Unik, Wanita Asal Australia Ini Mengabdikan Hidupnya Untuk Menjadi Geisha

oleh Cah Azi
10:21 AM on Mar 23, 2015

Terlihat empat Geisha yang berbalut kimono khas Jepang lengkap dengan mantel tebal berjalan di jalan setapak tunggal yang melalui hutan tertutup salju. Empat wanita tersebut tampak tak menghiraukan dinginnya musim dingin Jepang. Uniknya, salah satu Geisha tersebut adalah seorang wanita asal Australia bernama Fiona Graham.

Seperti kita ketahui, Geisha adalah wanita Jepang yang berpakaian kimono tradisional dan berdandan dengan serba putih. Tugasnya adalah menghibur tamu dengan menyanyi, menari, hingga memainkan alat musik. Seorang Geisha juga harus pandai menuangkan teh sesuai adat Jepang. Geisha merupakan tradisi kuno Jepang sejak ratusan tahun yang lalu dan masih dilestarikan sampai sekarang.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Geisha (cnn)
Geisha (cnn)

Awalnya, Fiona adalah seorang pembuat film dokumenter. Ia pun mempelajari kehidupan Geisha dan mengabadikannya untuk film dokumenter. Hingga suatu saat timbul keinginan dari dalam dirinya untuk menjadi seorang Geisha. Menurut wanita yang hijrah ke Jepang sejak usia 15 tahun ini, dunia Geisha secara estetika, sangat indah.

Fiona yang duduk di sudut paling kanan (cnn)
Fiona yang duduk di sudut paling kanan (cnn)

Tahun 2007, ia memutuskan mengabdikan hidupnya untuk menjadi Geisha. Fiona merasakan kehidupan yang berbeda usai menjadi Geisha, walau awalnya, banyak tantangan yang dihadapi. Apalagi, banyak yang merasa aneh, jika seorang wanita kulit putih berpenampilan khas tradisional Jepang.

Seorang Geisha harus pandai memainkan alat musik (cnn)
Seorang Geisha harus pandai memainkan alat musik (cnn)

Di beberapa perfektur Jepang, banyak terdapat tempat semacam “Akademi Geisha”. Kegunaannya tentu untuk pelatihan menjadi Geisha. Pelatihannya pun selama 5 tahun. satu tahun pertama untuk megang, sedangkan empat tahun berikutnya sebagai training. Industri seperti ini berpusat di daerah Gion, Kyoto. Mungkin, banyak juga warga asing yang memutuskan untuk menjadi seorang Geisha seperti halnya Fiona.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA