in

Tak Hanya Marak di Indonesia, Fenomena ‘Ponsel Gaib’ Juga Dialami oleh Negara Ini

Para pencari gadget tanah air sekarang tengah dihebohkan dengan fenomena ponsel gaib. Hal tersebut muncul setelah diadakannya flash sale yang dilakukan secara besar-besaran oleh beberapa tempat belanja online belakangan ini. Tentu hal tersebut membuat para pembeli bingung. Sesuai dengan namanya, ponsel gaib ini mengacu kepada handphone yang sebelumnya ditawarkan namun ternyata tidak ada di pasaran dan stoknya mendadak habis.

Seperti yang sudah diketahui, fenomena ponsel gaib ini mengacu kepada ponsel jenis Asus Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5. Ketika dilakukannya flash sale, hanya dalam hitungan detik saja, ponsel tersebut sudah ludes. Hal ini membuat para pembeli beralibi bahwa barang tidak benar-benar dijual oleh vendor.

Asus Zenfone Max Pro M1 [Sumber gambar]
Seperti dilansir dari kompas.com, atas kejadian ini pengamat gadget, Herry SW dan Lucky Sebastian berpendapat bahwa ada beberapa latar belakang yang membuat timbulnya ‘ponsel gaib’ ini. Di antaranya, hal tersebut merupakan strategi hunger marketing dar perusahaan di mana pembeli dibuat penasaran dengan stok dan waktu yang terbatas. Atau, adanya tindakan kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sehingga mereka akan mengumpulkan barang dalam jumlah banyak untuk kemudian dijual dengan harga yang tidak wajar.

Xiaomi Redmi Note 5 [Sumber gambar]
Untuk menanggapi tren ini, Benjamin, Regional Director of South East Asia Asus juga sudah melayangkan pernyataan maaf. Pihaknya memang menjual ponsel tersebut, hanya permintaan yang tinggi membuat stok yang ada tidak mencukupi kebutuhan konsumen. Sementara Steven Shi, selaku Country Manager Xiaomi Indonesia juga mengungkapkan hal yang sama seperti ucapan Benjamin. Ia merasa sangat terkejut mengingat demand untuk smartphone Xiaomi sangat tinggi dan cepat. Berbagai cara telah dilakukan agar user dari Indonesia mendapat bagian, sayangnya persediaan selalu kosong dan habis dalam hitungan detik.

Fenomena ini ternyata bukan hanya marak di Indonesia saja Sahabat Boombastis, India juga mengalaminya. Sebagai negara yang sama-sama berlabel berkembang, mereka juga dihebohkan dengan fenomena ‘ponsel gaib’ seperti yang diwartakan oleh grid.id melalui laman twitter dan androidcentral.

Apakah kamu juga termasuk yang mengalami hal di atas? Sudah menunggu lama dan ikut flash sale, atau bahkan mendatangi gerainya, tapi yang didapat hanya php karena stok barang yang terbatas. Mungkin memang harus menunggu dan bersabar sedikit lagi, mungkin kamu bisa mengikuti saran para direkturnya untuk pergi ke toko official dan mendapat special pricing di sana.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Pilu Wanita Indonesia yang Tinggal Bersama ISIS: “Kami Ingin Kembali ke Indonesia”

Hiks! Rumah Tangga 4 Artis yang Beristri Dua Ini Seringkali Terhempas Badai