Google Doodle Niki de Saint Phalle

oleh didi
08:47 AM on Oct 30, 2014

Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-84 seorang seniman wanita legendaris asal Prancis, Niki de Saint Phalle, hari ini Google memajang suatu penampilan Doodle yang tidak sama dari hari umumnya. Niki de Saint Phalle merupakan sosok wanita legendaris asal Prancis yang di kenal menjadi seniman pematung, pelukis, dan pembuat film yang telah menghasilkan banyak karya seni berkelas dunia.

Wanita hebat ini dilahirkan di Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seine (daerah sekitar Paris) pada tanggal 29 Oktober 1930. Meskipun lahir di Prancis, namun Niki de Saint Phalle tumbuh dan dibesarkan di New York, Amerika Serikat, dan dikenal luas di negeri tersebut berkat karya-karyanya yang memukau.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Google-Doodle-Niki-de-Saint-Phalle
Google-Doodle-Niki-de-Saint-Phalle

Shooting Paintings adalah karya Niki de Saint Phalle yang paling terkenal dan fenomenal diciptakannya pada 1960-an. Karya seni ini berupa potongan-potongan kantong plastik dalam bentuk manusia yang ditutup dengan plester putih. Karyanya tersebut dibentuk dengan cara menembak potongan-potongan kantong plastik itu dengan cat lukis yang menghasilkan perpaduan warna dan rupa yang indah.

Niki de Saint Phalle juga membuat berbagai macam boneka perempuan dengan beragam ukuran dan karakter seperti pengantin wanita, ibu melahirkan, bocah perempuan. Semua boneka itu dicat putih dan memperoleh banyak pujian saat dipamerkan. Masih banyak karya seni yang tercipta dari tangan Niki de Saint Phalle, baik lukisan, patung, maupun film.

Niki de Saint Phalle meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2002 di California, Amerika Serikat. Ia meninggal dalam tragedi pada saat berkarya, karena tidak sengaja menghirup asap beracun.

Saat sekolah, Niki de Saint Phalle terdaftar di sekolah bergengsi Brearley di New York City namun dia dikeluarkan dari sekolahnya karena membuat lukisan daun ara merah pada patung sekolah. Dia lulus dari Sekolah Oldfields di Glencoe, Maryland pada tahun 1947.

Saat remaja, dia menjadi seorang model busana. Ketika berusia 18 tahun, dia muncul di sampul hidup (26 September 1949). Tiga tahun kemudian, dia kembali muncul di sampul Vogue Prancis pada November 1952. Dia dikenalkan ke pelukis Amerika Hugh Weiss yang kemudian menjadi teman dan mentornya saat acara pemodelan. Pameran seni pertamanya diadakan pada tahun 1956 di Swiss, menampilkan lukisan minyak gaya naif.

Pada tahun 1994, dia pindah ke California. Pada tanggal 17 November 2000 dia menjadi warga kehormatan dari Hannover, Jerman, dan menyumbangkan 300 buah karya seninya ke Museum Sprengel. Pada tahun 2001, dia membuat sumbangan lain dari 170 buah seni moderne Musée d’et d’Art Contemporain. Sebagai penghormatan kepada Niki de Saint Phalle, karyanya dipamerkan di luar ruangan di pusat Park Avenue dari 52nd Street ke 60 Street di New York City sampai November 2012.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA