in

4 Fasilitas-fasilitas Mewah Negara yang “Dianggurin” oleh Para Pejabat Indonesia

Memang, namanya jadi pejabat atau  anggota dewan adalah impian sebagian orang. Selain bakal dapat gaji banyak pastinya juga dapat jabatan serta status sosial yang terpandang. Terlebih lagi, banyak fasilitas yang akan diberikan negara, mulai mobil, rumah dan lain-lain. Dijamin hidup makmur dan tidak kekurangan.

Namun siapa sangka di balik banyaknya keuntungan jadi pejabat itu, banyak  fasilitas negara yang diberikan pada mereka namun tidak terurus. Mulai dari mobil hingga rumah mewah, keadaannya sangat miris dan tidak terawat. Entah itu memang disengaja atau bukan, yang jelas para pejabat pasti punya alasan tersendiri melakukannya. Lalu apa fasilitas apa saja itu?

Mobil dan bus mewah milik DPR yang kini mulai berkarat

Beberapa waktu yang lalu, sempat beredar sebuah foto di beberapa media mengenai keadaan di belakang gedung parlemen. Ternyata di sana terdapat banyak mobil jenis Xenia dan bus-bus besar yang berjejer. Usut punya usut, kalau dilihat dari platnya, kendaraan-kendaraan itu adalah milik negara yang memang diperuntukkan untuk para  anggota dewan.

Mobil dinas DPR

Namun yang jadi perhatian adalah kondisi kendaraan yang terlihat sangat miris dengan karat yang ada di sana-sini. Masih tidak diketahui sejak kapan mobil-mobil dinas itu nangkring di sana. Sampai saat ini masih belum ada kejelasan apakah kendaraan itu dibiarkan seperti itu atau tidak pasalnya pihak DPR masih belum membeberkan info lengkapnya, siapa tahu memang dibiarkan begitu karena mau cari pembelinya kan?

Rumah-rumah dinas yang lebih banyak ditempati staf ahli

Tentu untuk beberapa jabatan tinggi di dinas pemerintahan, pastinya bakal mendapatkan rumah dinas untuk mempermudah mereka, terutama yang dari luar kota. Namun siapa sangka, kadang beberapa pejabat memilih untuk tidak menggunakannya, lantaran satu dan beberapa hal. Misalnya rumah dinas DPR di Kalibata, yang kebanyakan diisi oleh staf ahli mereka.

rumah dinas [image source]
Bukan karena apa, namun lantaran memang kebanyakan anggota dewan memang sudah punya rumah sendiri di Jakarta. Meskipun demikian, ternyata DPR sempat mengajukan anggaran untuk dibuat apartemen khusus, ya mungkin pertimbangannya karena lebih dekat dengan gedung parlemen, ya entah lah.

Parkiran senilai 3 M yang sempat kosong tak berpenghuni

Tepatnya pada 2012 lalu, sempat viral mengenai tempat parkir baru milik DPR yang ternyata tidak digunakan. Padahal jika ditengok, waktu itu parkir yang dibuat sudah memenuhi kelayakan yang ada. Apalagi mengingat untuk membangunnya, dikucurkan dana tidak sembarangan, sebesar 3 M.

Parkiran pejabat [image source]
Ada beberapa pertimbangan dari pejabat setempat mengapa tidak menggunakan lahan tersebut, mulai dari letak yang tidak strategis, hingga fasilitas yang dirasa kurang. Namun beruntung, berangsur-angsur mulai banyak para pejabat yang juga menggunakan parkiran ini sehingga sesuai guna dengan yang telah direncanakan.

Gedung-gedung yang sudah “candi” lantaran karena jarang dipakai

Ternyata meskipun beberapa gedung memang disiapkan oleh pemerintah untuk kegiatan para pejabat, masih banyak di antaranya yang jarang terpakai. Semisal gedung DPRD kabupaten Siak yang dulunya sempat jadi “Candi” karena jarang disambangi. Begitu pula yang ada di Cirebon, di mana gedungnya juga sempat jadi tempat singgah semata.

Gedung DPRD kota serang [image source]
Padahal rata-rata bangunan-bangunan tersebut dibuat dengan memakan dana ratusan hingga miliaran rupiah, namun karena beberapa alasan, misalnya sengketa letak gedung  dan lain-lain. Alhasil banyak yang tidak dipakai. Namun beruntung, kini beberapa gedung itu sudah dihuni dan keadaannya jadi lebih hidup.

Meskipun mungkin terkesan dianggurkan, namun tentu ada beberapa alasan sehingga terjadi seperti itu. Entah itu masalah sengketa lahan dan lain-lain, jadi belum tentu dilakukan dengan sengaja. Dengan adanya berbagai fasilitas, kita berharap saja agar para pejabat serta wakil rakyat ini kinerjanya jadi makin baik.

 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?

Inilah 6 Barang Milik Presiden Jokowi yang Bikin Netizen Gagal Fokus