5 Film Ini Ngakunya Berdasar dari Kisah Nyata, Tapi Ternyata Nggak Juga

oleh Tetalogi
14:06 PM on Jan 28, 2016

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata biasanya memang lebih disukai. Pasalnya, cerita dengan latar belakang seperti ini terasa lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Tapi, jangan lantas percaya begitu saja dengan klaim ‘Based on True Story’ atau ‘Berdasarkan Kisah Nyata’. Hal ini karena beberapa pembuat film akan memberikan bumbu-bumbu cerita khusus agar film tersebut menjadi lebih menarik.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Fargo

Film klasik produksi Coen Brothers’ ini menceritakan tentang seorang sales mobil yang gagal menculik istrinya sendiri demi mendapatkan uang tebusan. Sebelum film dimulai, ada sebuah peringatan yang muncul dalam layar bahwa film tersebut berdasarkan kisah nyata dan setiap adegan terjadi di Minnesota tahun 1987.

Fargo [Image Source]
Fargo [Image Source]
Peringatan tersebut juga menyebutkan bahwa nama yang digunakan dalam film adalah samaran karena permintaan dari para korban selamat dan film tersebut diceritakan sesuai dengan kejadiannya. Tapi ternyata, film tersebut sama sekali tidak nyata. Joel Coen menyebutkan bahwa alur cerita film tersebut adalah karangan belaka.

2. A Beautiful Mind

Untuk sebagian besar cerita A Beautiful Mind karya Ron Howard memang menceritakan kisah nyata. Film ini menceritakan kisah ahli matematika dan pemenang penghargaan Nobel, John Nash yang berjuang dengan paranoid schizophrenia nya.

A Beautiful Mind [Image Source]
A Beautiful Mind [Image Source]
John Nash memang memiliki masalah mental tersebut, tapi bentuknya tidak sama dengan apa yang diceritakan di film. Nash hanya mendengar suara-suara di kepalanya, sedangkan di film ia digambarkan tidak hanya mendengar suara, tapi juga memiliki hubungan kuat dengan orang-orang yang tidak benar-benar ada. Pembuat film mengakui bahwa mereka mengubah beberapa ceritanya untuk menggambarkan secara visual kelainan mentalnya.

3. Braveheart

Film ini menceritakan William Wallace, seorang kesatria Skotlandia dari abad ke-13. Ia adalah sosok yang memimpin pasukan Skotlandia melawan Inggris dalam perang kemerdekaan Skotlandia. Kesuksesan film ini membuatnya mendapatkan nominasi untuk 10 Academy Awards dan berhasil membawa pulang satu dalam kategori Best Picture.

Braveheart [Image Source]
Braveheart [Image Source]
Film ini sebenarna juga memiliki banyak perbedaan dengan kisah nyatanya. Yang pertama, dalam filmnya Wallace digambarkan sebagai seorang pria yang terlahir miskin. Namun para sejarawan percaya bahwa Wallace sebenarnya adalah seorang anggota aristokrat Skotlandia. Selain itu, bangsa Skotlandia juga tidak memakai cat biru di wajahnya saat berperang pada masa itu.

4. Titanic

Kapal bernama Titanic memang benar ada, begitu juga dengan kejadian menabrak gunung es dan akhirnya tenggelam. Tapi bagian cerita lain dalam film Titanic buatan Hollywood adalah kisah fiksi. Tidak pernah ada Jack Dawson atau Rose DeWitt Bukater.

Titanic [Image Source]
Titanic [Image Source]
Karakter tersebut hanyalah karangan sutradara James Cameron untuk membawakan ceritanya. Meski begitu, beberapa detail fakta juga masih ditampilkan dalam film yang sukses ini. Misalnya kapten kapal Edward John Smith dan beberapa tokoh kunci berdasarkan orang yang benar-benar ada.

5. The Pursuit of Happyness

Film inspiratif The Pursuit of Happyness menceritakan tentang Chris Gardner, seorang salesman yang berjuang untuk bisa bertahan di tengah kemiskinan dan tanggung jawab membesarkan anaknya sendirian. Film ini berhasil meraih kesuksesan box office dan membuat Will Smith mendapatkan nominasi Academy Award. Meski begitu keakuratan ceritanya tentang kisah Chris Gardner yang sesungguhnya ternyata dipertanyakan.

The Pursuit of Happyness [Image Source]
The Pursuit of Happyness [Image Source]
Meski beberapa cerita yang disampaikan benar, banyak detail yang diubah atau dihilangkan. Misalnya, dalam film, istri Chris digambarkan sebagai wanita yang kasar dan akhirnya meninggalkan suaminya karena kemiskinan. Dalam kisah sesungguhnya, Chris berselingkuh setelah mengetahui istrinya keguguran.

Tidak semua film yang mengklaim ‘berdasarkan kisah nyata’ berarti setiap alur cerita dari awal sampai akhir memang sesuai dengan kenyataan. Ada yang mengubah sebagian fakta agar jalan ceritanya menjadi lebih menarik, atapun demi tujuan tertentu lainnya. Karena itu, ada baiknya setiap film yang ditonton ditelaah terlebih dahulu dan tidak diterima mentah-mentah begitu saja sebagai fakta.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA