BMKG, Masyarakat Diminta Waspadai Gelombang Tinggi Saat Tahun Baru

oleh Alfry
08:39 AM on Dec 31, 2014

Saat malam perayaan pergantian tahun baru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengharapkan agar para pengunjung pantai untuk tetap waspada terhadap badai tropis jungmi yang mengakibatkan potensi gelombang tinggi. Hal ini diprediksikan akan terjadi pada seluruh pantai di wilayah Banten.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tri Tjahjo mengatakan badai tropis jungmi mempunyai kecepatan 40 knot atau 78 kilometer per jam di pusatnya. Penyebabnya dikarenakan adanya badai tropis jungmi yang ada di wilayah timur Filipina sejak tanggal 29 Desember 2014.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

BMKG, Masyarakat Diminta Waspadai Gelombang Tinggi Saat Tahun Baru
BMKG, Masyarakat Diminta Waspadai Gelombang Tinggi Saat Tahun Baru

Badai tersebut memicu kecepatan angin yang ada di wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa sehingga menimbulkan gelombang tinggi mencapa 3 meter yang ada di perairan Selat Sunda seperti Labuan dan Carita yang akan terjadi pada siang, sore, hingga malam hari.

Selain itu, gelombang tinggi juga dipicu oleh badai tropis kate yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 31 Desember 2014. Badai tropis tersebut sangat kuat karena menyedot uap dan air.

“Berdasarkan pantauan satelit wilayah Banten akan terjadi gelombang tinggi dan hujan ringan pada malam pergantian tahun. Badai tropis ini sangat kuat menyedot uap dan air, lebih kuat dari tekanan rendah lainnya, misalkan badai tropis kate,” jelasnya.

Selanjutnya Tjahjo menjelaskan BMKG Serang memprediksi tinggi gelombang pada 31 Desember akan mencapai 2 sampai 2,3 meter. Pantai yang dimaksud adalah seluruh pantai yang ada di Banten termasuk pantai Anyer hingga Carita yang biasanya ramai pengunjung saat perayaan tahun baru.

Tjahjo juga mengimbau bagi wisatawan yang sedang berenang di pantai agar tidak terlalu ke tengah sebab gelombang tinggi bisa menarik wisatawan dan akan membahayakan jiwa. “Perkiraan ini bisa berubah akibat anomali cuaca, namun masyarakat harus tetap waspada,” imbuhnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA