas Islam Madinah. Ayah empat anak ini juga menjadi salah seorang pengurus Majelis Ulama Indonesia untuk Maluku Utara. Sementara untuk karir politiknya sebelum menjadi wakil gubernur, dia pernah mencoba peruntungan dengan menjadi seorang anggota DPR pada 2004 lalu.

Irwan Prayitno

Gubernur Sumatera Barat ini merupakan salah satu hafiz Qur’an yang pernah menjadi seorang aktivis saat melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia. Lelaki kelahiran Yogyakarta ini memang senang sekali berdakwah sejak usianya muda. Selepas mendapat gelar sarjana dari kampus bergengsi tersebut sosok Irwan memutuskan kembali ke tanah Minang untuk kemudian mendirikan sebuah lembaga belajar bersama kawan-kawannya.

Irwan Sumatera Barat [image source]
Tak disangka lama kelamaan Irwan berhasil mengembangkan lembaga belajarnya tadi menjadi taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Selanjutnya ayah 10 anak ini memberanikan diri melanjutkan pendidikan S2 nya di Malaysia dalam bidang pengembangan SDM. Nampaknya sang gubernur tak pernah lelah meraih pendidikan karena setelah S2, Irwan kembali meneruskan kuliahnya ke jenjang S3. Saat ini selain fokus memimpin Sumatera Barat, Irwan juga masih aktif berdakwah.

Tidak banyak yang tahu memang bahwa Indonesia memiliki sosok-sosok pemimpin daerah dengan latar belakang pengetahuan agama yang oke. Empat gubernur di atas sepertinya juga memiliki karir yang cukup gemilang di masa jabatannya kali ini. Semoga saja dengan pengetahuan agama yang demikian membuat para pemimpin itu semakin amanah dan semakin banyak juga pemimpin yang mengikuti mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA