Pasti kalian sudah tidak asing dengan penggalan lirik lagu yaitu “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati”. Nah, kalau di dunia nyata, lirik lagu tersebut sangat salah besar. Bagaimana tidak, sakit gigi bisa membuat kepala pusing sekaligus meriang. Namun, sakit satu ini biasanya disepelekan oleh banyak orang karena dianggap dapat disembuhkan hanya dengan obat warung.

Padahal, sakit gigi itu tidak boleh disepelekan sama sekali. Meski terkadang bisa disembuhkan dengan obat biasa tapi ternyata ada beberapa sakit gigi yang dapat menimbulkan beberapa penyakit. Bahkan, di antaranya ada penyakit yang berbahaya lho.

Sakit gigi bisa jadi pintu masuk serangan jantung

Siapa sangka, ternyata sakit gigi bisa menjadi awal dari kemunculan penyakit kronis. Salah satunya adalah penyakit jantung. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yaitu Tri Erri Astoeti, sakit gigi yang diawali peradangan gusi dapat menyebarkan kuman penyakit. Nah, di saat itulah ada jalan masuk kuman ke dalam tubuh manusia.

Bisa sebabkan sakit jantung [Sumber Gambar]
Alhasil, bakteri atau kuman penyakit pada akhirnya bisa masuk ke pembuluh darah dan sebabkan penyumbatan. Jadi, penyumbatan pembuluh darah inilah yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, jangan lagi deh menyepelekan sakit gigi mulai saat ini.

Bisa jadi penyebab utama dari kanker mulut

Ada penyakit kronis lain yang ditimbulkan karena gangguan pada gigi. Itu adalah penyakit kanker mulut. Penyakit ganas satu ini bisa muncul karena kondisi gigi sedang berlubang. Nah, pada gigi berlubang terdapat bakteri yang bernama streptococcus. Jika lubangnya sudah terlalu parah atau dibiarkan terlalu lama akan menggerogoti email gigi.

Kanker mulut jadi akibat dari sakit gigi [Sumber Gambar]
Akibatnya, akan ada infeksi pada bagian gigi ataupun mulut lho. Kalau sudah begitu, bakteri akan berperang dengan sel darah putih yang mencoba untuk menutup luka. Kemudian muncullah penyakit kanker mulut yang akan sulit sekali untuk disembuhkan.

Penyakit diabetes juga dapat muncul karena gangguan gigi

Penyakit ganas lain yang bisa muncul karena gangguan di gigi adalah diabetes. Mungkin kalian heran mengapa sakit gigi bisa jadi faktor pemicunya. Nah, ternyata ini berhubungan dengan makanan yang kita konsumsi Sahabat Boombastis. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis adalah salah satu penyebabnya.

Diabetes juga jadi salah satu akibat dari sakit gigi [Sumber Gambar]
Apalagi ditambah dengan tidak merawat gigi, jadinya organ yang ada di mulut tersebut menjadi berlubang. Oleh karena itulah, infeksi pada gigi pun dimulai dan kuman-kuman menyebar ke dalam darah. Ya akhirnya, diabetes tidak dapat dihindarkan.

Stroke pun juga dapat ditimbulkan karena sakit gigi

Tak hanya penyakit-penyakit di atas, stroke pun juga bisa diakibatkan gara-gara gangguan gigi. Ini karena ada beberapa penyebabnya. Contohnya seperti penyakit gusi ringan, serius dan periodontitis parah.

Stroke juga jadi akibat dari sakit gigi yang tidak bisa disembuhkan [Sumber Gambar]
Dari gangguan gusi serta periodontitis parah itulah akan menyebabkan beberapa organ di dalam mulut meradang. Sehingga kuman bertebaran ke mana-mana dan alhasil masuk ke pembuluh darah. Lalu, karena gigi dan gusi berdekatan dengan otak, maka penyumbatan pembuluh darah di organ tersebut rentan terjadi.

Sakit gigi yang sering kita abaikan ternyata dapat memicu munculnya beragam jenis penyakit. Mulai dari serangan jantung sampai stroke. Oleh karena itu, jika mengalami sakit gigi alangkah baiknya cepat diperiksakan ke dokter. Kemudian, untuk menghindarinya bisa dengan rajin menggosok gigi setiap pagi dan malam hari. Dengan begitu, kalian akan terbebas dari ancaman penyakit kronis.