Duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Salah satu aktris yang melegenda berkat perannya sebagai ‘Mak Lampir’ baru saja berpulang. Diketahui jika Farida meninggal akibat Covid 19. Hal itu dibenarkan oleh sang anak, Gina Sonia. Awalnya, Farida mengeluhkan vertigo dan lambung. Setelah dua kali ke rumah sakit dan dilakukan berbagai tes, ternyata hasilnya positif Covid 19. Almarhumah sempat dirawat intensif di rumah sakit sejak tanggal 13 Januari 2021 lalu, hingga akhirnya meninggal pada hari Sabtu, 16 Januari pukul 19.35 WIB.

Farida Pasha memang sudah jarang terlihat berakting lagi. Terakhir, ia membintangi film berjudul  The Secret: Suster Ngesot Urban Legend di tahun 2018. Di usianya yang tak lagi muda, masih begitu banyak yang menantikan karyanya. Untuk mengenang kembali sosoknya sebagai legenda, berikut ini adalah sinetron dan film yang dibintangi oleh pemeran Mak Lampir selain Misteri Gunung Merapi.

Guna-guna Istri Muda

Guna Guna Istri Muda [sumber gambar]
Para penggemar sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi tentu nggak asing dengan sosok Mak Lampir yang diperankan oleh Farida Pasha. Nenek antagonis yang memiliki tawa sangat khas tersebut memang ikonik. Namun sebenarnya, nama Farida Pasha terkenal jauh sebelum itu. Namanya pertama kali dikenal di tahun 1977, setelah membintangi film berjudul Guna Guna Istri Muda. Dalam film tersebut, Farida memerankan sosok Sandra, istri muda yang dinikahi oleh Aedy Moward. Menjadi pemeran utama dalam film tersebut, akting Farida pun langsung diakui oleh para pecinta film, tak heran jika setelahnya Farida menerima banyak tawaran untuk membintangi film lain.

Ratu Pantai Selatan

Ratu Pantai Selatan [sumber gambar]
Seperti halnya Suzzanna, nama Farida Pasha memang lekat dengan film-film berbau mistis atau horor. Sejak pertama kemunculannya di dunia seni peran, Farida memang membintangi film horor. Pada tahun 1980, almarhumah juga pernah bermain dalam film berjudul Ratu Pantai Selatan. Dalam film tersebut, ia beradu akting dengan Dokter gigi Fadli. Di film itu Farida berperan sebagai Darsi, juragan kapal yang memiliki ilmu hitam dan berambisi untuk memiliki serta menikahi pria yang tak mencintainya.

Gondoruwo

Gondoruwo [sumber gambar]
Tak lama setelah film Ratu Pantai Selatan, rilis pula film bertajuk Gondoruwo yang dimainkan oleh Ratno Timoer yang memerankan sosok suami dari Farida Pasha. Film ini mengisahkan tentang pasangan yang menempati rumah peninggalan Belanda. Ketenangan keluarga di rumah tersebut terus terganggu karena adanya gangguan dari Genderuwo yang terus bergentayangan. Tak hanya itu, rumah tersebut memiliki rahasia harta karun yang disimpan di tempat tersembunyi. Hanya pembantu lama rumah tersebut yang mengetahui tentang rahasia tersebut, namun dia terus menyimpan rahasia itu sendiri karena mengincarnya.

Satria Bergitar

Satria Bergitar [sumber gambar]
Kalau menyebut nama Satria Bergitar, mungkin kalian agak familier dengan judul tersebut ya. Yup, film tersebut memang dibintangi oleh Haji Rhoma Irama yang masih kerap diputar di televisi hingga kini. Dalam film tersebut, Farida Pasha memang hanya jadi pendukung. Karena Rhoma Irama dipasangkan dengan aktris senior Ricca Rachim. Namun tak ada salahnya juga menyaksikan film ini jika kalian ingin mengenang almarhumah, dalam film satu ini, beliau membuktikan jika aktingnya tak hanya berkisar dalam film-film horor saja.

BACA JUGA: Kisah Mak Lampir, Legenda Seorang Putri yang Menjadi Buruk Rupa Demi Lelaki Pujaan Hatinya

Itulah beberapa judul film terkenal yang bisa kalian saksikan untuk mengenang almarhumah. Sebenarnya masih banyak judul lain yang bisa kalian tonton, seperti 40 Hari Bangkitnya Pocong, Mama Minta Pulsa, dan masih banyak judul yang lain.