in

So Sweet Abis! Kisah Cinta 7 Pasangan di Dunia Nyata Ini Diangkat ke Layar Lebar

Selama ini kita selalu membayangkan betapa indahnya memiliki kisah cinta seperti yang ada di film-film. Segalanya romantis dan sempurna, meski ada konflik, mudah sekali untuk diselesaikan. Tak disangka-sangka, ternyata ada, loh, kisah nyata pasangan yang diangkat menjadi ke layar lebar.

Nampaknya indah banget, ya! Selain itu, film yang diangkat dari kisah mereka itu cukup laku di pasaran. Kalian pasti belum banyak tahu tentang ini. Maka dari itu, dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan membagikan 7 film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata sepasang kekasih dan menjadi relationship goals pada masanya.

1. Dilan 1990, ditambah bumbu-bumbu drama dari para netizen

Mungkin sebagian besar dari Sahabat Boombastis tak tahu bahwa Milea Adnan Husein itu sebenarnya nyata, bukan hanya sekedar imajinasi Pidi Baiq. Bahkan, foto-fotonya pernah tersebar luas di media sosial. Ditambah lagi, banyak netizen percaya bahwa Dilan merupakan Pidi Baiq sendiri.

Sempat, sebelum Pidi Baiq menulis dan menerbitkan novel Dilan, ia berkomunikasi dengan netizen lewat twitter, mendiskusikan bagaimana seharusnya karakter Dilan dibuat. Jadi, banyak bumbu-bumbu drama, deh.

2. 99 Cahaya di Langit Eropa, kisah perjuangan mereka terasa banget hingga ke lubuk hati

Entah kalian sudah menonton film ini atau belum, tetapi 99 Cahaya di Langit Eropa berhasil meraup 22 juta penonton serta pujian dari Presiden SBY. Film ini diadaptasi dari novel tulisan Hanum Rais—putri Amien Rais, dan suaminya, Rangga Almahendra. Kisah mereka dimulai dari kepindahan ke Vienna, Austria karena Rangga harus melanjutkan kuliah doktornya dan mau tak mau Hanum harus ikut.

Pekerjaannya sebagai jurnalis ditinggalkan dan ia pun memulai hidup baru di sana. Tak disangka-sangka, jiwa jurnalisnya berguna juga karena ia dan sang suami, setelah melalui berbagai konflik berhasil untuk menelusuri jejak-jejak Islam di berbagai negara Eropa.

3. Habibie & Ainun, film terbaper sepanjang masa

Siapa yang enggak kenal Habibie? Presiden yang cukup fenomenal karena menjabat setelah Soeharto mundur. Masa jabatannya juga paling singkat di antara pemimpin Indonesia lainnya. Kisah cintanya apalagi, seringkal masyarakat Indonesia bilang definisi cinta sejati adalah Habibie & Ainun.

Kisah Habibe ketika sang istri, Hasri Ainun Besari, meninggal dunia benar-benar membuat dunia memusatkan perhatian kepadanya. Ia benar-benar terpuruk seperti kehilangan separuh jiwanya. Tak ayal jika kisah tersebut akhirnya dibukukan dan diangkat ke layar lebar. Menjadi film terlaris tahun 2012 pula.

4. Teman Tapi Menikah, film yang bikin banyak orang pengin nikah dengan sahabat sendiri

Selain Dilan 1990, film inilah yang membuat hati masyarakat bergejolak. Bukan hanya karena jalan ceritanya, namun drama antar aktornya. Vanesha Prescilla yang telah memiliki image Milea juga harus berperan sebagai Ayudia Bing Slamet di film ini. Sehingga ia menjadi rebutan Iqbaal dan Adipati Dolken versi netizen, deh.

Anyway, film Teman Tapi Menikah ini diambil dari kisah nyata Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion yang dibukukan. Menjadi sahabat sejak SMP membuat keduanya sudah mengenal satu sama lain luar dalam, tetapi baru sadar akan cinta dan rasa nyaman pada usia kritisnya.

5. Galih dan Ratna, jadi relationship goals remaja jadul

Banyak yang tak percaya bahwa film Galih dan Ratna (dulu Gita Cinta dari SMA) terinspirasi dari kisah nyata. Mayoritas masyarakat menyatakan bahwa Galih dan Ratna hanyalah karakter fiksi. Namun, pertentangan kisah cinta remaja oleh para orang tua, karena latar belakang suku dan pendidikan kerap terjadi pada tahun ‘70an, dikutip dari detik.com.

Tak ayal jika Gita Cinta dari SMA menjadi salah satu film romantis yang difavoritkan semua orang dari tahun ‘70an hingga sekarang, hingga dibuat remake-nya. Meski tak selaku film Dilan 1990 atau Teman Tapi Menikah, Galih dan Ratna berhasil membuat remaja millenials cukup baper dengan jalan ceritanya.

6. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, drama paling ikonik sepanjang masa

“Hayati lelah, bang,” pasti kalian familiar dengan dialog tersebut. Dialog yang akhirnya menjadi dagelan masa kini ternyata diambil dari adegan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Hal tersebut merupakan percakapan antara Hayati dan Zainuddin, pemeran utama dalam karya sastra tersebut.

Lagi-lagi, film yang diambil dari novel laris karya Buya Hamka ini merunut pada kejadian nyata. Kapal Van Der Wicjk yang dikisahkan memang benar tenggelam di Laut Jawa, timur laut Semarang pada 21 Oktober 1936, dikutip dari seruni.id. Meskipun berbagai sumber menyatakan bahwa Hayati dan Zainuddin bukanlah seseorang yang nyata, tetapi masyarakat tetap percaya bahwa mereka memang benar ada di dunia.

7. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, perjuangan hidup dan kisah cinta menjadi satu

Merry Riana merupakan saksi bisu atas porak-porandanya Indonesia tahun 1998. Ia dan keluarganya melarikan diri ke Singapura dengan azas “asal selamat.” Di negeri Singa itu pun mereka tak bisa tenang karena kala itu aturan masih cukup ketat dan bagaimanapun caranya mereka harus bertahan hidup.

Kisah perjuangan untuk kuliah dan bertahan hidup di negeri tetangga dibungkus dengan cerita romansa yang memang dialami langsung oleh Merry Riana bersama sang suami, Alva Christopher Tjenderasa dan dituliskan ke dalam sebuah buku. Film ini pun adaptasi dari buku yang cukup laris di Indonesia tahun 2006 itu.

Meskipun kisah para pasangan ini berakhir dengan bahagia, pasti ada saja konflik yang membuat mereka jatuh. Namanya juga kehidupan, kadang berada di atas, kadang juga di bawah, tergantung bagaimana kita menjalaninya. Jika kalian belum menonton 7 film Indonesia di atas, enggak ada salahnya ditonton, loh. Siapa tahu kisah kalian nanti juga bisa diangkat ke layar lebar.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Kiprah Kapten Lukas, Pahlawan Tak Dikenal Indonesia yang Sempat Bikin Belanda Mati Berdiri

Dianggap Bertuah, Beginilah Penampakan Patung Knalpot yang Ikonik di Kota Purbalingga