Gelombang Panas Mengerikan di India Menewaskan Ribuan Nyawa

oleh Adi Nugroho
14:35 PM on May 27, 2015

Apa yang akan Anda lakukan jika merasa kepanasan? Jawabannya bisa dengan meminum air yang dingin, menyiram kepala dengan air atau malah membuka baju lalu berendam di air. Namun bagaimana jika panas itu melebihi seperti yang kita rasakan sebelumnya. Boleh jadi mirip suhu udara di gurun yang membuat hanya sedikit makhluk yang bertahan hidup.

Suhu lebih dari 30 derajat Celcius saja membuat kita berkeringat. Bahkan terus mengeluh. Lalu bagaimana jika suhunya bisa naik, bahkan nyaris dua kali. Mungkin kita bisa pingsan, parahnya bisa kita kehilangan nyawa. Seperti yang terjadi di India baru-baru ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Baca Juga : 7 Fakta Tentang India yang Harus Anda Tahu

1. Sepanas Apa Suhu di India Saat Ini?

Di beberapa daerah di India, terutama provinsi Andhra Pradesh dan Telangana mengalami gelombang panas yang mengerikan. Suhu rata-rata saat siang mendekati 50 derajat Celcius. Sebuah suhu yang dapat mengakibatkan manusia selalu kehausan dan tidak jenak di rumah. Meminum banyak airpun tidak akan banyak membantu.

Sepanas apa gelombang panas di india [image source]
Sepanas apa gelombang panas di india [image source]
Gelombang panas di India kali ini terbilang sangat parah. Bahkan membuat sekitar 1.000 orang meninggal dunia. Kebanyakan adalah orang tua dan anak-anak yang tidak mampu menahan panasnya udara. Mereka hanya bisa pasrah hingga akhirnya tubuh perlahan lemas dan meninggal akibat kehausan.

2. Penyebab Gelombang Panas Di India

Ada dua hal yang menyebabkan gelombang panas di India kali ini. Pertama adalah adanya pemanasan global yang sangat tinggi di dunia. Selain itu, India akan memasuki musim hujan Muson yang membuat seluruh permukaan India diguyur hujan sangat parah.

Sebelum kejadian ini memang akan ada gelombang panas. Namun tahun ini lebih parah dari sebelumnya. Pihak otoritas India telah menganjurkan warganya untuk tetap di rumah dan minum banyak air. Tidak keluar tanpa penutup kepala untuk mengurangi dampak akibat gelombang panas yang sangat membakar ini.

3. Akibat Dari Gelombang Panas di India

Gelombang panas yang membuat suhu di Andhra Pradesh meningkat hingga 50 derajat Celcius ini, memakan banyak korban. Hampir setiap jam, ada saja warga yang akhirnya roboh. Air yang terus di minum tidak membuat mereka bertahan dari dehidrasi.

Akibat Gelombang Panas [image source]
Akibat Gelombang Panas [image source]
Beberapa orang mengalami hipertermia. Suhu tubuh mereka meningkat dari suhu normal yang seharusnya 36,5-37,5 derajat Celcius menjadi lebih dari itu. Saat mengalami hipertermia, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu. Namun hal ini tidak mempan karena suhu dari luar juga panas. Akibatnya orang tersebut akan mengalami kerusakan pada otak dan organ vital hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga : 10 Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia

Indonesia belum pernah mengalami gelombang panas. Meski beberapa kota besar udaranya sudah sangat panas. Dari kejadian ini kita dapat belajar jika alam rusak maka akan membuat manusia juga sengsara. Untuk itu menjaga alam adalah prioritas utama bagi kita. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang, atau bahkan dengan korban yang jauh lebih banyak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA