Tingkah Menteri Susi sepertinya tidak akan pernah habis untuk diceritakan. Semenjak dirinya dilantik sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, selalu ada saja yang menarik perhatian. Baik dari kehidupannya, gayanya yang nyentrik dan tak ketinggalan kebijakan-kebijakannya yang cukup ‘gila’.

Nah, meskipun dianggap banyak orang kebijakan menteri satu ini sangat sadis bin keterlaluan, tapi ia tetap santuy tuh. Menteri Susi hanya ingin memajukan kelautan Indonesia dengan caranya sendiri. Dan itu ternyata bikin orang-orang hebat menjadi ‘fans dadakan’ menteri berambut ikal tersebut. Bahkan, fansnya enggak hanya di Indonesia, orang hebat tersebut juga ada yang dari kelas internasional lho.

Leonardo DiCaprio memuji penenggelaman kapal ilegal dari Menteri Susi

Kabar yang lagi hits akhir-akhir ini adalah Menteri Susi mendapat pujian dari Leonardo DiCaprio. Pemeran Jack dalam Film Titanic ini mengungkapkan kekagumannya terhadap Ibu Susi melalui akun media sosialnya.

Leonardo DiCaprio memuji Ibu Susi [Sumber Gambar]
Dalam videonya, aktor peraih Piala Oscar itu mengatakan bahwa “menenggelamkan kapal ala Menteri Susi memberikan contoh untuk mengupayakan era baru transparansi pengelolaan perikanan dengan menciptakan sistem pantauan kapal perikanan menggunakan satelit yang bisa diakses dari platform Global Fishing Watch.” Wah, keren nih Bu Susi dapat pujian dari aktor ternama kelas internasional.

Dubes Inggris memberikan selamat atas kebijakannya yang luar biasa

Di awal tahun 2019 lalu, Ibu Susi juga mendapatkan pujian sekaligus selamat dari Duta Besar Inggris yaitu Moazzam Malik. Ini berkat Ini berkat sertifikasi standar emas yang diraih perusahaan perikanan nasional dari Inggris. PT Citra Raja Ampat Canning (Crac) mendapat sertifikasi dari Marine Stewardship Council (Dewan Penjaga Kelautan, MSC) asal London, Inggris. Peluang ekspor perseroan pun disebut akan semakin kuat di Eropa.

Dubes Inggris yang kagum dengan Ibu Susi [Sumber Gambar]
Karena tidak bisa bertemu secara langsung, Moazzam mencuitkan ucapan selamat di akun twitter pribadinya. “Selamat Ibu Susi Pudjiastuti – kepemimpinan Anda meraih hasil nyata dalam sustainability (keberlanjutan), lingkungan, dan komunitas perikanan Indonesia,”

Menteri Perikanan Norwegia yang kagum dengan keberhasilan Menteri Susi

Tak disangka, Ibu Susi Pudjiastuti ini juga dikagumi oleh sesama menteri perikanan dari luar negeri. Adalah Harald Nesvik yang merupakan Menteri Perikanan dari Norwegia. Di Bulan Oktober 2018 silam, Harald berkeinginan untuk bertemu dengan sang menteri gigih satu ini. Sebab, dirinya sudah kagum dengan sepak terjangnya selama menjabat menjadi Menteri Perikanan.

Harald Nesvik yang juga kagum dengan Ibu Susi [Sumber Gambar]
Maka dari itu, mumpung ada kesempatan acara Our Ocean Conference yang diadakan di Bali pada tanggal 29-30 Oktober 2018, dirinya akan menyapa menteri yang suka bergaya nyentrik tersebut. Dan ia juga ingin berdiskusi banyak seputar bidang perikanan dan kelautan.

Rizal Ramli yang memuji ketegasan dari Menteri Susi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli juga memuji langkah tegas dari Ibu Susi. Di mana, menteri yang selalu berpenampilan apa adanya ini berani menenggelamkan kapal milik pelaku Illegal Fishing. Menurut Rizal Ramli, pada saat itu, Ibu Susi sudah menenggelamkan sekitar 174 kapal. Ia menilai, meski langkah ini menuai kontroversi, tetapi manfaatnya sangat jelas.

Rizal Ramli yang puji ketegasan Ibu Susi [Sumber Gambar]
Ia mengungkapkan, sebelumnya banyak kapal asing yang dibekingi orang-orang kuat di Indonesia untuk mencuri ikan di Indonesia, dan telah merugikan negara hingga puluhan miliar dollar. ‘‘Tetapi setelah Ibu Susi jadi Menteri, dia dengan ketetapan hati gak peduli bekingnya siapa. Dia tangkap, tenggelamkan dengan bantuan dari teman-teman Angkatan Laut, Polisi dan Kejaksaan,” ujar Rizal.

BACA JUGA : 5 Kelakuan Greget dan Nyeleneh Menteri Susi Pujiastuti yang Bikin Orang Indonesia Bangga Setengah Mati

Itulah sekelumit fans dari Menteri Susi yang kebijakannya ternyata banyak dikagumi oleh orang-orang ternama. Ya jelas saja, ia ingin menyelamatkan perairan dan juga hasil bumi dari Indonesia dengan cara yang tak biasa. Adakah di antara kalian yang juga nge-fans dengan Ibu Susi? Ayo, tunjuk tangan..