4 Alasan Kenapa Orang Gagal Mendapatkan Pertolongan Memadai Ketika Terpikat Mengakhiri Hidup

Jangan abaikan keluhan sekecil apapun

oleh Sastranagari
07:00 AM on Jul 22, 2017

Kasus bunuh diri belakangan ini mulai sering kita dengar di berita. Salah satunya adalah mantan Awkarin, Oka Mahendra yang mengakhiri hidupnya lantaran terbelit hutang. Belum lama ini vokalis band rock terkenal Linkin Park, Chester Bennington juga gantung diri karena depresi.

Bunuh diri memang menjadi solusi patas bagi mereka yang menemui jalan buntu saat menghadapi masalah hidup. Namun, sebenarnya kita bisa mencegahnya dengan mendengarkan keluhan mereka. Inilah yang kurang kita pahami, sehingga ketika seseorang tak mendapatkan pertolongan memadai saat akan melakukan bunuh diri maka ia mungkin akan benar-benar melakukannya.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Keluhan ‘ingin bunuh diri’ Masih Nggak Begitu Dianggap

Banyak orang yang diam-diam merencanakan bunuh diri di sekitar kita. Sayangnya kita susah mengenali ciri-cirinya. Beberapa dari mereka pandai menutupi masalah, sehingga hidupnya terlihat baik-baik saja. Namun, ketika mendengarkan keluhan atau candaan, ‘aku ingin bunuh diri’ lebih baik kita nggak semerta-merta mengabaikannya.

Meminta bantuan [image source]
Lebih baik kamu mulai mengajaknya berbicara lebih serius. Bertanyalah padanya, apakah ia baik-baik saja. Cari tahu juga hal-hal mengenai dirinya atau kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog mengenai temanmu tersebut. Pokoknya jangan sampai mengabaikan hal tersebut.

2. Bunuh Diri Adalah Aib yang Memalukan

Banyak yang menganggap perbuatan bunuh diri adalah aib. Ketika ada teman atau saudara yang melakukan bunuh diri, kita jadi malu. Sebisa mungkin cerita ini kita tutup rapat-rapat, agar tak banyak orang tahu. Begitu juga ketika ada seseorang yang menyatakan ingin bunuh diri.

Menutup wajah [image source]
Kita cenderung mengabaikan ucapan tersebut. Padahal seseorang yang melakukan bunuh diri membutuhkan pertolongan dari kita. Kalau kita terus saja menganggap ini aib dan memalukan punya teman yang berpikiran ingin bunuh diri, maka bisa dipastikan jumlah orang yang memilih mengakhiri hidup akan semakin meningkat.

3. Berpikiran Bunuh Diri Menandakan Lemahnya Iman

Berpikiran untuk mengakhiri hidup sama dengan nggak bersyukur atas hidup yang dikaruniakan oleh Tuhan. Berdasarkan pikiran tersebut banyak orang menghakimi para pelaku bunuh diri memiliki iman yang lemah. Perlakuan tersebut secara nggak disadari akan semakin membuat orang yang berkeinginan bunuh diri terpuruk.

Menuduh [image source]
Melabeli mereka dengan sebutan iman lemah nggak bakal menyelesaikan masalah. Bisa jadi hal tersebut semakin membuat mereka terpacu untuk melancarkan aksi bunuh dirinya. Kalaupun ingin mereka sadar, ajaklah berbicara dan melihat pandangan bunuh diri dari sisi agama secara halus.

4. Pelaku Bunuh Diri Dianggap Memiliki Gangguan Jiwa

Pelaku bunuh diri memang nggak bisa berpikiran jernih saat berencana melakukannya, tapi bukan berarti mereka mengidap penyakit jiwa. Namun, banyak orang yang menganggap mereka yang memutuskan mengakhiri hidup di tangan sendiri mengidap panyakit jiwa.

Gangguan jiwa [image source]
Anggapan ini semakin memperburuk mental mereka yang ingin bunuh diri. Dengan adanya anggapan tersebut, mereka enggan berbagi keluh kesah serta alasan mereka ingin bunuh diri, karena takut dianggap sakit jiwa.

Tindakan bunuh diri masih bisa kita selamatkan. Caranya sederhana saja, dengan bergerak cepat saat mendapati seseorang yang dekat dengan kita mengeluh hidupnya tak baik-baik saja dan ingin mengakhirinya. Rangkul pula mereka yang mengalami depresi, dengan begitu bunuh diri bisa dihindari.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA