in

Bantu Rakyat Kecil, GSI Lab Adakan PCR Gratis Buat Mereka yang Membutuhkan

Saat ini, PCR banyak banyak dibutuhkan untuk beragam keperluan. Mulai dari tracing, diagnosa sebelum tindakan medis, hingga menjadi beberapa persyaratan administratif saat bepergian. Di satu sisi, metode ini perlu untuk mencegah transmisi virus dari satu orang ke orang lainnya, atau bahkan ke daerah lainnya.

Di sisi lain, ada aspirasi bahwa biaya yang diperlukan untuk PCR ini cukup berat bagi masyarakat. Bahkan, belakangan ini pemerintah menurunkan harga layanan swab tersebut. Serta merevisi aturan wajib PCR untuk perjalanan darat 250 km.

Sebenarnya apa keistimewaan tes PCR hingga menjadi syarat wajib bagi pelaku perjalanan hingga beberapa instansi? Benarkah kini sudah tersedia PCR gratis bagi masyarakat? Inilah informasi selengkapnya.

Apa itu PCR dan bagaimana pelaksanaannya?

PCR gratis [sumber gambar]
PCR, atau polymerase chain reaction, merupakan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi adanya materi genetik dari virus, bakteri, atau sel. Prosedurnya pun cukup sederhana. Petugas akan mengambil sampel lendir dari pangkal tenggorokan dan hidung menggunakan cotton bud panjang. Proses ini hanya memakan waktu selama 15 detik dan tak menimbulkan rasa sakit.

Benarkah PCR lebih akurat?

PCR gratis [sumber gambar]
Hingga saat ini, PCR adalah tes yang paling akurat untuk mendeteksi virus Corona. Tingkat akurasinya mencapai 80 hingga 90 persen. Sedangkan tes lain seperti Antigen dan Rapid Test, memiliki tingkat akurasi yang jauh di bawah PCR.

Berapa biaya yang diperlukan untuk tes PCR?

PCR gratis [sumber gambar]
Di masa awal pandemi, harga tes PCR sangat mahal. Bahkan sekali tes, pasien harus membayar Rp2 juta. Pada Oktober 2020 lalu, pemerintah sempat menurunkan harga PCR menjadi maksimal Rp900 ribu. Kini atas perintah Presiden Joko Widodo, harga PCR sudah diturunkan lagi. Harga tertinggi PCR untuk Jawa-Bali sebesar Rp275 ribu dan maksimal Rp 300 ribu untuk luar Jawa dan Bali.

GSI Lab berikan PCR gratis

Meski harga PCR telah diturunkan. Namun harga tersebut masih tergolong mahal untuk masyarakat. Apalagi PCR akan dijadikan syarat untuk melakukan perjalanan. Beruntung, kini tersedia PCR gratis dari GSI Lab.

PCR gratis [sumber gambar]
GSI Lab memiliki program #SwabAndSaveIndonesia, untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam mempercepat penanganan Covid-19 melalui tes PCR yang cepat dan akurat. Laboratorium yang tersebar di berbagai tempat mulai Cilandak hingga Depok ini, telah mengumpulkan donasi Rp4,4 miliar. Tak hanya itu, GSI Lab juga memberikan PCR gratis bagi lebih dari 5.000 orang. Bila kamu juga berminat untuk mendapatkan layanan gratis ini, bisa membaca info lebih lengkapnya di tautan ini.

BACA JUGA: Mematahkan ‘Cocoklogi’ Swab Test Hidung Bisa Merusak Otak, Ini Faktanya!

Program PCR gratis dari GSI Lab sangat berarti bagi masyarakat. Terutama bagi rakyat kecil dengan pendapatan rendah, yang harus bepergian untuk melakukan pekerjaan. GSI Lab berharap tes PCR gratis ini dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Written by F A Agustina

Tinggalkan Duka Mendalam, Vanessa Angel dan Suami Meninggal dalam Kecelakaan Mobil di Tol

Dengan Program Ini, GSI Lab Mempermudah Tes PCR Gratis untuk Masyarakat