in

Kisah 5 Orang Asal Indonesia yang Punya Gelar Akademik Terbanyak, Ada yang sampai 32 Gelar!

Memiliki gelar akademik adalah hal yang biasa di dalam dunia pendidikan. Pada umumnya, seseorang memiliki prestasi gemilang dan gelar akademik setidaknya sebanyak 1 buah. Namun, ternyata ada orang yang memiliki banyak sekali gelar akademik.

Bukan hanya belasan, tetapi jumlah gelar akademik mereka bahkan ada yang mencapai puluhan. Rasanya mungkin terdengar agak mustahil. Namun, kamu perlu membaca ulasan di bawah ini untuk bisa benar-benar mempercayainya.

Achmad Tarmizi, Sekda yang punya 11 gelar akademik

Achmad Tarmizi merupakan seorang pejabat negeri pemilik gelar terbanyak. Baik gelar akademik sebanyak 11 gelar dan gelar non-akademik sebanyak 72 gelar.  Atas raihannya ini, ia mendapatkan penghargaan dari MURI.

Achmad Tarmizi pemilik 11 gelar [sumber gambar]
Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan ini, memperoleh semua gelarnya berkat kerja keras dalam menuntut ilmu. Dengan gelar sebanyak itu, ia juga akan membuktikan kinerjanya untuk mengabdi kepada negara.

Yenita, sukses meraih 13 gelar akademik dari berbagai kampus di Indonesia

Untuk meraih satu gelar akademik saja, membutuhkan kerja keras. Apalagi hingga berhasil mencapai 13 gelar. Namun, hal ini dibuktikan oleh Yunita dengan 13 gelar akademik yang ia dapatkan dari berbagai kampus ternama di Indonesia.

Yenita, wanita cerdas pemilik 13 gelar akademik [sumber gambar]
Tidak hanya cerdas, Yenita juga seorang yang ahli memainkan beragam alat musik dan sempat menjadi pengajar piano, organ, dan keyboard. Yenita kini berprofesi sebagai dosen dan mengajar jurusan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (Untar).

Welin Kusuma, pria yang hobi kuliah hingga punya 32 gelar akademik

Peraih gelar akademik terbanyak berikutnya adalah Welin Kusuma, yang mengaku memang hobi kuliah. Sejak kecil, ia memang gemar belajar. Hobi unik yang ia miliki ini mengantarkannya menduduki bangku di pendidikan tinggi.

Welin Kusuma punya gelar hingga sebanyak 32 gelar [sumber gambar]
Hingga akhirnya, ia tercatat sebagai pemegang rekor MURI pada 2012 lalu sebagai Peraih Gelar Multi-disiplin Terbanyak (saat itu 18 gelar) dan Pengambil Sistem Kredit Semester (SKS) Terbanyak dalam 1 semester (111 SKS).

Franz Astani, pemilik 11 gelar akademik berbagai bidang ilmu

Franz Astani merupakan salah seorang yang memiliki 11 gelar akademik dari berbagai disiplin ilmu. Dalam sebuah riwayat hidup yang dibuatnya, Franz menulis jika ia meraih rekor MURI untuk kategori gelar terpanjang pada 2005 lalu.

Franz Astani [sumber gambar]
Masih dalam riwayat hidupnya, ia juga menulis sebagai pemegang MURI untuk tujuh gelar dalam usia 49 tahun. Franz juga menulis jika ia berhasil meraih gelar MURI sebagai penuntut ilmu untuk rentang waktu yang paling lama, yakni 44 tahun.

Achsin, dosen Universitas Brawijaya yang memiliki 14 gelar akademik

Salah seorang dosen dari Universitas Brawijaya, ternyata memiliki gelar akademik yang sangat banyak. Mengalahkan Yenita yang kini juga jadi dosen, Achsin punya gelar akademik mencapai 14, yang terdiri dari gelar Dr SH SE MM Mkn MEcD MSi Ak CA CPA CRA CLA CPI CLI.

Dosen Universitas Brawijaya Pemilik 14 gelar akademik [sumber gambar]
Untuk bisa mendapatkan gelar sebanyak itu, tentunya ia membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Achsin pun masih aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, seperti yang diutarakan oleh Kepala Bagian Humas Universitas Brawijaya, Kotok Gurito, dilansir dari Detik.

BACA JUGA: VN Parthiban, Pria Pemilik 145 Gelar dari Hasil 30 Tahun Duduk di Bangku Kuliah

Pencapaian prestasi yang gemilang hingga memiliki gelar akademik, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Namun untuk mewujudkannya, bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain itu, memiliki gelar akademik yang banyak, haruslah dibarengi dengan performa yang sepadan. Bukan hanya asal gelar saja.

Written by Hendra Digital

Belasan Mobil dan Puluhan Rumah, Ini Lho Kekayaan Haji Bolot yang Nggak Pernah Dipamerin

Ingin Lindungi Privasi Anak, 11 Artis Ini Putuskan Tak Mengekspos Wajah Buah Hati Mereka