Pamor dangdut di Indonesia memang tidak akan terkalahkan dengan pop, rock, ataupun k-pop yang juga banyak memiliki pendengar. Bagaimana tidak? Dangdut is the music of my country, guys! Jelas saja warga Indonesia lebih memilih genre yang berasal dari kampung halamannya sendiri.

Suara penyanyi yang enak didengar serta iramanya yang selalu membuat kita bergoyang, berhasil membuat dangdut sebagai pemersatu bangsa. Apalagi dengan datangnya bintang-bintang dangdut seperti Via Vallen. Meski masih ada beberapa nama seperti Ayu Ting Ting, Nella Karisma, serta Zaskia Gotik. Tampaknya penyanyi dangdut satu ini sedang berada di puncak ketenarannya. Mari kenal Via Vallen lebih dekat lewat fakta-faktanya di bawah ini.

Meniti Karir Sejak Kecil

Perempuan asal Sidoarjo, Jawa Timur ini telah terjun ke dunia tarik suara sejak kelas 5 SD. Ia banyak mengikuti kompetisi menyanyi di daerah tempat tinggalnya kala itu. Tidak mengagetkan jika sekarang ia telah menjadi bintang besar dan berhasil menyabet beberapa penghargaan dangdut.

Karir Via Vallen [image source]
Selain itu, ternyata pelatih atau mentornya merupakan orang terdekatnya sendiri. Beliau adalah ayah dari Via yang juga merupakan musisi dangdut. Wah, ternyata Via berasal dari sebuah keluarga pedangdut ya. Gimana jadinya kalau Via dan sang ayah berkolaborasi? Kalian setuju?

Penampilan yang  Sederhana

Pedangdut yang memiliki nama asli Maulidia Octavia ini tidak seperti kebanyakan penyanyi dangdut lainnya. Mereka biasanya berdandan wow  dan cetar ala Syahrini dengan gaun-gaun yang menonjolkan beberapa bagian tubuhnya. Via lebih suka dandanan yang praktis dan ringan sehingga wajahnya yang cantik masih tetap terlihat natural.

Sehari-hari dan Manggung [image source]
Ia pun sudah meninggalkan fashion lama yang ‘buka-bukaan’ sebagai imej seorang penyanyi dangdut. Ia lebih show off dengan gaun yang tertutup serta gaya ala-ala K-pop, sehingga penampilannya terlihat lebih segar.

Menyabet Banyak Penghargaan

Kemunculannya dengan lagu yang langsung melejit berjudul ‘Sayang’ ini bisa dibilang masih baru. Mungkin Via baru dikenal publik seluruh tanah air di awal tahun 2015. Beda dengan para dangdut lovers Jawa Timur yang mungkin sudah berkali-kali melihat sosoknya.

Borong Penghargaan [image source]
Melihat ia yang masih newbie di panggung dangdut tanah air, prestasinya patut sekali dihujani pujian. Pasalnya dalam ajang penghargaan Indonesia Dangdut Awards tahun kemarin hingga tahun ini, Via mendapat penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Solo Terpopuler mengalahkan Ayu Ting Ting!

Tarif yang Nggak Murah Sekali Manggung

Dengan prestasi yang sederet, wajar saja jika tarif manggungnya pun sekarang bisa terbilang lumayan mahal. Dilansir dari planet.merdeka.com biaya sekali manggung Via Vallen dipatok dengan nominal Rp. 60.000.000. Biasanya satu kali manggung ia bisa membawakan 6 sampai 7 lagu.

Meski mematok tarif segitu, penyanyi dangdut yang dibilang mirip Isyana Sarasvati ini tidak pernah sepi job. Publik pun telah mengenal performa dan prestasinya sehingga tidak ragu jika akan mengundang Via Vallen sebagai bintang tamu dalam acaranya.

Dilirik oleh Sutradara ‘Despacito’ Milik Justin Bieber

Sutradara video klip lagu paling sering diputar sepanjang tahun 2017, Despacito, ini diketahui pernah bertandang ke tanah air. Hal tersebut dikarenakan dirinya sedang terlibat projek iklan bersama salah satu aktor kondang Abimana Aryasatya yang memerankan Dono di film Warkop DKI Reborn.

Via dan Carlos Perez [image source]
Awal mula ia mengetahui Via Vallen adalah ketika pada sebuah wawancara, seorang jurnalis meneriakkan nama “Via Vallen” ketika Carlos Perez sang sutradara bertanya lagu apa yang sedang hits di Indonesia. Responnya sungguh luar biasa, “tulis namanya. Tulis judul lagunya bersama namanya. Aku akan mencari tahu tentangnya,” wiiiiiiih bikin merinding disko nih.

Memiliki Fans Paling Setia

Beberapa musisi memang selalu memiliki fans yang setia mendukung idolanya ketika suka dan duka. Sama seperti Via Vallen yang selalu memiliki pasukan pendukung bernama Vianisti. Rata-rata mereka yang tergabung dalam Vianisti merupakan para pria, namun tidak sedikit pula wanitanya.

Kebanyakan para Vianisti memang manusia-manusia dari Jawa Timur. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan ketenarannya sekarang, Vianisti akan membuka berbagai cabang di setiap kota.

Nah, setelah melihat keenam fakta di atas, adakah dari netizen sekalian yang berminat menjadi Vianisti? Jika malas mendaftar secara resmi, kalian juga bisa hanya modal tekad yang kuat kok. Tinggal mendukung Via Vallen dalam suka dan dukanya dari lubuk hati yang paling dalam.