in

4 Fakta Sam Aliano, Pengusaha Tajir Melintir yang Ngebet Jadi Presiden Indonesia di 2019

Berjanji akan lunasi hutang negara [Sumber gambar]

Pembicaraan tentang presiden yang akan meneruskan pemerintahan Jokowi di 2019 menjadi topik paling hot belakangan ini. Hampir setiap hari semua media mengulas tentang hal tersebut, dari hashtag #2019gantipresiden hingga kemunculan beberapa sosok yang dianggap pantas memimpin Indonesia.

Dari beberapa Capres yang diajukan, ada satu sosok yang dengan percaya mengajukan diri. Adalah Sam Aliano, warga Negara Indonesia keturunan Turki yang memasang baliho potret dirinya di beberapa sudut sepanjang jalan di Jakarta. Walaupun belum jelas mendapat restu dari pihak berwenang atau tidak, akan lebih seru jika kita mengetahui siapa sebenarnya pria berwajah bule ini.

Pengusaha kaya tajir melintir

Di kalangan para pebisnis mungkin nama Sam Aliano tidaklah asing. Pasalnya, pria kelahiran 1974 ini memang berlatar belakang pengusaha. Tercatat ia adalah aktivis yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengusaha Indonesia Muda (PIM). Selain itu, Sam juga aktif sebagai Pengurus Pusat Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI).

Sam Aliano pengusaha kaya raya [Sumber gambar]
Kalau masalah kekayaan tak usah diragukan lagi. Ia merupakan CEO dari Samco Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor-impor, manufaktur, properti hingga pertanian dan perikanan. Karier di dunia bisnis juga cukup bisa diacungi jempol. Pada tahun 2012 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menobatkan Samco Grup sebagai eksportir terbaik di Indonesia. Namanya semakin dikenal setelah dinobatkan sebagai pengusaha terbaik se-Asia Tenggara oleh Malaysia pada 2016 lalu.

Tergabung dalam partai IDAMAN Rhoma Irama

Sebagai salah satu figur yang berani mengikuti bursa pemilihan calon presiden, Sam juga tergabung dalam partai politik. Selain dikenal sebagai pengusaha tajir, ia bahkan menjabat sebagai bendahara umum partai  Islam Damai Aman ( IDAMAN) yang diprakarsai oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama pada Oktober 2015.

Anggota Partai IDAMAN [Sumber gambar]

Sebelum bergabung di IDAMAN, Sam juga pernah mencicipi jadi bagian dari Gerindra. Nah, walaupun hingga kini belum ada partai politik yang siap mengusung hingga membuat ia bisa diterima oleh masyarakat, yang penting dengan punya partai politik dan terpampangnya wajahnya di baliho, Sam jadi punya nama.

Pernah terlibat kasus politisi dan selebiriti tanah air

Sebelum namanya mencuat karena nyapres, Sam sudah terlibat beberapa kasus dengan tokoh politik tanah air. Sebut saja Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok yang pernah dilaporkan olehnya perihal tuduhan karena menyebut peserta aksi 411 diberikan bayaran ratusan ribu. Selain itu, sosok Sam juga masuk dalam list pelapor yang menyebut Ahok sebagai penista agama dan harus diproses secara hukum.

Pernah terlibat kasus dengan artis dan politisi [Sumber gambar]
Tak hanya Ahok, ia juga pernah melaporkan Nikita Mirzani kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait hinaan kepada mantan panglima TNI, Gatot Nurmantyo di Twitter -yang ternyata diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Janji memakmurkan Indonesia jika ia terpilih jadi Presiden 2019

Di baliho yang beredar beberapa waktu lalu, Sam mengikutsertakan janji singkat jika kelak ia terpilih menjadi presiden. Ada 3 poin yang menjadi sorotan utama di sini. Pertama, mengatasi masalah paling krusial, yaitu hutang negara yang sudah bejibun jumlahnya (lebih dari 9.000 trilyun). Kedua, menjanjikan bahwa setiap orang di Indonesia bisa umroh secara gratis tis tis, dan terakhir membuat pernyataan Indonesia bubar hari kiamat, sebagai bantahan dari perkataan Prabowo tempo hari.

Berjanji akan lunasi hutang negara [Sumber gambar]
Ya, sebenarnya sah-sah saja sih, tapi mengutip perkataan makjleb Rico Marbun (Direktur Median) yang bilang jika ‘Sam Aliano mau jadi Presiden, ibarat petinju amatir tantang Mike Tyson’ tampaknya janji manis juru bicara Achmad Dhani ini akan menjadi angin lalu saja.

Ya, terlepas dari banyaknya kekayaan yang ia miliki, ada banyak pihak yang masih meragukan apakah sosok ini bisa mewujudkan janjinya atau sekedar berbual belaka. Kalau kita sebagai rakyat sih maunya kalau sejahtera, umroh gratis, hutang negara lunas, serta sederet hal yang bikin makmur lain. Tapi, kalau berjanji-janji saja semua juga bisa kan Saboom?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Sempat Jadi Tahanan di Brasil, Beginilah Kisah Mantan Pelatih Timnas Jadi yang Terbaik

Sempat Diagungkan di Indonesia, Beginilah Nasib Pemain Marquee Player Setelah Tinggalkan Tanah Air