Kita mungkin sudah akrab dengan  kehebatan pasukan khusus seperti SEAL, SWAT bahkan Kopassus. Sudah banyak misi besar yang mereka selesaikan dan tentunya juga bikin bangga nama negaranya. Oleh sebab itu banyak tentara negara lain yang ingin berguru pada mereka.

Artikel Lainnya
Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas
Sangat Ampuh! Inilah 5 Trik Mujarab untuk Hilangkan Karat yang Menempel Pada Knalpot

Bicara soal pasukan khusus, sejatinya Korut juga punya unit sendiri yang memiliki kemampuan tempur lebih ketimbang yang lain. Ya, dialah Unit 525 pasukan pembunuh kesayangan Kim Jong Un yang jarang didengar dunia namun prestasi menjanjikan. Lalu seberapa hebat pasukan Korut ini? Simak ulasan berikut.

Pasukan darat paling diandalkan oleh sang pemimpin agung Kim Jong Un

Kita mungkin sudah kenal dengan kehebatan militer dari negeri ginseng merah ini. Ya, meskipun jumlah tentaranya masuk dalam kategori lumayan (lebih tinggi Indonesia), namun persenjataan, pelatihan dan semangat membela negara dari para prajuritnya tidak boleh diremehkan.

Kesayangan Kim Jong Un [sumber gambar]
Tetapi siapa sangka kalau Kim Jong Un punya salah satu senjata rahasia yang tak kalah berbahaya dengan senjata nuklir, dialah unit 525 pasukan tempur andalan Korea Utara. Bahkan saking bangganya Kim Jong Un dengan pasukan yang satu ini, sampai-sampai dia menyebutnya sebagai unit tentara darat yang paling bisa diandalkan oleh Korea Utara.

Unit 525 adalah hasil akhir dari beberapa percobaan yang gagal

Kebanggaan Kim Jong Un atas satuan pasukan ini bukan tanpa alasan. Ya, pasalnya semasa pemerintahan mendiang ayah dan kakeknya pun juga ada pasukan yang serupa. Namun sayangnya pada masa itu cikal bakal satuan 525,(unit 124), mengalami kegagalan dalam misinya melakukan asasinasi terhadap salah satu petinggi musuh bebuyutannya, Korea Selatan.

Latihan Unit 525 [sumber gambar]
Namun demikian meskipun telah gagal namun hasil luar biasa bisa ditorehkan. Bayangkan saja, dengan hanya beranggotakan 31 orang, unit 124 ini bisa bikin para pejabat Korsel di istana biru kewalahan lantaran bisa masuk sampai sana.

Bukan pasukan sembarangan, tujuan mereka adalah pembunuhan

Seperti yang diketahui, sejak gagalnya unit 124 kini pasukan khusus itu telah mengalami beberapa pembaharuan. Mulai dari segi latihannya hingga strategi-strategi yang akan diterapkan. Hingga akhirnya Kim Jong Un sendiri membentuk satuan baru  ini dengan pengawasan yang sangat ketat.

Fokus pada Asasinasi [sumber gambar]
Usut punya usut, tujuan utama dari pasukan yang jarang tampil di depan umum ini tiada lain adalah melakukan asasinasi pada “musuh” dari Korut yang ada di istana biru Korea Selatan. Oleh sebab itu mereka dibekali kemampuan khusus yang didapat dari latihan berat tahunan. Bisa dibilang kalau Kim Jong Un mendirikan unit 525 untuk menyelesaikan misi yang tak dapat dilakukan pendahulunya.

Bukan sembarangan, latihan yang dilakukan lebih berat ketimbang tentara biasa

Layaknya pasukan khusus, tentu latihan yang mereka dapat lebih berat dari prajurit biasa. Oleh sebab itu umumnya anggotanya sekitar puluhan orang saja. Itu bukan hal yang aneh mengingat hanya yang terbaik dari yang terbaiklah yang akan diangkat jadi anggota unit 525. Kim Jong Un sepertinya serius dalam menjalankan aksi asasinasi pejabat Korsel jika memang harus dibutuhkan.

Latihan di replika istana biru [sumber gambar]
Buktinya dalam latihannya unit 525 saja, sang pemimpin agung membangunkan replika istana biru Korea Selatan agar lebih mudah untuk pasukannya dalam menjalankan aksinya. Namanya saja pasukan pembunuh kesayangan Kim Jong Un, wajar dong kalau diberikan fasilitas berbeda.

Melihat kualitas Unit 525, Korean People’s Army  (KPA) ini tentu menyadarkan dunia kalau tentara Korut juga punya pasukan elit berbahaya. Pendahulunya saja berhasil masuk sampai istana musuh, apalagi generasi yang sekarang bakal lebih edan tentunya. Siapa tahu pasukan kesayangan Kim Jong Un ini bisa bersaing dengan SEAL dan elit khusus lainnya.