7 Fakta Tardigrade, Hewan Paling Tangguh di Muka Bumi yang Bikin Dinosaurus Gak Ada Apa-Apanya!

Siapa bisa mengira jika hewan yang namanya jarang terdengar ini menyandang predikat hewan paling tangguh?

oleh Faisal Bosnia Ahmad
10:00 AM on May 13, 2017

Apa kamu tahu, hewan apa yang paling tangguh dan paling kuat di muka bumi ini? Mungkin secara spontan kamu akan menjawab singa, serigala, hiu, atau mungkin dinosaurus. Tapi maaf, jawaban kamu kurang tepat. Usut punya usut, ternyata hewan paling tangguh di dunia adalah … (tarik napas dalam-dalam agar kamu tak terkejut) Tardigrade!

Meski sudah diingatkan, kamu mungkin akan tetap terkejut. Terkejut karena sekonyong-konyong nama ini yang muncul, padahal kamu tak pernah mendengar namanya dan tahu menahu hewan macam apa ini. Wajar saja, makhluk ini memang jarang disebutkan di bangku sekolah. Keberadaannya juga nyaris tak kasat mata. Perlu bantuan mikroskop untuk melihatnya. Namun, percaya atau tidak, hewan ini punya segudang ketangguhan dan daya tahan yang jauh lebih dahsyat ketimbang hewah-hewan buas yang kami sebut di atas.

Baca Juga
5 Fakta Misterius Hutan Kalimantan yang Bikin Orang Tak Berani Menjelajah Meskipun Sangat Indah
4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya

1. Makhluk ini punya ukuran yang sangat kecil

Tardigrade [Image Source].
Tardigrade adalah hewan mikro dengan tubuh yang tersegmentasi. Rerata panjang tubuhnya hanya 0,5 mm dan maksimum hanya mencapai 1,5 mm. Sejatinya mereka adalah hewan yang hidup di air, dan bisa ditemukan di tempat ekstrem seperti antartika hingga laut dalam. Namun, mereka juga ternyata pernah ditemukan di dataran tinggi seperti pegunungan Himalaya.

2. Makhluk mikro dengan penampakkan menyeramkan

Tardigrade [Image Source].
Meski berukuran sangat kecil, namun jika diamati baik-baik hewan ini punya tampang yang menyeramkan. Terutama di bagian wajahnya dengan nyaris seluruh permukaannya dipenuhi mulut bundar bergigi tajam layaknya monster fiksi. Hewan ini biasa mengonsumsi bakteri atau organisme kecil lainnya. Bersyukurlah hewan ini punya ukuran tubuh yang sangat kecil. Jika tidak, mungkin Hollywood tak perlu repot-repot merekaya monster menyeramkan di film-film mereka.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1773

Tardigrade [Image Source].
Makhluk ini pertama kali ditemukan pada tahun 2773 oleh seorang Pastur Jerman bernama Johan August Ephraim Goeze. Tiga tahun kemudian, hewan ini memperoleh nama tardigrade seperti yang kita kenal sekarang oleh seorang ahli biologi asal Italia, Lazzaro Spallanzani.

Mereka tua, maksud kami, sangat, sangat tua

Tardigrade [Image Source].
Bukan ratusan atau ribuan, namun para ilmuwan memperkirakan kalau mereka telah eksis di muka bumi sejak 530 juta tahun yang lalu! Sebagai perbandingan, dinosaurus pertama saja baru muncul 230 juta tahun silam. Sehingga, mau tak mau gerombolan reptil raksasa tersebut harus memberi hormat pada senior kecil ini.

Mereka dapat bertahan lama di luar angkasa

Tardigrade [Image Source].
Yup, tanpa kostum antariksa, tentu saja. Sebagai perbandingan, bila manusia berada di angkasa, kita hanya akan bertahan beberapa menit saja, sebelum akhirnya kehabisan napas atau mengalami penderitaan mengerikan lainnya. Tapi tardigrade? Hewan ini mampu bertahan hingga 10 hari. Oh iya, soal sinar radiasi, mereka juga mampu bertahan hingga 100 kali lipat dari angka paparan radiasi UV yang mampu kita terima.

Kecil-kecil cabe jalapeno

Tardigrade [Image Source].
Makhluk yang sangat kecil ini dapat bertahan hidup dalam suhu yang sangat ekstrem. Tardigrade dapat bertahan dari suhu panas hingga 151 derajat celcius dan dapat bertahan beberapa menit. Sedangkan, untuk suhu yang dingin, mereka dapat bertahan hingga beberapa hari dari suhu yang mencapai minus 200 derajat celcius!

Bisa “puasa” hingga 10 tahun

Tardigrade [Image Source].
Setelah diteliti lebih jauh, para ilmuwan semakin takjub dengan hewan mungil ini. Tak hanya urusan temperatur, ternyata hewan ini dapat hidup hingga satu dekade tanpa makan dan minum.

Itulah tujuh fakta menarik, unik, dan mengagumkan dari hewan mungil bernama tardigrade. Konon, semua kapabilitas “dewa” tersebut berasal dari kemampuan mereka untuk memulihkan semua aktivitas metabolisme mereka secara utuh, bernama kryptobiosis. Setelah mengetahuinya, kamu pasti mengangguk setuju kalau hewan ini jauh lebih tangguh daripada singa, hiu, atau dinosaurus, kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA