5 Hal Ini yang Bikin Film Indonesia Susah Maju

oleh Tetalogi
15:15 PM on Aug 24, 2015

Beberapa waktu terakhir ini, banyak dibicarakan di berita tentang film Indonesia yang seperti anak tiri di negara sendiri. Maksudnya adalah film-film lokal tidak terlalu diminati oleh masyarakat bahkan saat baru saja dirilis. Jika dilihat di bioskop, maka film yang diputar memang didominasi oleh film Hollywood.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya pihak bioskop juga merasa dilema juga. Mereka bukan tidak mau menayangkan film lokal. Hanya saja film lokal memang jarang peminatnya sehingga jika diputar terlalu lama tidak akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan bioskop. Selain itu, ada juga beberapa faktor yang bikin film Indonesia tidak diminati dan akhirnya jadi susah maju, seperti berikut ini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Film yang Tidak Original

Salah satu kecenderungan film Indonesia adalah tayangan yang tidak original dan memiliki tema yang sama antara satu film dengan film yang lainnya. Kamu tentu masih ingat bagaimana beberapa waktu lalu Indonesia sempat dibanjiri dengan berbagai film horor yang berbau esek-esek. Akhirnya film-film seperti ini begitu banyak muncul di bioskop. Kemudian saat muncul film romantis yang sempat populer, maka tidak lama bioskop akan kebanjiran film romantis.

Ide film tidak origibal [Image Source]
Ide film tidak original [Image Source]
Tidak salah sih mengikuti trend, karena trend juga menunjukkan minat para penonton ada di film yang seperti apa. Tapi kalau langsung  dibombardir dengan film-film sejenis dalam waktu yang berdekatan, tentu saja penonton jadi cepat bosan. Akhirnya mereka akan memilih film lain yang sedang diputar saat itu.

2. Cerita yang Garing dan Terkadang Dipaksakan

Salah satu alasan mengapa film Indonesia kalah bersaing dengan film Hollywood adalah alur cerita yang terkesan garing dan terkadang dipaksakan. Memang sih tidak semua film Indonesia seperti ini, ada juga beberapa film yang mampu melahirkan alur cerita dan adegan yang menarik.

Adegan yang dipaksakan malah jadi garing [image Source]
Adegan yang dipaksakan malah jadi garing [image Source]
Beberapa hal yang paling sering dikeluhkan adalah alur cerita yang terlalu mudah ditebak. Tentu saja penonton akhirnya jadi tidak tertarik nonton film yang seperti ini. Penonton biasanya menginginkan cerita yang unik dan berbeda. Namun dengan banyaknya film dengan alur cerita sejenis dan cerita yang mudah ditebak, tentu penonton jadi bosan.

3. Image Film Horor Berbumbu Esek-esek yang Masih Melekat di Kepala

Beberapa waktu lalu, Indonesia pernah dibombardir dengan film-film horor. Tapi sayangnya, film horor yang ditayangkan adalah yang berbau esek-esek. Mungkin ini menjadi salah satu usaha untuk menarik perhatian penonton. Tapi sayangnya cara ini justru memberikan kesan buruk bagi para penonton.

Film Horor sering muncul dengna judul yang aneh [Image Source]
Film Horor dengan judul yang aneh dan konsep cerita yang keluar jalur [Image Source]
Gara-gara sempat munculnya film-film ini selama beberapa waktu di Indonesia, akhirnya penonton lokal justru berpikiran bahwa film Indonesia ya begitu-begitu saja. Nah sampai saat ini, kesan tersebut masih melekat di ingatan para penonton.

4. Aktor Film Layar Lebar Selalu yang Itu-Itu Saja

Film Indonesia saat ini seringkali menampilkan artis yang sama dengan yang sudah sering tampil di televisi. Karena terlalu sering menonton wajah yang sama di televisi dan di layar lebar, hal ini juga menjadi satu hal yang membuat penonton cepat bosan.

Ada Apa dengan Cinta Menjadi Film yang Begitu Populer [Image Source]
Ada Apa dengan Cinta Menjadi Film yang Begitu Populer [Image Source]
Film layar lebar seperti Ada Apa Dengan Cinta selalu melekat di hati karena ceritanya yang menarik serta akting para pemainnya yang juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain itu, Dian Sastro dan Nicolas Saputra juga memiliki image bahwa mereka memang benar-benar artis film layar lebar. Hal inilah yang juga membuat para penonton tertarik.

5. Jarak Tayang di Televisi Terlalu Dekat

Seseorang ingin menonton film di bioskop karena penasaran dengan jalan ceritanya. Selain itu, jika film yang akan ditayangkan memang terjamin bagus, maka nonton di layar lebar tentu akan membuat mereka puas. Namun saat nonton film Indonesia, di awal mereka sudah ragu-ragu karena memiliki stigma bahwa film Indonesia itu biasa saja.

jeda ditayangkan di tv

Setelah mendapat stigma bahwa film tersebut biasa saja, jarak tayang di televisi juga terlalu dekat. Akibatnya orang-orang justru memilih untuk menunggu nonton di televisi saja. Karena filmnya tidak terlalu membuat penasaran, maka tidak masalah untuk menunggu selama beberapa waktu sampai film tersebut tayang di televisi.

Nah, itulah tadi beberapa alasan yang membuat seseorang malas nonton film Indonesia di bioskop sehingga film Indonesia jadi susah bersaing. Menurutmu, mengapa film Indonesia kurang begitu diminati?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA