Barang loak memang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Meski begitu, tidak berarti semua barang bekas di sini jelek. Jika sedang beruntung dan pandai memilih, kita bisa saja mendapat barang dengan kualitas bagus dan bermerek. Bahkan ada pula barang loak yang nilainya tak karuan mahalnya ketika dijual.

Seperti halnya keberuntungan yang dialami oleh Rick Norsigian, seorang pembeli barang rongsokan yang kejatuhan durian runtuh, bahkan plus pohon-pohonnya sekaligus. Bagaimana tidak, ia membeli sebuah barang dengan harga sekitar Rp 500 ribu, tapi siapa sangka benda tersebut kemudian ditawar sampai $200 juta atau kurang lebih sekitar Rp 26 triliun rupiah.

Kamu mungkin bertanya-tanya, benda rongsokan macam apa yang bisa semahal itu harganya. Jawabannya bakal kamu temukan lewat ulasan berikut.

Satu Set Negatif Foto Ansel Adams

Penemu Negatif Foto Ansel Adams [Image Source]
Bermula dari hobi membeli barang di garage sale, Rick Norsigian membeli satu set negatif  foto tua seharga $45. Sebenarnya benda itu dibandrol  dengan harga $70. Tapi karena keahliannya dalam menawar, Norsigian mendapat harga hampir setengahnya. Tak disangka, barang yang dibelinya adalah negatif foto yang dibuat Ansel Adam, salah seorang fotografer yang berpengaruh di Amerika Serikat. Negatif yang ia beli, memuat 6 buah foto penting karya fotografer kenamaan dunia itu.

Sekilas Tentang Ansel Adams

Ansel Adams [Image Source]
Ansel Adams adalah Bapak Fotografi Amerika yang lahir di San Fransisco California. Selain terkenal sebagai fotografer dengan foto-foto hitam putihnya, ia juga seorang aktivis yang sangat peduli pada lingkungan.  Hasil fotonya sangat terkenal pada zamannya dengan ciri khas foto beresolusi tinggi dan ketajaman yang  bagus. Untuk menghasilkan foto seperti ini, Adams rela menggunakan kamera berukuran besar, berat, harga film yang mahal, serta waktu pemasangan yang lama. Sampai saat ini, karya-karya Adams menjadi abadi dan banyak direproduksi untuk pembuatan kalender, poster, bahkan buku. Sedangkan foto yang ditemukan oleh Rick Norsigian adalah karya Adams di awal-awal karirnya yang berumur sekitar 80 tahun.

Alasan Foto Ansel Adams Berharga 2,6 Triliun

Salah satu foto fenomenal Ansel Adams [Image Source]
Foto yang ditemukan oleh Rick adalah karya Adams yang sempat hilang saat peristiwa kebakaran di ruang gelap miliknya. Di ruangan yang terbakar, diperkirakan melenyapkan karyanya yang dikumpulkan di awal-awal karir. Karenanya, penemuan foto Adams ini dapat menjadi dokumen penting untuk melengkapi sejarah karir Adams yang hilang. Foto yang diperkirakan seharga 2,6 triliyun itu diambil antara tahun 1919 hingga 1930. Dan lokasi yang tergambar dalam foto adalah di daerah Yosemite, California. Dan foto hebat ini semakin menunjukkan dunia bahwa Adams adalah seorang fotografer yang berbakat, dengan kemampuan yang luar biasa.

Nasib Foto Super Mahal Ansel Adams

Karya lain Ansel Adams [Image Source]
Mulai saat ini, foto-foto itu akan melakukan tour ke beberapa universitas dan museum-museum di Amerika. Perjalanan foto spektakuler ini akan dimulai bulan Oktober di Fresno State University. Dan Norsigian yang masih bekerja di Fresno School System pun berharap setiap orang akan menikmati foto-foto itu.

Yang jadi misteri dari kisah super fantastis ini tak lain adalah tentang dari mana si tukang loak mendapatkan koleksi foto Ansel Adams ini. Dari mana pun itu, jelas si pedagang tersebut bakal nyesel dan kaget sejadinya ketika tahu fotonya yang terjual hanya beberapa puluh dolar itu laku sampai ratusan juta.