in

Mengenal Vespa Affinis, Tawon Ganas dengan Sengatan yang Mampu Mencabut Nyawa Manusia

Keberadaan hewan seperti tawon memang kerap digambarkan sebagai serangga yang kerap mengganggu manusia. Namun jangan salah, ada pula dari jenis mereka yang justru sangat membahayakan dan membuat nyawa melayang. Salah satunya seperti yang terjadi Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari news.detik.com, tawon bernama latin vespa affinis atau biasa disebut sebagai tawon endhas (Bahasa Jawa: kepala) tersebut, membuat dua orang tewas akibat sengatannya. Diketahui, serangga jenis ini termasuk berbahaya karena memiliki kemampuan membunuh manusia dalam waktu singkat. Lantas, seperti apa bentuknya?

Ciri-ciri tawon yang harus diketahui masyarakat umum

Ciri-cira tawon vespa affinis [sumber gambar]
Sosok tawon vespa affinis bisa diketahui lewat ciri-cirinya yang khas. Dilansir dari sains.kompas.com, Warna tawon ini didominasi hitam dengan gelang warna kuning atau oranye di bagian perutnya. Yang perlu dicermati, serangga satu ini bukanlah tawon yang bisa menghasilkan madu.

Jenis tawon predator yang memangsa hewan lainnya

Tawon mematikan yang memangsa serangga lainnya [sumber gambar]

Selian habitat hidupnya di kawasan yang rimbun, tawon vespa affinis juga merupakan sosok pemangsa hewan lainnya, seperti serangga kecil yang biasa terbang di antara tanaman. Menurut pakar ilmu serangga LIPI Hari Nugroho mengatakan, tawon jenis ini juga memilik sifat sebagai pemakan bangkai.

Dikenal sangat berbahaya ketika menyerang secara berkelompok

Tawon vespa affinis berkoloni dengan kelompoknnya [sumber gambar]
Keberadaan tawon vespa affinis menjadi sangat berbahaya saat mereka menyerang targetnya secara berkelompok. Selain menggunakan sengatan beracun, tubunya mampu mengeluarkan feromon atau senyawa yang dapat memicu tawon lain ikut menyerang. Simpelnya, serangga ini mempunyai kemampuan memanggil kawanannya untuk melakukan serangan bersama-sama.

Sengatan mengandung racun yang mematikan jika tak segera ditangani

Memiliki sengatan beracun yang mematikan [sumber gambar]
Sengatan dari sebuah tawon vespa affinis mungkin tak begitu berbahaya. Namun lain hal jika diserang secara beramai-ramai. Racun sengatan yang dimilikinya, merusak organ tubuh seperti edema paru akut dan gagal ginjal dalam hitungan hari jika tak segera ditangani. “Apabila sengatan cukup banyak dan orangnya sensitif atau alergi dengan racun (venom) sengat, tidak akan lama bertahan hidup,” kata Peneliti biologi LIPI Rosichon Ubaidillah yang dikutip dari sains.kompas.com.

Kasus sengatan tawon vespa affinis yang menyebakan kematian

Sosialisasi pengananan tawon vespa affinis oleh petugas khusus [sumber gambar]
Sebelumnya, baru-baru ini diberitakan dua orang warga di Klaten, Jawa Tengah, meninggal dunia karena sengatan tawon ndas (vespa affinis). Bahkan dalam waktu dua tahun terakhir, sebanyak tujuh orang meninggal dunia akibat sengatan di wilayah yang sama.

BACA JUGA: 5 Cara Ampuh Selamatkan Nyawamu dari Tawon, Serdadu Penyengat yang Bisa Hilangkan Nyawa

Meski bertubuh kecil, keberadaan tawon jenis ini jelas sangat berbahaya bagi manusia. Terlebih jika mereka menyerang korbannya dalam jumlah besar (berkelompok), racun pada sengatan yang dilepaskan bisa menyebabkan kematian jika tak segera ditangani. Wah, ngeri juga ya. Kamu pernah ketemu sama tawon ini gak Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Mengenal QNet, Bisnis Penipuan Berkedok MLM yang Sukses Dibongkar oleh Polisi

Pecahkan Rekor Dunia Lari 100 M, Inilah sosok Karisma Evi Tiarani yang Harumkan Tanah Air