Ada yang bilang kalau masa anak-anak adalah masa paling indah, di mana kita bisa main tanah sambil hujan-hujanan tanpa beban. Nggak cuma main di luaran yang mengasyikkan, diam di rumah juga menyenangkan meski jaman dulu nggak ada yang kenal gadget. Televisi mungkin menjadi hiburan paling kita sayangi kala itu, hiburan yang ditayangkan juga hadir dalam beragam negara, dari kartun Jepang, drama Taiwan, Korea, telenovela dan masih banyak lainnya.

Masa liburan sekolah juga jadi momen paling spesial di mana TV selalu menghadirkan film-film berkualitas demi menghibur kita saat libur. Biasanya sih TV swasta ngandelin Boboho alias Shaolin Popeye, tapi ada juga beberapa film komedi horor yang dulu sering banget diputer. Mungkin kalian masih inget beberapa judul film horor komedi tentang vampir ini.

Mr. Vampire

Film vampir super legend satu ini jadi salah satu yang paling terkenal, termasuk di Indonesia. Film yang terbagi menjadi empat serie ini dulu juga kerap ditayangkan saat masa liburan. Mr. Vampire sendiri menceritakan tentang kekacauan yang terjadi di pemakaman suatu desa.

Mr. Vampire [sumber gambar]
Master Gao yang sudah ahli dalam mengurusi masalah vampir pun bertugas untuk menyelesaikan kekacauan tersebut. Nah, yang bikin lucu tuh, si Master Gao ini punya dua orang murid bodoh yang selalu bersamanya. Bukannya membantu gurunya, dua murid tersebut seringnya malah nyusahin gurunya. Meski demikian, tapi ulah para muridnya inilah yang bikin penonton terbahak-bahak.

Magic Cops

Aktor Lam Ching Ying memang lekat dengan film-film terbema horor dan vampir. Karena sejak filmnya yang berjudul Mr. Vampir yang rilis pertama di tahun 1985 meledak di pasaran, pemeran Master Gao ini kerap ambil peran di berbagai judul film horor komedi bertema vampir lainnya, salah satunya adalah Magic Cops ini.

Magic Cops [sumber gambar]
Film ini sendiri menceritakan seorang polisi yang harus menyelesaikan masalah yang melibatkan seorang penyihir asal Jepang yang bisa mengendalikan mayat atau vampire. Film ini sendiri rilis di tahun 1990, dan Lam Ching Ying berperan sebagai Paman Feng. Gimana? Wajahnya masih teringat di ingatan kalian kan? Kalau masa kecil kalian kerap nonton tv, udah pasti kenal sosok pemeran paman Feng ini. Sayangnya, beliau sudah meninggal di tahun 1997, Gaes. Saat itu beliau masih berusia 45 tahun.

Crazy Safari

Crazy Safari [sumber gambar]
Kalian pernah nonton  “Gods Must Be Crazy” nggak sih? Buat yang pernah nonton dan suka sama film tersebut, kalian sudah pasti bakal suka banget sama Crazy Safari. Pasalnya, film tersebut juga punya alur yang sama. Film yang rilis tahun 1991 ini menceritakan tentang seorang penyihir yang mencuri jenazah vampir kuno asal China. Sejak mayat tersebut dicuri, muncullah masalah dan juga kisah petualangan yang meski pun agak serem tapi tetap bikin ngakak penonton. Oh iya, dalam film ini juga masih mendapuk Lam Ching Ying sebagai pemeran utama loh.

The Musical Vampire

Musical Vampire [sumber gambar]
Kali ini juga masih ngebahas soal film yang dibintangin sama paman Lam Ching Ying, film vampir komedi berjudul The Musical Vampire ini menceritakan tentang seorang ilmuan gila yang membangkitkan dengan bahan kimia. Dan ternyata, ilmuan tersebut benar-benar berhasil membangkitkan mayat tersebut bahkan memiliki kemampuan super saat melompat. Lucunya, satu-satunya hal yang dapat mengontrolnya adalah suara musik. Nah, di sini seorang pendeta dan dua muridnya mencoba untuk menghentikan vampir yang meneror desa.

BACA JUGA: Nostalgia Lam Ching Ying, Pemburu Vampir Legendaris yang Jadi Idola Masa Kecilmu

Itulah empat judul film vampir jaman dulu yang super kocak sekaligus seram. Barangkali dulu kalian kerap nonton beberapa judul ini saat liburan, atau main vampir-vampiran bareng teman semasa kecil.

Tapi sayang di jaman modern ini sepertinya TV swasta nggak lagi tertarik menayangkan hiburan setipe ini di masa liburan. Meski sebenarnya film-film sejenis ini selalu bikin kangen ya.