in

Wan Gocap, Sosok Dermawan Misterius yang Tak Pernah Absen Memberi Uang Pengemis di Jakarta

Kebanyakan orang akan berpendapat bahwa tak perlu memberi uang kepada apar pengemis. Alasannya bermacam-macam, ada yang beranggapan bahwa mereka hanya malas dan tak mau bekerja, uangnya disetorkan kepada para bos, atau semakin dermawan seseorang maka pengemis akan semakin ngelunjak.

Berbeda dengan pendapat tersebut, bersedekah kepada para pengemis malah menjadi hal wajib untuk lelaki yang dikenal dengan nama Wan Gocap ini. Sosok tersebut menjadi orang paling ditunggu oleh para peminta-minta karena kedermawanannya. Siapakah sebenarnya Wan Gocap ini? Mari simak dalam uraian berikut.

Sosok misterius yang tidak diketahui hingga kini

Mr Money dan Wan Gocap [Sumber gambar]
Kamu mungkin pernah mendengar Mr. Money dalam program uang kaget bukan? Wan Gocap mungkin bisa dikatakan hampir sama seperti itu. Ia tak pernah absen membagikan uang kepada para pengemis di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Meski dikenal murah hati dan suka bagi-bagi duit, para pengemis yang menerima uang tidaklah tau siapa ia sebenarnya. Mereka bilang jika sosok tersebut masih muda, mereka memanggilnya dengan nama Pak Haji atau Wan Gocap.

Datang setiap tengah malam

Menanti Wan Gocap [Sumber gambar]
Ada yang unik dari kedatangannya, ia tak pernah menampakkan diri di siang hari. Wan Gocap selalu datang tepat pukul 00.00- 02.00 tengah malam. Kebiasaan tersebut memang sudah dikenal oleh semua para tunawisma. Para pengemis akan berbaris sepanjang trotoar pinggir jalan untuk mengantre pemberian uang. Wan Gocap biasanya memberi mereka 50 ribu rupiah setiap orang. Jumlah ini tentunya terbilang banyak untuk seseorang yang pekerjaannya mengemis dan meminta-minta.

Harus tertib saat menerima uang

Mengantri untuk mendapat uang [Sumber gambar]
Menurut salah satu pengemis yang setia menunggu pria dermawan tersebut, Wan Gocap biasanya datang bersama asistennya. Saat mobilnya sudah merapat ke trotoar, maka mereka akan mengantre dengan tertib dan rapih. Misalkan ada warga atau pedagang yang ikut dalam antrean, maka mereka juga akan dapat bagian. Wan Gocap baru akan pergi saat uangnya habis. Namun, dalam beberapa kesempatan Wan Gocap hanya melihat dari dalam mobil, sementara yang membagikan uang adalah asistennya.

Menjadi sosok paling ditunggu para pengemis

Wan Gocap memberi uang melalui asistennya [Sumber gambar]
Bak malaikat penolong, nama Wan Gocap tersebar dari mulut ke mulut dan terkenal, apalagi di kalangan para pengemis. Kedatangannya menjadi sangat ditunggu di Tanah Abang. Para pemulung, pengemis, tunawisma dari berbagai tempat yang terbilang cukup jauh bahkan rela bermalam menanti pria ini. Mereka juga ikut mengajak anak-anaknya agar pendapatan semakin banyak. Maka dipastikan, Jalan KH Mas Mansyur akan sesak manusia setiap menjelang malam sampai dini hari.

Itulah Wan Gocap, meski tak pernah diketahui siapa dia tapi pria tersebut tak pernah absen datang dan membagi uangnya kepada orang lain alias bersedekah secara misterius. Mungkin inilah yang dikatakan’saat tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlu tau’. Tapi, Saboom semua memang harus tau, semua hal yang kita berikan untuk orang lain, hasil kebaikannya kelak akan kembali kepada kita juga.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Sederhana dan Sopan Santun, Kisah Jenderal yang Disingkirkan Soeharto Ini Bikin Ngelus Dada

Greget Level Dewa, Gara-gara Motor Ditilang Bocah SMP Ini Nggak Takut Kempesi Ban Mobil Polisi