Siapapun yang hidup di dunia ini, berhak untuk hidup sukses dan berhasil sesuai dengan usaha yang dijalankan. Oleh Tuhan Sang Pencipta, setiap manusia dikaruniai akal dan kemampuan yang bisa dimanfaatkan demi meraih kehidupan yang lebih baik. Semuanya kembali kepada niat dan usaha masing-masing. Salah satunya yang dilakukan oleh siswi SMK bernama Fera Febriyanti.

Gadis belia asal Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur ini, berhasil meraih nilai UNBK tertinggi se-Jawa Timur untuk kategori SMK. Dirinya pun mendapatkan selamat dari para guru usai diumumkan memperoleh skor sebanyak 380 dari total seluruh mata pelajaran yang diujikan. Saat pertama kali diumumkan, Fera sempat tak percaya jika dirinya keluar sebagai peraih nilai tertinggi se-Jawa Timur.

Raih niali tertinggi se-Jawa Timur [sumber gambar]
Setelah diyakinkan oleh pihak sekolah, ia baru mengerti dan langsung bersujud syukur atas pencapaian yang diraihnya. Meski hidup dengan ekonomi pas-pasan, semangat belajar Fera tak pernah pudar sedikit pun. Sang ayah yang berprofesi sebagai penjaga ponten WC Umum, senantiasa memberikan motivasi yang kuat kepada dirinya agar tetap memelihara semangat dalam belajar. Meski demikian, orang tuanya tak memiliki kiat khusus dalam mendidik Fera untuk belajar.

Yang agak membedakan barangkali, saya juga menekankan kepada anak untuk disiplin dengan waktu, menghargai waktu. Saya minta dia memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mendukung pendidikan dan masa depannya,” jelas Carwis, sang ayahanda. Selain mendapatkan motivasi, Fera ternyata mempunyai cara tersendiri hingga akhirnya bisa meraih nilai UNBK SMK tertinggi se-Jawa Timur.

Rajin belajar dan membaca jadi rahasia sukses [sumber gambar]
Saya hanya rutin belajar setiap hari. Tak terkecuali hari libur, saya tetap belajar,” tutur Fera. Karena itu tak heran jika ia terlihat selalu pegang buku pelajaran, meskipun sedang bercengkerama dengan kedua orang tuanya.
Ia hanya bermodalkan tekun dan giat belajar setiap harinya selama dua jam. Fera melakukannya pada saat jam pulang sekolah dan sebelum tidur malam. Tak hanya mengandalkan rutin belajar semata, ia juga diketahui mempunyai hobi membaca yang telah dilakukannya semenjak kecil. Hal itulah yang membantunya meraih prestasi yang gemilang di masa depan.

Sukses menjadi peraih nilai UNBK tertinggi se-Jatim, Fera pun mempersiapkan diri untuk menempuh ke jenjang pendidikan selanjutnya. Diketahui, ia telah resmi diterima oleh sebuah Universitas Negeri di Kota Malang lewat jalur SNMPTN. Ia mengaku ingin mengulang prestasi serupa, namun di level yang lebih tinggi. Fera tak ingin mengecewakan sang ayah yang telah bersusah payah membanting tulang membiayai sekolahnya.

Giat belajar dan tak ingin kecewakan sang ayah [sumber gambar]
Latar belakang ekonomi yang pas-pasan, justru membuat Fera semakin tertantang untuk memacu prestasinya. “Meski orangtua saya hanya bekerja sebagai penjaga ponten, tapi saya tetap bangga. Saya juga berupaya tidak minder, bahkan memacu semangat saya, agar tidak kalah dengan yang lain,” ujarnya. Selamat dan sukses ya Fera.

Dari kisah inspiratif di atas, kesuskesan ternyata bisa diraih oleih siapa saja. Baik kaya maupun miskin, semua mempunyai peluang yang sama. Asal ada kemauan dan usaha keras seperti Fera, bukan tak mungkin sebuah prestasi bisa diukir di masa yang akan datang. Usaha, do’a dan kerja cerdas, adalah inti dari semuanya. Bisa dicoba nih Saboom!