Cukup dengan memandang sebuah foto kita bisa mendapatkan banyak sekali cerita. Karena seperti kata pepatah, gambar memang menjelaskan berjuta arti. Foto sendiri bisa jadi benda paling menyenangkan ketika di dalamnya terpatri gambar yang menggembirakan. Namun sebaliknya, sebuah foto juga mampu membuat kita mengalami emosi-emosi negatif.

Baca Juga : 4 Larangan Jadi Orang Miskin di Indonesia

Seperti deretan foto berikut. Ketika diterbitkan banyak orang yang bertanya-tanya apa maksud di baliknya. Namun ketika mengetahui cerita aslinya, maka rasa sedih luar biasa seakan membuncah. Ya, ini adalah foto tentang keputusasaan, tentang hidup mati dan diambil pada momen yang sangat pas.

Berikut adalah deretan foto menyedihkan itu. Hampir semua orang yang melihatnya merasa merinding sendiri bahkan sampai menangis. Bagaimana denganmu? Simak ulasan berikut.

1. Bertahan Dalam Kegelapan Total

Pada suatu hari di tahun 2013, sebuah kapal yang berasal dari Nigeria mengalami crash ketika ombak besar menghantamnya. Kapal bernama Jackson 4 ini pun mengalami kebocoran dan akhirnya tenggelam sedikit demi sedikit. Hampir semua kru yang berjumlah 11 orang tewas, kecuali seorang pria bernama Harrison Okene.

Setelah 60 jam bertahan Okene berhasil diselamatkan oleh petugas [Image Source]
Setelah 60 jam bertahan Okene berhasil diselamatkan oleh petugas [Image Source]
Entah bagaimana caranya, namun Okene menemukan dirinya tengah tertidur dalam kabinnya. Air mulai masuk ke dalam kamarnya dan hanya tersisa sedikit lagi ruang untuk bernafas. Ketika itu ia benar-benar tidak bisa melihat apa pun, kecuali kegelapan. Namun ia bisa merasakan bunyi-bunyi ikan mulai mengonsumsi teman kapalnya yang mati tak jauh dari tempatnya berada. Okene bertahan selama 60 jam dalam kondisi seperti ini. Foto putus asa di atas adalah ketika ia kali pertama berjumpa dengan para kru penyelamat.

2. Terjebak Dalam Panasnya Lahar

Kembali ke tahun 1985 lalu, ada sebuah peristiwa memilukan terjadi di Kolombia. Ketika itu salah satu gunung di sana, Nevado del Ruiz, mengalami erupsi dan memuntahkan lahar panasnya. Lahar pun turun dengan cukup cepat dan menyapu sebuah desa bernama Armero dengan korban tewas mencapai 20 ribuan orang.

Mata hitamnya adalah bukti jika gadis ini mengalami penderitaan yang luar biasa [Image Source]
Mata hitamnya adalah bukti jika gadis ini mengalami penderitaan yang luar biasa [Image Source]
Ajaibnya, ketika petugas melakukan evakuasi, mereka mendengar lenguhan suara yang ternyata datang dari seorang gadis kecil. Omayra Sanchez, gadis ini berhasil bertahan dari bencana mengerikan dengan bergantung pada sebatang kayu di sebuah kubangan air. Sayangnya, gadis kecil ini meninggal sebelum sempat ditolong oleh petugas. Matanya yang menghitam itu adalah bukti jika ia mengalami pendarahan dalam yang parah.

3. Putus Asa Sebelum Dieksekusi

Afrika Selatan pernah mengalami konflik besar pada tahun 1994 lalu. Dikenal dengan nama Bophuthatswana, konflik ini mengacu pada diskriminasi ras di sana. Konflik ini pun berakhir dengan dikuasainya daerah Bophuthatswana sebagai rumah dari orang-orang kulit hitam. Pemerintah pun tak tinggal diam dan akhirnya melakukan upaya perlawanan.

Foto ini diambil sebelum salah satu pria yang menyerah itu dibunuh [Image Source]
Foto ini diambil sebelum salah satu pria yang menyerah itu dibunuh [Image Source]
Sayangnya, militer pemerintah berbuat berlebihan dengan menyerang secara frontal setiap melihat orang kulit hitam. Orang-orang yang menempati Bophuthatswana pun tak terima dan akhirnya mereka ganti melakukan balas dendam. Salah satu kelompok dari Bophuthatswana pun berhasil menangkap tiga orang militer dan langsung mengeksekusinya. Foto di atas diambil sebelum salah satu tentara dieksekusi.

4. Belas Kasih Berharap Kehidupan

Konflik antara Muslim dan Hindu di India sudah berlangsung cukup lama, dan pergolakan tersebut adalah yang paling parah dalam sejarah dunia. Selama tiga bulan orang-orang Hindu di Gujarat membantai para Muslim dengan korban yang mencapai sekitar seribu orang. Tak hanya melakukan pembantaian, para oknum tersebut juga membakar sebuah kereta yang diduga isinya adalah orang-orang Muslim.

Qutubuddin memohon ampun agar ia dibiarkan untuk tetap hidup [Image Source]
Qutubuddin memohon ampun agar ia dibiarkan untuk tetap hidup [Image Source]
Tak cukup dengan itu, para oknum juga membakar rumah-rumah warga Muslim dan memanggang mereka yang masih tinggal di dalamnya. Pria pada foto di atas bernama Qutubuddin Ansari. Pria ini menyerah ketika rumahnya dibakar. Dari sorot mata dan sikap tubuhnya, sangat jelas ia mengalami ketakutan yang parah.

5. Dipasung Antara Hidup dan Mati

Pada suatu hari di tahun 1901, kepolisian Paris menerima sepucuk surat yang hanya bertuliskan kata Spinster. Tak jelas apa maksud dari surat ini, namun dari penyelidikan yang dilakukan, surat tersebut akhirnya membawa petugas ke sebuah rumah usang di salah satu sudut Paris. Petugas memeriksa satu persatu ruang dan akhirnya membawa mereka ke sebuah kamar yang pemandangannya sangat mengerikan.

Beginilah rupa Blanche Monnier ketika pertama kali ditemukan oleh petugas [Image Source]
Beginilah rupa Blanche Monnier ketika pertama kali ditemukan oleh petugas [Image Source]
Terlihat seorang wanita yang penampilannya tak karuan tengah dipasung. Foto di atas adalah kondisi terakhir wanita yang ternyata bernama Blanche Monnier sebelum dibawa petugas ke rumah sakit. Darinya didapatkan informasi jika ia dipasung selama hampir 25 tahun oleh sang ibu. Penyebabnya sendiri karena Blanche bersikeras menikah dengan pria yang tak disetujui ibunya.

Baca Juga : 6 Ritual Kematian Dari Berbagai Dunia Yang Hingga Kini Masih Dipercaya

Foto-foto di atas diambil pada momen yang sangat mengerikan, di mana obyek di dalamnya seperti antara hidup atau mati. Mereka memang seperti berada dalam keputusasaan tiada akhir. Foto ini telah menggugah perasaan banyak orang yang melihatnya. Dan perlu diketahui, kisah yang ada dalam foto di atas asli dan tak diragukan kebenarannya.