5 Fakta ini Jadi Bukti Kalau Maya Adalah Suku Kuno Paling Cerdas di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 26, 2016

Sudah ada sejak zaman batu membuat kita pasti beranggapan suku Maya terbelakang dalam hal apa pun. Peradaban, teknologi dan sebagainya. Padahal fakta yang ada tidak demikian. Ya, meskipun mereka bisa dibilang kuno, tapi dalam segala hal ternyata mereka luar biasa. Ada banyak pencapaian gila yang mereka lakukan, bahkan mungkin kita pun tak bisa menyamai mereka.

Suku Maya adalah salah satu bangsa paling cerdas di masanya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyak hal. Mulai soal kehandalan mereka dalam bidang astronomi dan matematika, sampai soal teknik konstruksi. Bahkan mereka juga punya memiliki skill kedokteran yang handal. Fix, dengan semua ini kita mungkin bisa katakan kalau Maya adalah suku paling terdepan soal sains dan teknologi di masanya.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Nah, sebagai bukti jika mereka cerdas luar biasa, berikut adalah beberapa fakta-fakta sangar Suku Maya yang bakal bikin kamu tak percaya.

1. Suku Maya Adalah Dokter yang Sangat Ahli

Di masa keemasannya, Maya melakukan banyak pencapaian besar. Termasuk salah satunya adalah bidang kedokteran. Peneliti menyatakan jika bangsa satu ini memang ahli dalam penyembuhan, terutama para Shaman atau orang yang bertugas menghubungkan dunia fisik dengan roh.

Shaman si penyembuh [Image Source]
Shaman si penyembuh [Image Source]
Shaman memiliki kecerdasan yang gila soal kedokteran. Mereka bisa menganalisa, diagnosa, dan juga memberikan pengobatan. Meskipun penyembuhannya kadang lewat cara ritual, tapi seringkali mereka menggunakan kombinasi obat-obatan dengan resep yang sangat kompleks. Jujur, dokter sekarang mungkin belum selevel dengan Shaman-nya para Maya.

2. Suku Maya Penemu Angka 0

Matematika adalah bidang keahlian suku Maya. Mereka memakai hitung-hitungan untuk setiap aspek dalam kehidupan. Mulai untuk penanggalan, menentukan posisi dan sebagainya. Pencapaian terbesar mereka soal matematika adalah penciptaan angka 0.

Pembagian angka di Suku Maya [Image Source]
Pembagian angka di Suku Maya [Image Source]
Tak diketahui dengan detail bagaimana akhirnya bangsa Maya menemukan angka ini. Namun yang jelas penemuan tersebut sangatlah brilian. Angka nol bisa membuat perhitungan jadi lebih variatif serta implementasinya lebih luas. Memang benar-benar cerdas suku satu ini.

3. Bangsa Maya Penulis yang Handal

Tak hanya soal hitung-hitungan, suku Maya ternyata juga pandai soal sastra yakni menulis. Bukan di gua-gua seperti suku kuno pada umumnya, Bangsa Maya sudah memakai media untuk menuangkan tulisannya. Meskipun beberapa tulisan maya mungkin ada di bangunan-bangunan yang mereka dirikan.

Karya tulisan Suku Maya [Image Source]
Karya tulisan Suku Maya [Image Source]
Soal bahasa, suku Maya memakai hieroglip seperti Mesir kuno. Mungkin tidak identik namun keduanya memiliki kesamaan khusus. Soal susunan tulisan, orang-orang Maya sudah tahu caranya menuliskan kalimat untuk berkomunikasi. Hampir semua orang Maya tahu cara menulis dan membaca bahasa ini. Namun untuk level yang lebih susah hanya dikuasai oleh para tetua dan orang-orang terpilih.

4. Ilmu Konstruksi Maya Sangat Edan

Bukti lain kecerdasan Suku Maya adalah bangunan-bangunan yang mereka ciptakan. Ya, hari ini kita masih bisa melihat hal tersebut. Mulai dari piramid-piramid serta bangunan-bangunan lain. Jika diamati lekat-lekat, bangunan-bangunan itu sama sekali tidak ngawur cara membangunnya.

Piramida Suku Maya [Image Source]
Piramida Suku Maya [Image Source]
Ya, perhatikan saja bidang-bidangnya, semua seakan presisi dan menempati posisinya dengan pas. Suku Maya jelas mengimplementasikan hitung-hitungan untuk membangun semua karya arsitekturnya.

5. Matematika dan Astronomi Makanan Sehari-Hari Mereka

Matematika, mungkin tidak usah disinggung terlalu banyak soal ini, karena suku Maya sudah memberikan banyak bukti untuk itu. Angka 0, bangunan-bangunan presisi adalah bukti yang tak terbantahkan soal handalnya Suku Maya dalam hal-hal matematis. Lalu, bagaimana dengan astronomi?

Kalender Suku Maya [Image Source]
Kalender Suku Maya [Image Source]
Ya, suku Maya tentu juga ahli dengan bidang satu ini. Salah satu buktinya adalah sistem penanggalan mereka. Diketahui, Maya tidak asal dalam membuat kalender. Mereka membaca langit dan mengombinasikannya dengan matematika. Sangat kompleks lho sistem penanggalan mereka. Bahkan suku Maya juga bisa memprediksi kejadian-kejadian langit langka di kalender mereka. Soal 2012, suku Maya menganggap ini sebagai tahun manusia untuk bersiap-siap karena banyak banyak kejadian langit yang tak terduga. Hal ini terbukti benar dengan berbagai aktraksi langit sangar yang terjadi selama kurun waktu itu sampai hari ini.

Inilah kehebatan suku Maya. Bangsa cerdas yang mungkin banyak dianggap tidak pandai. Soal eksistensi, mungkin mereka sudah sirna saat ini. Namun, keturunan-keturunan bangsa Maya masih ada dan menempati beberapa negara di Amerika Selatan. Suku Maya jadi bukti baru tentang suku kuno yang ternyata sangat cerdas luar biasa. Bahkan mereka sejatinya lebih pintar dari manusia masa kini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali
BACA JUGA