Moonracker, Geng Motor Berlabel Syariah Asal Bandung yang Sangat Dicintai Masyarakat

Pada geng motor ini yang ada malah kesan alim dan peduli dengan sesama

oleh Arief Dian
16:00 PM on Jun 10, 2017

Beberapa waktu yang lalu, sangat marak penyerangan yang dilakukan oleh para gengster dan geng motor di Indonesia. Mirisnya kebanyakan anggotanya, hanyalah anak-anak bau kencur yang masih sekolah. Bukan hanya membikin onar, mereka juga melakukan tawuran dan pembacokan di jalan raya. Hal ini jelas membuat resah para masyarakat sekitar.

Berbeda dengan para gengster dan geng motor itu, di Bandung ternyata ada kelompok yang berlabel syariah. Alih-alih melakukan perusakan, geng motor ini malah sering membantu warga dan rutin mengadakan pengajian. Seolah menampik image gengster yang selalu identik berbuat onar, Moonracker membuktikan kalau mereka berbeda dengan yang lain. Jadi bagaimana cerita lengkapnya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Nggak Semua Pejabat #SukaKemewahan, 5 Sosok Ini Malah Hobi Naik Transportasi Umum
Sang Ibu Terserang Kanker Ganas, Perjuangan 2 Bocah Ini Mengharukan, Siap-siap Tisu!

Dulunya geng motor yang brutal

Moonracker [image source]
Sebelum menjadi geng motor berlabel syariah ini, moonracker merupakan kelompok yang dikenal bengis dan kejam. Bahkan di Bandung, mereka termasuk dalam daftar geng motor besar yang ditakuti. Sudah banyak keonaran yang dilakukan oleh para geng motor ini. Anggotanya juga semakin hari semakin banyak. Mulai dari kalangan yang sudah dewasa hingga anak-anak. Kelompok geng motor yang sudah berdiri sejak 1978 ini, akhirnya mengubah jalurnya dari yang dulunya suka membuat onar menjadi kelompok religius yang peduli pada sekitar.

Dipelopori oleh salah seorang panglima

Mas Bon [image source]
Perubahan wajah Moonracker ini ternyata tidak terlepas dari salah satu jasa seorang panglimanya. Pria yang bernama Masbon itu, sudah sejak lama memimpin Moonracker dan sudah terkenal gahar. Tetapi akhirnya Masbon mendapatkan hidayah dan memutuskan untuk bertobat. Masbon tidak ingin sendirian, dia juga mengajak anggota Moonracker lain untuk bertobat. Jalan yang ditempuh Masbon tersebut tentu bukanlah hal yang mudah, namun berkat tekat pantang menyerahnya itu kini Moonracker memiliki wajah baru.

Menjadi sebuah geng motor berlabel syariah

Dekat dengan dai dan ulama [image source]
Banting stir yang dilakukan oleh geng Moonracker ini bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya image buruk sudah melekat pada diri mereka. Oleh sebab itu awalnya tidak ada yang percaya kalau geng motor ini telah bertobat. Belum lagi tidak setujunya beberapa anggota yang lebih suka geng motor yang bengis dan kejam dulu. Namun lama kelamaan masyarakat jadi mulai sadar atas keseriusan Moonracker untuk menjadi geng motor yang lebih baik dan tidak berseberangan dengan norma Islam. Dan kini akhirnya hal itu benar-benar dapat diwujudkan oleh Masbon dan anggota lainnya.

Tetap merupakan geng motor

Bakti sosial [image source]
Bagaimanapun image geng motor akan tetap melekat pada Moonracker. Oleh sebab itu, mereka tetap menjadi kelompok bermotor namun tidak berbuat onar. Moonracker ingin membuktikan meskipun seorang geng motor namun tetap bisa berbuat baik. Selalu ada agenda rutin Moonracker untuk melakukan pengabdian pada masyarakat. Mulai dari bagi-bagi takjil gratis, bersih-bersih rumah ibadah dan segala kegiatan yang mendekatkan mereka dengan masyarakat. Kini Moonracker diterima kembali oleh masyarakat sebagai kelompok yang baik dan suka membantu.

Sering melakukan pengajian rutin dan mengajak yang lain

Pengajian [image source]
Karena sudah bertransformasi sebagai sebuah geng motor syariah, Moonracker sering sekali mengadakan takblig akbar. Di sana, mereka mengundang para dai dan penceramah untuk mengisi pengajian. Bukan hanya itu, Moonracker juga mengajakĀ  kelompok geng motor lain dalam pengajian tersebut. Harapannya agar semakin banyak geng motor yang mau mengubah image menjadi kelompok pencinta kendaraan roda dua yang tetap menjalankan perintah agama. Moonracker membuktikan meskipun geng motor, bukan berarti tidak bisa menjadi orang yang baik. Selalu ada kesempatan untuk berubah.

Moonracker membuktikan meskipun seorang geng motor namun juga bisa berbuat baik. Karena merekalah, kini image gengĀ  motor yang buruk mulai luntur. Diharapkan, makin banyak lagi gengster dan geng motor yang mengikuti mereka menjadi kelompok yang syariah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA