Gadis Penenun di Uang Lima Ribuan Ternyata Ada Beneran!

oleh Tetalogi
05:29 AM on Jun 25, 2015

Coba deh kamu cek dompetmu, lihat apakah kamu punya uang lima ribuan di dalamnya. Nah, uang ini bergambarkan seorang gadis yang sedang menenun singkek. Pernahkah kamu bertanya-tanya siapa gadis tersebut?

Ternyata, gadis penenun ini ada sungguhan lho. Seperti gambar pahlawan yang sering ada di uang kertas kita, ternyata sosok perempuan itu sejatinya juga ada sungguhan. Ia bahkan punya kisah yang cukup mengesankan. Penasaran? Simak ulasannya di sini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Ceci Si Gadis Penenun

Bernama Natasha Annestessya atau biasa disapa dengan nama Ceci. Saat masih berusia 17 tahun, ia mengikuti seleksi pemilihan model untuk uang lima ribuan yang diadakan oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Dari 80 kontestan, Ceci yang saat itu masih menjadi mahasiswi semester tiga Fakultas Ilmu Komunikasi UI, berhasil lolos menjadi model untuk uang pecahan 5 ribu rupiah tersebut.

Pecahan Uang 5000 Rupiah [Image Source]
Pecahan Uang 5000 Rupiah [Image Source]
Anna Tuturaima, ibu dari Ceci bercerita bahwa saat ini Ceci sudah berusia 33 tahun dan menetap di California, Amerika Serikat. Pada usia 25 tahun, Ceci menikah dengan David, seorang pria warga negara Amerika Serikat.

2. Perempuan Yang Mandiri, Cerdas dan Rendah Hati

Menurut ibundanya, Ceci adalah sosok wanita yang cerdas tapi tidak banyak bercerita. Saat masih SMA saja ia sudah mendapatkan skor TOEFL terbaik se-SMA dengan nilai 600 dan di Amerika, ia berhasil menjadi karyawan terbaik. Ceci juga tidak pernah bercerita kalau memenangkan apapun atau lolos seleksi apapun. Ceci hanya bilang bahwa itu biasa saja, tidak perlu diceritakan.

Natasha Annestessya [Image Source]
Natasha Annestessya [Image Source]
Tidak hanya itu saja, ia juga dikenal sebagai sosok yang tidak mau merepotkan ibunya. Untuk biaya kuliah saja ia hanya meminta 400 ribu rupiah, dan selebihnya Ceci membayarnya sendiri. Ceci kemudian juga mendapatkan beasiswa untuk sekolah di Amerika Serikat. Selama 4 tahun kuliah di sana, Ceci juga tidak pernah meminta uang kepada ibundanya.

Nah, itulah sepenggal kisah gadis manis di balik pecahan uang 5 ribu rupiah, Natasha Annestessya. Lain kali kamu pegang uang lima ribuan, mungkin baru kamu akan ingat dengan sosok perempuan mandiri yang satu ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
BACA JUGA