Fenomena Dubsmash yang Begitu Merajalela

oleh Tetalogi
08:00 AM on Aug 4, 2015

Sekarang ini kamu pasti sudah tahu betul dengan apa itu Dubsmash. News feed di akun sosial media milikmu mungkin sudah dipenuhi dengan beberapa klip Dubsmash teman-temanmu atau para selebritis favoritmu. Beberapa di antara kamu bahkan mungkin sudah membuat video Dubsmash-mu sendiri. Tapi sebelum kamu ikut-ikutan tertular mengikuti trend, seberapa tahu sih kamu tentang aplikasi ini?

Baca Juga : 5 Orang Tua dengan Kelakuan Paling Konyol Pada Anaknya

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Dubsmash adalah aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lip-sync pada rekaman suara terkenal yang tersedia di aplikasi tersebut. Pengguna bisa merekam video dubbing mereka, kemudian mempostingnya di berbagai sosial media. Ada berbagai rekaman suara yang tersedia, mulai dari klip potongan show TV populer, lagu-lagu hits, musik, dan bahkan opera.

Aplikasi Dubsmash dibuat oleh sekelompok tim developer di Jerman yaitu Jonas Druppel, Roland Grenke, dan Daniel Taschik. Aplikasi ini diluncurkan pada November 2014 dan sejak itu telah didownload oleh lebih dari 20 juta orang di 192 negara. Di Instagram saja, jumlah total klip dengan hashtag, #dubsmash, sudah mencapai 1,6 juta klip.

Aplikasi Dubsmash [Image Source]
Aplikasi Dubsmash [Image Source]
Tidak cuma orang awam saja, berbagai selebriti lokal hingga internasional juga ikut mengunduh aplikasi ini dan ikut berbagi aksi Dubsmash mereka. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya, apa sih yang membuat aplikasi ini begitu populer?

Salah satu daya tarik Dubsmash adalah kesederhanaannya. Saking sederhana dan gampang dioperasikannya, anak-anak pun bisa ikutan bermain-main dengan Dubsmash dan mempostingnya di sosial media. Namun hal lain yang membuatnya populer adalah karena para selebritis pun ikut andil dalam mempopulerkan aplikasi ini dengan mengunggah aksi dubsmash mereka.

Begitu banyak orang ikut memposting video dubsmash mereka [Image Source]
Begitu banyak orang ikut memposting video dubsmash mereka [Image Source]
Selain itu, Dubsmash juga menunjukkan sisi kelucuan seseorang yang tidak kita duga sebelumnya. Bermain-main dengan ekspresi dan membagikannya pada publik bisa menjadi semacam outlet untuk melepaskan penat dengan bertingkah konyol lewat aplikasi ini. Dubsmash membiarkanmu bertingkah sekonyol atau se-absurd yang kamu mau dan tertawa bersama mereka yang melihat aksimu. Hal-hal sederhana seperti inilah yang membuat aplikasi ini mampu bertahan dengan kepopulerannya.

Baru-baru ini muncul juga aplikasi Dubsmash 2, namun kamu perlu hati-hati dan sebaiknya jangan tergoda untuk mendownloadnya. Aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan Dubsmash, dan justru sebuah aplikasi malware yang bersembunyi di smartphone kamu dan mendorong penggunanya ke situs esek-esek.

Baca Juga : 10 Kejadian Unik dan Aneh Gara-Gara Kecanduan Game

Wah, kepopuleran Dubsmash bahkan sampai membuat orang tidak bertanggung jawab menciptakan malware dengan mengaku-ngaku sebagai Dubsmash 2. Bagaimana denganmu? Sudah membuat cuplikan Dubsmashmu sendiri?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA