Ada yang pemandangan yang spesial saat momen pelantikan Anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Beberapa dari mereka, ternyata merupakan generasi millenial yang berusia di bawah 30 tahun. Salah satunya adalah sosok Rizki Aulia Rahman Natakusumah. Dilansir dari Kumparan, pria jebolan S1 dan S2 dari University of Nottingham, Inggris masih berusia 24 tahun.

Uniknya, Rizki dilantik bersama dengan sang ayah, Dimyati Natakusumah yang juga terpilih menjadi anggota DPR periode ketiga lewat Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sebagai ‘anak baru’ di DPR, jelas Rizki merasa perlu banyak belajar soal politik dan parlemen. Seperti apa sosoknya? Simak ulasan berikut.

Terjun ke dunia politik lewat Partai Demokrat

Terjun ke dunia politik lewat partai Demokrat [sumber gambar]

Memilih karier politik lewat Partai Demokrat, Rizki ternyata memang mengidolakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan Ketua Umum dari partai yang identik dengan warna biru tersebut. Bahkan, pemuda lulusan S1 dan S2 dari University of Nottingham, Inggris itu juga mengidolakan Partai berhaluan Demokrat di parlemen Amerika Serikat.

Putra dari Dimyati Natakusumah yang juga seorang anggota DPR

Rizki yang merupakan putra dari Dimyati Natakusumah [sumber gambar]
Dilihat dari nama belakangnya, sudah bisa ditebak bahwa Rizki merupakan anak dari politikus Dimyati Natakusumah. Bahkan, ia dilantik bebarengan dengan sang ayah sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Dimyati sendiri sudah terpilih sebagai wakil rakyat selama tiga periode, di mana dua sebelumnya dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan kini lewat Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Rizki juga Anak dari Bupati Pandeglang Irma Narulita yang masih aktif menjabat

Tak hanya sang ayah yang terjun di dunia politik, ibu Rizki yaki Irma Narulita merupakan Bupati Pandeglang yang saat ini masih aktif menjabat. Sebelumnya, Irma juga merupakan anggota DPR. Meski ada anggapan bahwa keberhasilan Rizki menjadi anggota DPR berkat campur tangan orang tuanya, sang ayah langsung membantah. “Rizki lolos karena serius menggarap suara di dapil. Rizki memiliki daya magnet tinggi. Dia cepat bergaul, akomodatif, dan tidak eksklusif. Orangnya terbuka, cerdas. Saya lihat anak ini lebih hebat dari bapaknya,” ucap Dimyati yang dikutip dari Kumparan.

Sosok muda yang memiiki harta sebesar Rp 9,6 miliar

Keterangan harta milik Rizki dalam LHKPN KPK [sumber gambar]
Selain meraih sukses di usia muda, sosok Rizki menarik perhatian lantaran jumlah harta kekayaan yang ia miliki tergolong fantastis. Untuk ukuran usianya yang baru 24 tahun, ia memiliki harta sebesar Rp 9,6 miliar dalam berbagai bentuk. Menurut catatan LHKPN KPK menyebutkan, ia memiliki mobil, dan beberapa aset. “Di LHKPN itu ada dalam bentuk aset, ada mobil juga yang diatasnamakan Rizki,” ujarnya yang dikutip dari Kumparan.

Ingin membangun kampung halamannya di Pandeglang, Banten

Ingin bangun Pandeglang lewat lewat infrastruktur [sumber gambar]
Memiliki latar belakang ekonomi pembangunan, menjadi anggota DPR adalah cara Rizki untuk membangun kampung halamannya, Pandeglang, Banten. Oleh sebab itu, ia berharap bisa ditempatkan di Komisi V DPR yang membidangi infrastruktur dan perhubungan. “Banyak anggota DPR yang turun hanya 5 tahun sekali. Saya murni ingin bantu kampung saya yang masih butuh perhatian. APBD Pandeglang kecil hanya Rp 1 triliun lebih dan itu harus dibagi-bagi,” ujarnya yang dikutip dari Kumparan.

BACA JUGA: Menilik Anggota DPR dari Kalangan Millenial yang Ortunya Ternyata Pejabat Besar di Indonesia

Bisa dibilang, keberhasilan Rizki menjadi sejarah baru dunia politik. Di mana figur sebagai wakil rakyat diemban oleh kalangan millenial.  Alhasil, upaya dan kerja kerasnya hingga berhasil menjadi anggota DPR di usia muda patut kita apresiasi. Yah, kita lihat saja kiprahnya bagi masyarakat untuk lima tahun ke depan.